Cara Menurunkan Berat Badan yang Efektif

Cara Menurunkan Berat Badan yang Efektif 1

Dengan berat badan yang tidak proporsional cenderung membuat kita tidak percaya diri ketika akan melakukan sesuatu. Kadang kita juga tidak merasa nyaman dengan bentuk tubuh yang kurang ideal. Atau mungkin kita akan mendapat ejekan dari orang-orang di sekitar kita.                   

Untuk mengatasi hal itu kamu gak perlu pil diet, plum diet, atau scam diet lainnya. Turun berta badan hanyalah hitungan matematika : kalori masuk

Berikut cara menurunkan berat badan yang menurut saya efektif untuk dilakukan :       

1. Membeli timbangan berat badan

Tentu saja hal ini diperlukan sebagai kontrol dan acuan berat badan yang kita inginkan. Timbangan yang saya sarankan adalah timbangan digital supaya hasilnya lebih akurat dan kita dapat melihat perbedaan beraat badan kita walau hanya sedikit saja. Waktu yang baik untuk menimbang berat badan adalah ketika kita sudah selesai buang air besar di pagi hari dan kita belum mengonsumsi apapun.            

Sebagiknya kita melepas pakaian agar kita tahu berat badan kita yang sebenarnya. Dengan timbangan juga kita tahu makanan atau minuman apa saja yang sangan berpengaruh terhadap berat badan kita. Namun, satu hal yang perlu diperhatikan adalah jangan menimbang berat badan lebih dari satu kali dalam satu hari karena hal tersebut dapat membuat kita stres.          

2. Defisit Kalori

Seperti yang sudah dibahas di awal tadi inti dari penurunan berat badan yang sebenarnya adalah defisit kalori. Untuk mengontrol jumlah kalori yang tubuh kita butuhkan untuk berat badan ideal kita bisa gunakan aplikasi-aplikasi yang sudah tersedia di ponsel pintar kita. Dari situ kita bisa tahu kebutuhan kalori normal harian.         

3. Pola makan yang sehat

Sebaiknya untuk memenuhi kalori normal yang tubuh butuhkan isilah dengan makanan yang bernutrisi baik. Hindari makanan yang mengandung banyak lemak dan gula. Bila perlu hindari makan berkarbohidrat. Dan perbanyak minum air putih. Protein yang baik juga bisa digunakan untuk memenuhi asupan karbohidrat.          

4. Olahraga

Ya, olahraga diperlukan agar metabolisme tubuh dapat berjalan lancar. Dan bentuk tubuh dapat terjaga atau tetap kencang. Hal ini juga berguna untuk membantu pembakaran kalori. Mulailah rutin untuk berolahraga dari olahraga ringan dahulu. Seperti jalan kaki, cardio,  bersepeda, dll. Kalau sudah terbiasa naikkan Latihan dengan squat jump, push up, sit up, angkat dumbel kecil, dll.

5. Cheating day!

Jangan lupa untuk mengapresiasi diet ketika berat badaanmu sudah berkurang dalam beberapa kilogram. Dan tetap pertahankan gaya hidup sehat yang sudah kamu lakukan sebelumnya. Jangan melakukan ini karena merasa paksaan. Tapi ubah mindsetmu bahwa kamu melakukan ini supaya kamu tampak lebih sehat.

Motivasi lain yang mungkin agak receh adalah : jadikan baju-baju yang anda sukai namun ukurannya tidak pas ditubuh sebagai penyemangat untuk melakukan diet, haha. Lakukan hal di atas dengan konsisten. Semoga berhasil.

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Ganda Marina