Cara Memberi Makan Burung Hantu yang Sakit


Cara Memberi Makan Burung Hantu yang Sakit

Indonesia merupakan negara yang memiliki banyak keanekaragaman , salah satunya adalah burung hantu . Burung hantu merupakan jenis burung yang termasuk ke dalam ordo Strigiformes. Burung hantu merupakan hewan nokturnal karena burung ini beraktivitas pada waktu malam. Selain termasuk hewan nokturnal, hewan ini juga dikelompokkan ke dalam hewan predator karena burung ini pemakan daging. Makanan burung ini berupa jangkrik, serangga,dan sebagainya . 

Burung hantu bisa kita jadikan sebagai hewan peliharaan karena lucu dan mudah dijinakkan. Bahkan burung hantu juga memiliki sifat manja dan suka bermain. Burung ini memiliki keunikan yaitu lehernya dapat berputar ke belakang dan terbang tanpa mengeluarkan suara sehingga mangsanya tidak mengetahui kehadirannya. Selain itu , burung hantu bisa memutarkan kepalanya hingga 270 derajat.

Selain lucu dan mudah dijinakkan. Perawatan dari burung ini pun sangat mudah yaitu tempatkan burung hantu pada tempat terbuka. Selain itu, kebersihan kandang pun harus diperhatikan agar burung hantu terhindar dari berbagai jenis penyakit. Burung hantu peliharaan saya pun pernah sakit lalu sembuh dengan cara memperhatikan gizi makanannya. Usahakan makanan memiliki tekstur yang lembut agar mudah dicerna. Selain itu, kita bisa mengoleskan minyak ikan dan madu dalam menu makanannya .

Madu merupakan substansi makanan manis dengan tekstur kental yang dibuat oleh lebah madu dan beberapa serangga lain. Dilansir dari detikfood, madu asli memiliki kandungan yang terdiri dari karbohidrat (gula sederhana, fruktosa , dan glukosa), air, sedikit protein, vitamin, mineral, enzim dan polifenol termasuk flavonoid.Kandungan nutrisi pada madu berdasarkan analisis 8 sampel dari berbagai jenis madu menunjukkan bahwa madu dalam 100 gram mengandung 288 Kkal, karbohidrat 76,4 gram, fruktosa 41,8 gr, glukosa 34,6 gr, protein 0,4 gr dan air. Sedangkan minyak ikan mengandung omega-3, yaitu asam lemak esensial yang diperlukan untuk menunjang kesehatan tubuh. Tuna, salmon, sarden, dan makarel adalah contoh-contoh ikan yang kaya dengan kandungan asam lemak omega-3. Tiap 100 gram dari ikan-ikan ini mengandung kurang lebih 1 gram asam lemak omega-3.

Besarnya kandungan yang dimiliki madu dan minyak ikan dapat kita manfaatkan sebagai bahan pengoles makanan untuk hewan yang sakit khususnya burung hantu. Selain itu, ada beberapa rekomendasi makanan yang bagus untuk mendukung proses penyembuhan burung hantu. Makanan tersebut yaitu cumi-cumi, ayam, dan jangkrik .

Cumi-cumi merupakan hewan laut dengan kandungan gizi yang tinggi sehingga mengkonsumsi cumi-cumi dapat mempercepat proses penyembuhan. Dilansir dari halodoc, cumi-cumi mentah memiliki kandungan 78 kalori yang terdiri dari 70 persen protein, 15 persen karbohidrat, dan 15 persen lemak. Satu porsi cumi mentah mengandung 1,2 gram lemak. Hampir sama dengan jenis makanan laut lainnya, cumi-cumi juga memiliki kandungan kolesterol yang cukup tinggi, yaitu 198 miligram per porsi.

Cara memberi makan burung hantu dengan cumi-cumi cukup mudah . Pertama siapkan terlebih dahulu cumi-cumi segar lalu cuci bersih cumi-cumi. Setelah itu pisahkan kaki cumi-cumi dari badannya lalu ambil tulang cumi-cumi . Selanjutnya potong daging cumi-cumi dengan ukuran kecil agar mudah dicerna oleh burung hantu yang sedang sakit. Selanjutnya olesi daging cumi-cumi tersebut dengan madu atau minyak ikan . Berilah makan 3 kali sehari untuk mempercepat proses penyembuhan .

Selain cumi-cumi , daging ayam juga bagus untuk menyembuhkan penyakit pada burung karnivor khususnya burung hantu. Hal tersebut karena ayam merupakan hewan yang mengandung nilai gizi tinggi . Dilansir dari nilai gizi , daging ayam dengan berat 85 gram memiliki 102 kalori, dan 2 gram lemak, dan 19 gram protein . Sementara, jika dengan kulit, dada ayam mengandung 366 kalori, 14 gram lemak, 4 gram lemak jenuh, dan 55 gram protein. Selain itu, daging ayam juga memiliki banyak nutrisi, seperti fosfor, kalsium, kalium, dan zat besi.

Cara memberi makan burung hantu dengan ayam sangatlah mudah dan harga daging ayam pun lebih terjangkau daripada cumi-cumi . Cara pemberian makannya yaitu pertama cuci terlebih dahulu daging ayamnya. Selanjutnya, olesi daging ayam tersebut dengan madu atau minyak ikan. Berilah makan 3 kali sehari untuk mempercepat proses penyembuhannya .

Selanjutnya ada jangkrik dengan nilai gizi yang baik untuk burung . Dilansir dari klikdokter, ternyata dalam 100 gram jangkrik terdapat kandungan 121 kalori, dan hanya 45,9 kalori yang berasal dari lemak. Selain itu, terdapat juga kandungan nutrisi lain, seperti 12,9 gram protein dan 75,8 miligram zat besi. Jangkrik mengandung beberapa nutrisi baik, seperti protein, serat, lemak sehat, vitamin, dan beberapa jenis mineral. 

Cara memberi makan burung hantu dengan jangkrik cukup mudah yaitu pertama ambil satu ekor jangkrik terlebih dahulu lalu potong kepala dan kakinya hingga tersisa badannya. Hal tersebut bertujuan agar makanan mudah dicerna dan tidak melukai organ dalam burung hantu yang kemungkinan bisa memperparah penyakitnya. Sebelum jangkrik kita suapkan, kita harus lumuri jangkrik tersebut dengan madu atau bisa juga dengan minyak ikan. Hal ini bertujuan agar burung hantu mendapatkan banyak gizi sehingga cepat pulih. Berilah makan 3 kali sehari untuk mempercepat proses penyembuhannya . Di mana dalam sekali waktu makan 7 ekor jangkrik .

Selain untuk mempercepat penyembuhan dan memenuhi kebutuhan gizi burung hantu. Cara tersebut juga dapat diterapkan pada burung karnivora yang dipelihara agar gizi hewan peliharaan terpenuhi , terhindar dari penyakit, dan mempercepat proses penyembuhan . Selain itu, cara tersebut juga dapat digunakan untuk memberi makan hewan peliharaan anda yang lain yaitu dengan cara mengganti menu makanannya sesuai dengan makanan hewan peliharaan anda. Serta jangan lupa mengoleskan madu atau minyak ikan pada makanannya .