Cara Mengatasi Intermittent Explosive Disorder, Perlu Diketahui Oleh Penderita

Cara Mengatasi Intermittent Explosive Disorder, Perlu Diketahui Oleh Penderita

Seseorang yang mempunyai permasalahan Intermittent Explosive atau ledakan amarah ini tentu akan mengganggu si penderita sendiri dan orang-orang sekitarnya.

Orang dengan kondisi seperti ini, tentu harus diatasi dengan tindakan khusus agar tidak semakin parah dan menyiksa. Lantas bagaimana cara mengatasi Intermittent Explosive ?

Berikut Beberapa Cara Mengatasi Intermittent Explosive

pixabay.com
pixabay.com

Cara mengatasi Intermittent Explosive memang harus membutuhkan bimbingan konseling dan terapi secara rutin.

Intermittent sendiri merupakan ekspresi kemarahan yang ditandai dengan adanya kekerasan baik verbal maupun fisik. Kondisi seperti ini bisa terjadi berulang kali.

Ledakan amarah ini biasanya hanya terjadi sebentar, namun akan selalu berulang-ulang. Jadi hal ini tentu akan berpengaruh dan berdampak negatif bagi si penderita dan orang-orang sekitarnya.

Baca juga  Cinta Kandas Berujung Gangguan Mental

Intermittent Explosive menunjukkan gejala secara tiba-tiba, tapi biasanya si penderita mudah tersinggung, impulsif, agresif, dan mudah marah sepanjang waktu.

Hal tersebut ditandai dengan kemarahan yang sering terjadi, palpitasi, tremor, ataupun dada terasa sesak. Sementara faktor penyebab gangguan ini dipengaruhi oleh lingkungan kurang stabil adanya kekerasan dalam rumah tangga atau keluarga, pelecehan, serta secara emosional.

Pencegahan untuk kondisi ini tentu harus ditindaklanjuti dengan mencari pertolongan pada psikologi dan psikiater. Nah, berikut langkah dalam mengatasi penyakit Intermittent Explosive .

Baca juga  Insecure: Tanda Gangguan Mental Atau Hanya Gejala Kawula Muda Kekinian?

1. Melakukan Latihan Relaksasi

Melakukan latihan relaksasi seperti melatih pernafasan, yoga, atau kegiatan lainnya yang bisa membuat santai dan nyaman.

Cara ini kemungkinan akan memberikan celah ketenangan dan pereganggan pikiran bagi para penderita. Agar hasil lebih maksimal lakukan cara ini dengan rutin.

2. Melakukan Terapi

Cara selanjutnya untuk mengatasi ledakan amarah berlebihan ini yaitu dengan melakukan terapi secara disiplin dan konsisten.

Langkah ini akan membantu penderita dalam menenangkan pikiran agar lebih fokus. Apabila dilakukan secara teratur maka kondisinya kemungkinan akan membaik secara perlahan-lahan.

Baca juga  Apakah Ada Psikologi Nyata Di Balik Daddy Issue?

3. Mengubah Sudut Pandang

Mengubah sudut pandang yang lebih baik, positif, menenangkan, dan secara logis. Hal ini akan membuat penderita bisa menghadapi kemarahannya dengan cara rasional sesuai pikiran dan akal yang sehat.

Mungkin dengan seperti ini akan lebih baik dan bisa mengendalikan amarah tanpa harus menyakiti orang sekitar dan diri sendiri.

Cara mengatasi Intermittent Explosive diatas bisa jadi referensi untuk Anda atau keluarga Anda yang sedang mengalami gangguan kondisi ini. Bukan hanya dengan cara diatas saja, mengatasi dan mengendalikan kondisi ini tentu harus membutuhkan pendampingan orang terdekat.

Baca Juga

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Diva Nurika