Cara Mengecek Windows Original atau Tidak

Cara Mengecek Windows Original atau Tidak

Jika berbicara mengenai yang , kita tentunya tidak bisa lepas dari istilah bajakan. bajakan selalu menjadi isu yang hangat dibicarakan, tidak hanya di Indonesia namun di seluruh dunia. Tidak hanya mengenai “kecil”, pembajakan juga mengenai developer terkemuka. Bahkan pun tidak luput dari pembajakan.

Sayangnya, masih banyak orang yang belum mengetahui beda yang asli dan palsu. Bahkan, beberapa tidak menyadari bahwa mereka telah membeli yang palsu.

Karena itu, kita akan membahas beda dan bajakan serta bagaimana cara mengeceknya.

Perbedaan & Bajakan

asli dan bajakan memang sekilas tampak mirip. Namun, ada beberapa hal yang membedakan keduanya. Berikut ini 4 hal di antaranya:

  • Dari segi keamanan, pasti lebih aman dibandingkan bajakan. bajakan seringkali disisipi dengan virus atau kode berbahaya lainnya, sehingga keamanan data Anda bisa terancam. Sementara itu, pasti “bersih” dari virus karena diperoleh resmi dari .
  • Windows akan mendapat support dari atau pabrikan Anda. Dengan demikian, Anda akan mendapatkan bantuan apabila Anda mengalami masalah seputar Windows. Di sisi lain, pengguna Windows bajakan tidak akan mendapat bantuan apapun dari .
  • Pengguna Windows akan mendapatkan update secara rutin dari . Update tersebut dapat berupa security update ataupun feature update. Hal ini sangat penting untuk menutup celah keamanan pada Windows. Pengguna Windows bajakan tidak dapat menikmati keuntungan Windows tersebut.
  • Dari segi harga, Windows relatif lebih mahal dibandingkan Windows bajakan. Namun, hal ini dapat dipahami mengingat berbagai keuntungan yang akan Anda dapatkan bila menggunakan Windows .
Baca juga  Efektivitas Penggunaan Software MYOB Accounting

 

Cara Mengecek Windows Original atau Tidak

Untungnya, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengecek keaslian Windows Anda. Dikutip dari NitroTekno, berikut 3 cara yang bisa Anda pilih:

1. Menggunakan Settings

  1. Klik Start > Settings > Update & Security
  2. Pilih tab Activation pada kolom sebelah kiri.
  3. Di kolom sebelah kanan, Anda dapat mengecek keaslian Anda. Pada Windows yang asli dan sudah teraktivasi, pada bagian Activation akan terdapat pesan Windows is activated with a digital licence atau Windows is activated with a digital licence linked to your account.
    Mengecek dengan Settings

2. Mengecek Lewat Control Panel

Selain menggunakan Settings, Anda juga dapat mengecek keaslian Windows Anda dengan menggunakan Control Panel. Berikut ini langkah-langkahnya:

  1. Buka Control Panel > System & Security > System
  2. Jendela System seperti di bawah ini akan muncul. Pada bagian Windows Activation, Anda dapat melihat keaslian Windows Anda dan apakah Windows sudah teraktivasi atau belum. Bila Anda melihat pesan “Windows is activated” dan ada Product ID di bawahnya, berarti Anda asli dan sudah teraktivasi.
    Mengecek dengan Control Panel
Baca juga  10 Add-on Google Docs Terbaik yang Wajib Kamu Coba

3. Mengecek Dengan Command Prompt

Command Prompt merupakan salah satu tools di Windows yang dapat Anda gunakan untuk mengetikkan perintah-perintah tertentu. Dengan Command Prompt, Anda dapat mematikan , membuka folder, bahkan memformat hard disk sekalipun. Kali ini, kita akan menggunakan Command Prompt untuk mengecek keaslian Windows.

  1. Tekan Windows + R di keyboard Anda untuk membuka Run.
  2. Ketikkan cmd di Run, kemudian tekan Enter pada keyboard.
  3. Jendela Command Prompt akan muncul. Ketikkan perintah berikut pada Command Prompt: slmgr.vbs /xpr
  4. Tekan Enter, kemudian tunggu beberapa detik
  5. Bila Anda melihat pesan The machine is permanently activated berarti Windows Anda asli. Namun, bila Anda melihat pesan Volume activation will expire (tanggal) kemungkinan besar Windows Anda adalah bajakan.
    Mengecek dengan Command Prompt
Baca juga  Inkscape, Software Desain Powerful yang Harus Kamu Coba

Kesimpulan

Windows original mungkin memang lebih mahal dibandingkan Windows bajakan yang harganya murah atau bahkan . Namun, Windows original memiliki berbagai kelebihan yang membuatnya lebih unggul dibandingkan Windows yang bajakan.

Oleh karena itu, kami menyarankan Anda untuk selalu menggunakan Windows yang original. Untuk mengecek apakah Windows Anda original, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan, antara lain menggunakan Settings, Control Panel, dan Command Prompt. Sekian artikel seputar Windows ini, semoga bermanfaat bagi Anda.

Baca Juga

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

davidwijaya77