Cara Memilih Alpukat yang Sudah Siap Konsumsi

Cara Memilih Alpukat yang Sudah Siap Konsumsi

Salah satu yang tidak bisa matang di pohon adalah . Oleh karena itu, setelah dipetik dari pohonnya, harus kita simpan dan tunggu beberapa hari terlebih dahulu sampai benar-benar matang.

Ketika kamu membeli di pasar, di swalayan, atau di supermarket dan langsung ingin mengonsumsi atau mengolah tersebut, kamu harus pandai-pandai memilih supaya kamu tidak mendapat yang masih mentah. Nah, berikut merupakan beberapa tips yang dapat kamu terapkan ketika ingin membeli yang sudah matang.

1. Warna kulit

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, tidak bisa matang di pohon. yang baru dipetik dari pohon dan belum matang akan memiliki warna kulit yang hijau cerah dan bertekstur halus. Oleh karena itu, pilihlah alpukat yang memiliki kulit berwarna hijau gelap. Alpukat dengan kulit berwarna hijau gelap dapat menandakan bahwa alpukat tersebut sudah diperam beberapa hari sebelum dijual, sehingga besar kemungkinan bahwa alpukat tersebut sudah matang.

Baca juga  5 Manfaat Meminum Jeruk Nipis

2. Tekstur kulit

Alpukat yang sudah matang atau yang sudah siap untuk dikonsumsi memiliki tekstur yang kasar. Tekstur kulit alpukat yang halus justru menandakan bahwa alpukat tersebut masih muda atau belum matang.

3. Tekan alpukat

Salah satu ciri alpukat sudah matang  yaitu daging buahnya bertekstur empuk. Oleh karena itu, ketika kamu akan membeli alpukat yang sudah matang, kamu dapat mengeceknya dengan menekan alpukat di beberapa bagian. Daging alpukat yang sudah empuk secara merata, berarti alpukat tersebut sudah matang. Namun, apabila tekstur empuknya hanya pada satu bagian tertentu, bisa jadi bagian tersebut memar karena terjatuh atau sebab lain.

Baca juga  11 Manfaat Penting Mengonsumsi Buah Pir, Gak Sekedar Lezat!

4. Biji alpukat

Salah satu untuk mengetahui apakah alpukat sudah matang atau belum adalah dengan mengecek bijinya. Tapi, kamu tidak akan membelah semua alpukat yang akan kamu beli, bukan? Kamu tidak harus membelah alpukat untuk mengecek apakah alpukat sudah matang atau belum melalui bijinya. Cukup guncangkan saja alpukatnya. Apabila terdengar suara atau terasa gerakan biji dari dalam alpukat, maka alpukat tersebut sudah matang. Biji pada alpukat yang masih muda akan menempel pada daging alpukat, sehingga tidak akan bergerak ketika diguncangkan. Alpukat yang sudah matang, bijinya akan terlepas dari daging buahnya, sehingga akan bersuara atau bergerak ketika diguncangkan.

Baca juga  6 Manfaat Mengonsumsi Anggur Merah, Buah Super Kaya Nutrisi

5. Tangkai alpukat

Untuk memeriksa apakah alpukat yang akan kamu beli sudah siap untuk di atau belum, kamu dapat mengeceknya melalui sisa tangkai yang menempel pada alpukat. Tangkai alpukat yang sudah matang akan berwarna hijau tua seperti warna alpukatnya. Tangkai yang berwarna coklat menandakan bahwa alpukat tersebut sudah terlalu matang, sedangkan alpukat yang masih muda, sisa tangkainya akan berwarna hijau terang.

Alpukat merupakan salah satu yang dapat diolah menjadi beragam sajian. Kamu dapat membuatnya menjadi jus atau smoothie, dioven untuk menu sarapan, diolah menjadi saus, bahkan kamu juga dapat memakan buah alpukat ini secara langsung. Selain memiliki rasa yang ketika diolah menjadi beragam sajian, buah alpukat ini juga baik untuk tubuh kamu, loh.

Baca Juga

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

inayakh