Cara Menjaga Kesehatan Mental di Masa Pandemi

Cara Menjaga Kesehatan Mental di Masa Pandemi 1

Pandemi yang masih belum berakhir ini tentu berdampak pada kesehatan mental. Pasalnya ketika seseorang diam di rumah dalam jangka waktu yang panjang, hal itu akan membuat kita kesulitan untuk berinteraksi dengan orang lain. Dimana awalnya kita sering berkomunikasi dengan orang lain secara langsung kini sudah sulit untuk dilakukan.

Apalagi semua pekerjaan kita harus dilakukan secara virtual, tidak bisa langsung bertemu tatap muka. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar kesehatan mental kita tetap terjaga di masa pandemi. Simak penjelasan selengkapnya pada uraian berikut ini.

Mendengarkan Lagu yang Disuka

Ilustrasi mendengarkan musik
Ilustrasi mendengarkan musik

Agar kesehatan mental kita tetap terjaga dan bisa mengelola stress akibat tumpukan pekerjaan yang menggunung cobalah untuk mendengarkan lagu kesukaan kita. Dengan mendengarkan lagu yang menenangkan maka pikiran kita akan menjadi lebih tenang. Kita juga bisa mengistirahatkan pikiran dengan mendengarkan musik.

Emmeline Edwards yang merupakan ahli psikologi menjelaskan bahwa terapi musik bisa membantu kita untuk merilekskan pikiran. Mendengarkan musik juga merupakan kegiatan yang tepat dilakukan di kala kita sedang bersantai. Ketika sedang mendengarkan musik bagian korteks di indera pendengaran langsung terkoneksi dengan bagian yang ada di otak yaitu regulasi emosi, pusat motivasi, sistem penghargaan dan sistem motorik. (Dikutip dari Today)

Rajin Berolahraga

Ilustrasi olahraga. Foto: pinterest.com
Ilustrasi olahraga. Foto: pinterest.com

Kegiatan kedua yang bisa digunakan untuk menjaga kesehatan mental kita selama masa pandemi adalah dengan rajin berolahraga. Berolahraga minimal 30 menit di rumah bisa menghasilkan keringat yang akan mengeluarkan hormon stress. Jika hormone stress tidak dikeluarkan maka hal itu akan menyebabkan mental kita terganggu. Pola hidup kita sehari-hari juga akan mengalami gangguan sehingga akan merasa kesulitan untuk mengerjakan pekerjaan.

Jika pekerjaan Anda terlalu banyak maka cobalah untuk melakukan workout setiap pagi sebelum beraktivitas. Workout dikhususkan untuk Anda yang tidak mempunyai waktu untuk berolahraga karena terlalu sibuk. Banyak konten video yang akan membantu Anda untuk workout. Anda bisa melakukan workout yang simpel saja dan tidak sampai 5 menit.

Mencari Kegiatan yang Lain

Agar Anda tetap waras selama masa pandemi, jangan terus-terusan mengerjakan kegiatan yang sama setiap harinya. Anda bisa memilih satu hari untuk beristirahat dari rutinitas dengan melakukan kegiatan yang lain. Misalnya di akhir pekan Anda memutuskan untuk menonton film selama satu hari. Dengan melakukan rutinitas yang lain maka pikiran Anda tidak akan tegang, Anda juga tidak akan terlalu stress memikirkan pekerjaan.

Melakukan Family Time

Kegiatan berikutnya yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kesehatan mental adalah melakukan family time. Pilihlah waktu khusus untuk berbincang dengan anggota keluarga yang lain. Anda bisa bertukar pikiran atau bercerita tentang apapun. Selain untuk menjaga kesehatan mental, dengan berbagi bersama keluarga maka beban pikiran Anda akan berkurang. Selain itu hubungan Anda dengan keluarga juga akan semakin erat.

Jangan Selalu Bermain Gawai

Cara menjaga kesehatan mental di masa pandemi yang terakhir adalah jangan memainkan gawai setiap waktu. Terus menerus memainkan gawai tentu akan mengganggu pikiran Anda. Anda tidak tahu berita apa saja yang akan muncul di ponsel, khawatirnya adalah ada informasi yang akan menambah pikiran Anda dan tentu saja itu akan membuat stress.

Dengan melakukan cara-cara yang sudah dijelaskan di atas, kini Anda bisa tahu bagaimana cara menjaga kesehatan mental di kala pandemi. Di musim pandemi ini kita harus senantiasa menjaga kesehatan fisik maupun mental agar mudah menjalani aktivitas sehari-hari.

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Gita Welastiningtias