Cara Meningkatkan Skill Bahasa Inggris


Cara Meningkatkan Skill Bahasa Inggris 1

Hai, selamat pagi, siang, sore, malam untuk kamu yang sedang baca ini di waktu yang sudah saya sebutkan tadi. Apa kabar hari ini? Bagaimana skills Bahasa Inggris kalian selama pandemi? Meningkatkah? Atau malah masih stuck di situ saja? Wah! Ini enggak boleh dibiarin, nih! Harus di-refresh ulang, agar bisa meningkat.

Lalu, caranya gimana agar kemampuan Bahasa Inggris kamu meningkat? Bimbingan belajar? Kan, pandemi, ya, enggak mungkin dong. Kecuali, ya, private. Tetapi, masalahnya enggak ada uang, semenjak corona kan penghasilan orang tua enggak kayak dulu. Tenang, guys! Saya punya solusinya, pengen tahu atau pengen tahu aja, nih? Hihi.

Yaudah, yuk, baca dan pahami baik-baik, ya!

Niat

Lah, kok, niat? Emang harus, gitu? Ya, harus pake banget. Sebab, dengan niat kita bisa selalu semangat untuk belajar, jika sedang lelah-lelahnya ingatlah, kalau kamu punya niat. Contohnya, aku ingin bisa berbahasa inggris karena mau masuk kuliah, mau daftar kuliah di luar negeri, atau enggak daftar jurusan Bahasa Inggris di perguruan tinggi negeri yang ada di Indonesia.

Eh! Tunggu dulu! Niatnya itu harus betul-betul karena Allah dulu, ya. Sesuatu yang ingin dilakukan harus niat pada Allah, agar semuanya lancar. Okay!

Tulis Motivasi Kamu

Nah, kedua ini ada sangkut pautnya dengan yang pertama. Dari niat kita langsung tulis, apa motivasi terbesar kita sehingga mau pintar Bahasa Inggris? Jika memang ingin masuk kuliah, boleh. Ingin daftar IPDN juga, boleh. Mau tes TOEFL juga sangat boleh. Kamu tulis tuh semua, bisa di sticknotes, kertas lalu ditempel, atau enggak edit di handphone lalu jadiin wallpaper kamu maupun di laptop.

Menghafal Vocabulary

Cara Meningkatkan Skill Bahasa Inggris 3

Ini enggak susah, kok, kalau ada kemauan dalam diri kita. Dua puluh kosakata dalam sehari juga tak ada masalah asal benar-benar dalam hati kita pengen belajar. Setelah dirasa dihafal, lanjutkan lagi tambah kalau perlu dalam sehari enam puluh kosakata (kalau aku dulu gini, ya).

Belajar Grammar

Mungkin ini sudah sangat sering kita jumpai di beberapa sosial media yang mengharuskan kita untuk belajar Grammar, sebab itu merupakan tata bahasa dalam Bahasa Inggris. Memang sulit, sih, kalau tanpa tentor atau guru. Namun, kan ini pandemi banyak yang bisa kita manfaatkan, termasuk youtube, unacademy, memrise, duolingo (bagi pemula), dan masih banyak lagi. Di situ tanpa sadar kita bisa belajar Grammar juga, loh! Bagus, kan? Makanya, manfaatkan sosial media kamu, jangan hanya scroll beranda instagram saja yang membuang-buang waktu.

Melatih Pronunciation

Aplikasi pronunciation itu banyak di google playstore. Tinggal kitanya saja yang betul-betul mau melatihnya, kalau dulu saya pernah memakai aplikasinya dan sampai sekarang pun iya, soalnya belajar itu mesti diulang-ulang. Karena jangan sampai kita lupa, gitu.

Melatih Speaking

Cara Meningkatkan Skill Bahasa Inggris 4

Setelah berlatih pronunciation. Kamu harus melatih Speaking kamu lagi, entah itu depan cermin, mendengar melalui youtube, bisa banget! Asal selalu dilatih setiap hari, kalau misal masih segitu aja, kan banyak tuh channel di youtube yang menyediakan cara meningkatkan speaking dengan baik. Kudu diulang setiap hari, ya. Luangkan waktumu untuk belajar setiap harinya.

Berdoa

Setelah semuanya sudah kamu lakukan, maka yang terakhir adalah berdoa. Meminta pada Allah agar apa yang pernah kamu pelajari supaya selalu menempel dalam otak kamu. Dilancarkan di setiap belajar, dimudahkan dalam berlatih, dan dengan mengingat Allah juga kita bisa semangat dalam belajar. Jangan lupa jalankan salat fardhu, sunah juga boleh banget.

Baiklah, itu adalah tips dan trik yang bisa saya bagi ke kalian. Semoga diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, pesanku; jangan lelah untuk belajar, oleh karena kita tidak akan bisa mencapai puncak tertinggi jika tak ada usaha, Semangat.


Digstraksi adalah platform menulis independen, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Nurmalasari

   

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Copy link
Powered by Social Snap