Cara Memilih Hijab Berdasarkan Bentuk Wajah

Cara Memilih Hijab

Selain fungsi utamanya sebagai penutup , juga bagian dari mode yang dapat memberikan nilai tambah pada penampilan kaum hawa. Itu sebabnya   perlu diketahui agar serasi dan enak dipandang.

Karena serasi dan tidaknya , tidak hanya tergantung dari warna, motif, maupun modelnya saja, tapi juga selaras tidaknya warna, motif dan model dengan bentuk wajah. Berikut yang perlu diketahui.

Bentuk Wajah Lonjong atau Panjang

Jika Anda memiliki wajah berbentuk lonjong atau panjang, model yang paling pas untuk dikenakan adalah Turkish Style, karena model ini memberikan kesan lebih padat atau penuh pada wajah yang lonjong.

Agar bentuk kepala lebih seimbang dengan wajah dan lebih bagus, sebelum mengenakan jilbab, gelunglah terlebih dahulu jika Anda memiliki yang panjang.

Cara lain untuk menambah volume pada bagian kepala, bisa dilakukan dengan menggunakan inner bandana lewat aksen yang bertumpuk.

Baca juga  6 Tips untuk Mulai Berhijab

Wajah Oval

untuk mereka yang memiliki wajah oval lebih leluasa, karena style jilbab apapun akan pantas untuk dikenakan.

Namun, agar penampilan dapat lebih sempurna,usahakan dalam pemilihan model jilbab disesuaikan dengan warna kulit serta warna yang dikenakan.


Wajah Persegi

Wajah berbentuk persegi, cenderung memiliki garis-garis tajam yang dapat mengurangi kecantikan.  Untuk menyamarkan dan menghilangkan garis-garis tajam tersebut, pilih jilbab rounded shape yang dapat membingkai wajah dan menjadikannya lebih lembut.

untuk pemilik wajah persegi, juga bisa dilakukan dengan memilih berwarna soft yang membuat wajah terlihat full, serta menghindari dengan warna yang keras dan menyolok.


Wajah Bulat 

Bagi mereka yang memiliki wajah bulat, harus ekstra hati-hati pada saat memilih , karena kesalahan dalam memilih dapat membuat wajah terlihat gemuk dan kembung.

Cara untuk menyiasati persoalan tersebut adalah dengan menggunakan undercaps yang dapat dibeli di toko-toko aksesoris.

Baca juga  Tips Memilih dan Memakai Hijab

Cara penggunaannya untuk mereka yang memiliki panjang adalah dengan membentuk menjadi ekor kuda, dilanjutkan dengan menggunakan undercaps.

Jangan sekali-kali mengonde panjang Anda, karena hal tersebut akan membuat bentuk kepala terkesan semakin bulat. Ikat , dan tutupi separuh bagian pipi, sehingga bentuk wajah terlihat mungil. Masukkan sisa dan hiasi dengan bros. Pastikan tidak terlalu sesak sehingga bagian kepala terasa nyaman.

Untuk model yang paling tepat bagi pemilik wajah bulat adalah yang menggunakan ciput atau atau yang ada petnya, karena akan membuat wajah terkesan panjang.

Sedang kain yang paling pas untuk dipilih adalah kain yang loose atau jatuh karena member efek ramping pada wajah.


Wajah Kotak atau Segitiga

untuk mereka yang memiliki wajah kotak atau segitiga adalah memilih warna yang soft atau warna pastel dan menghindari warna yang menyolok. Pilih pula hijab yang berbentuk bulat guna menyamarkan garis pada wajah.

Baca juga  Busana Muslim untuk Pakaian Kerja itu Seperti Apa?

Wajah Berjidat lebar 

Bagi pemilik wajah berjidat lebar, berikan efek agar jidat terlihat lebih kecil dengan cara menutupi bagian luar pada sisi kanan dan kiri jidat dengan menggunakan inner atau bandana.


Wajah Kecil atau Sempit

Untuk membuat bagian wajah lebih stand out, gunakan hijab dengan aksesn turban, pilih bahan yang loose atau jatuh, dan jangan sesekali menutupi bagian pipi.


Wajah Chubby atau Berpipi Tembem atau Memiliki Tulang Pipi Bagian Atas Menonjol  

Jika ingin terlihat semakin cantik, mereka yang berwajah chubby pada saat mengenakan hijab dapat menggunakan inner yang menutupi sebagian sisi atas pipi hingga bagian bawah telinga.

untuk pemilik pipi tembem ini juga dapat menyiasatinya dengan menggunakan shadding pada area seputar pipi.

Demikian beberapa yang perlu diperhatikan, agar penampilan Anda terlihat serasi dan sempurna. (*)

Baca Juga

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

aguskurniawan