Cara Membuat Minyak Klentik dan Manfaatnya untuk Kesehatan

Cara Membuat Minyak Klentik dan Manfaatnya untuk Kesehatan

Ada alasan mengapa nenek moyang kita dahulu selalu mengkonsumsi dengan rutin.

atau dalam bahasa jawa disebut minyak klentik manfaatnya ternyata luar biasa. Tentu saja, leluhur kita tidak mungkin salah, bukan?

Dan itu, pada kemudian hari terbukti oleh penelitian.

adalah minyak nabati yang diekstraksi dari buah tua. Meskipun kandungan jenuhnya tinggi, jenis makanan pendukung ini populer dianggap sebagai makanan dengan banyak manfaat.

Faktanya, ini adalah salah satu dari sedikit makanan yang dapat dianggap sebagai “makanan super”, karena mengandung asam yang bermanfaat bagi tubuh.

Ilustrasi Buah Kelapa Tua
Ilustrasi Buah Tua

manfaatnya sangat banyak, seperti meningkatkan kesehatan jantung, memperkuat sistem kekebalan tubuh, membantu mengontrol berat badan, melawan luka dingin, pelembab alami dan banyak lagi yang akan dipaparkan di bawah ini.

Membuat

Jika kamu ingin mendapatkan minyak klentik yang lebih alami daripada yang bisa dibeli di toko dan yang terpenting lebih murah, berikut adalah cara sederhana untuk mendapatkannya langsung dari :

Bahan yang dibutuhkan:

Buah yang tua dapat dikenali dari warnanya yang cokelat tua atau kulitnya abu-abu kecokelatan.

yang belum tua berwarna cokelat muda atau bahkan hijau.

Dari 3 buah yang tua dapat diperoleh kurang lebih 1 liter santan, sementara dari 1 liter santan akan diperoleh 50 gram klentik.

Dengan perbandingan tersebut kamu dapat menyesuaikan kebutuhan bahan yang akan diproses.

  • Pisau dan sendok
  • Parutan atau blender
  • Saringan
  • Wajan dan Toples kaca
Ilustrasi Pohon Kelapa
Ilustrasi Pohon

Langkah-langkah ekstraksi:

  • Ambil yang sudah tua dan potong dengan pisau tajam.
  • Semakin tua yang akan diekstrak semakin baik hasil yang didapat.
  • Kerok daging kelapa dari tempurungnya.
  • Kamu dapat menggunakan pengikis kelapa, pisau tajam, atau sendok kokoh untuk melakukannya. Kami merekomendasikan menggunakan pisau. Congkel di antara daging dan kulit untuk mendapatkan dagingnya.
  • Potong daging yang diperoleh menjadi potongan sekecil mungkin atau parut dengan parutan.
  • Masukkan ke dalam blender dan giling dengan kecepatan sedang hingga menjadi bubur. Kamu bisa menambahkan sedikit air untuk mempermudah prosesnya. Atau, jika tidak memiliki blender kamu dapat memarutnya manual.
  • Saring parutan kelapa yang didapat.
  • Kamu dapat menggunakan saringan yang pori-porinya rapat, saringan kopi atau kain tipis. Tuangkan dalam wajan lalu masukkan bubur kelapa secara bertahap ke dalam saringan. Kamu harus memerasnya perlahan untuk memperoleh cairan yang dihasilkan. Ulangi langkah ini hingga semua kelapa habis. Masukkan cairan santan yang diperoleh ke dalam toples.
  • Setelah santan kelapa usai diperas semua, siapkan wajan atau penggorengan di atas kompor. Tuangkan santan kental dalam toples ke dalam wajan. Masak dengan api kecil sampai mendidih. Aduk terus agar bagian pinggir wajan tidak gosong. Setelah beberapa saat akan mulai keluar di atas santan. Aduk terus sampai endapan santan menjadi blondo. Lalu dinginkan.
  • Saring yang dihasilkan agar terpisah dari blondo. Blondo sebagai hasil sampingan dapat kamu gunakan sebagai bumbu atau lauk. Sedangkan yang telah tersimpan dalam toples siap digunakan.
Baca juga  Coco De Mer Kelapa Langka & Unik! Dalam Novel 'KOMET' Tere Liye

Dan siap! Kamu sudah memiliki sendiri yang diekstraksi dengan yang sederhana dan alami.

Ilustrasi Pohon Kelapa
Ilustrasi Pohon Kelapa

Manfaat :

1. Pembersih Make up

Mengapa membuang-buang uang untuk menghapus riasan mahal ketika dapat digunakan dengan hasil lebih baik?

Baca juga  Perang Rusia-Ukraina, Kenaikan Harga Minyak Masih Berlanjut

Kamu tahu bahwa harus menghapus semua sisa riasan sebelumnya setiap malam, padahal kelapa dapat memberi manfaat kepada kulit saat digunakan sebagai pembersih riasan.

akan melembabkan kulit kamu juga lho!

Cukup oleskan pada kapas sedikit dan gunakan untuk menghapus riasan mata dan riasan terakhir dari wajah kamu, kemudian bilas menggunakan sabun muka.

2. Pelembab kulit

Kamu dapat menggunakan dalam bentuk padat dan alami, seperti sabun untuk melembabkan kulit.

Ambil satu sendok dan pijat ke kulit kamu tepat setelah mandi. Jika kamu melakukan treatment ini sebelum pergi keluar, beri waktu untuk membiarkan meresap ke dalam kulit sebelum berpakaian.

Lalu bilas sampai bersih. Kamu harus melakukan ini agar tak meninggalkan noda pada ke pakaian.

3. Menstabilkan Kolesterol dalam Tubuh

Menurut penelitian “Effects of Fatty Acids on , telah terbukti bahwa jenuh dalam tidak meningkatkan risiko penyakit jantung.

Sementara sebuah studi yang dilakukan oleh Departemen Biologi Manusia di Universitas Maastricht, menunjukkan bahwa murni dapat meningkatkan kadar kolesterol, menurunkan kolesterol rapatan rendah, yang dikenal sebagai kolesterol jahat, dan meningkatkan kolesterol rapatan tinggi, yang dikenal sebagai kolesterol baik, dalam darah sehingga berefek baik bagi kestabilan kadar kolesterol dalam tubuh.

4. Baik untuk Sampo

merupakan bahan lama. Pada zaman dahulu, nenek moyang terutama leluhur suku jawa menggunakan sekam bakar dan klentik untuk sampo.

Baca juga  6 Manfaat Minyak Zaitun untuk Mengatasi Masalah Kulitmu

Bahkan dahulu populer sebagai krim matahari, pelembab serta produk perawatan kulit lain.

Produk yang mengandung dan resep penggunaannya kini kembali populer sebab bahan alami dinilai lebih sehat.

Kandungan zat pelindung asam laurat yang sangat diperlukan pada rambut dapat diperoleh dari .

Sehingga bisa dikatakan manfaatnya pada rambut rusak sangat luar biasa.

Selain itu memiliki vitamin yang membantu menyehatkan dan menyembuhkan rambut.

Vitamin E dalam sangat baik melawan ketombe. Meningkatkan aliran darah ke kulit kepala dan menciptakan perlindungan yang ideal untuk pertumbuhan rambut yang sehat.

Sifat anti jamur dari kelapa membuatnya menjadi zat terbaik dalam memerangi ketombe, kerak dan bahkan kutu.

Oleh karena itu, kamu dapat memijat kepala menggunakan minyak kelapa dengan rutin untuk melembabkan kulit dan rambut, untuk menghemat vitamin, pengering rambut, udara, dan produk penataan rambut.

5. Obat Pendukung (Ajuvan) HIV

Para ahli saat ini sedang mempelajari potensi minyak kelapa untuk menjadi obatnya di tengah penyakit coronavirus-2019 (COVID-19).

Kelapa memiliki agen antivirus yang dapat membantu dalam pengobatan COVID-19.

Bahkan, juga telah menjalani penelitian yang terbukti membantu dalam pengobatan penyakit lain seperti human immunodeficiency virus (HIV) dan virus Junin yang mirip dengan COVID-19.

Jika memproduksi minyak kelapa sendiri dirasa tak efisien, kamu dapat membelinya di toko.

Dengan segudang manfaat minyak klentik yang telah diketahui, maka kamu boleh menyimpan minyak ini di rumah sebagai persediaan.

Sebagai tambahan, minyak ini dapat juga dipakai sebagai minyak urut dengan dibubuhi bawang merah dan jahe yang ditumbuk.

Resep ini selain sebagai minyak urut juga dipercaya mampu mengusir masuk angina.

Nah, berdasar paparan di atas kamu dapat memutuskan untuk beralih menggunakan minyak klentik atau tidak.

Agar minyak klentik manfaatnya dapat kamu berdayakan, tak ada salahnya kamu mencoba dahulu.

Baca Juga

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Bangun Hd