Cara Menyelesaikan Skripsi dengan Cepat

Cara Menyelesaikan Skripsi dengan Cepat 1

Pertama-tama kamu harus mempersiapkan diri dengan baik. Mulailah dengan serius sehingga akan banyak kemudahan walaupun ada banyak tantangan Ketika mengerjakannya.

Nikmati proses pengerjaan skripsi itu dengan senang hati, seingga apapun resikonya (baik itu data yang tidak sesuai dengan asumsi awal, kerangka berpikir pad proposal, teori yang tidak sesuai, hingga revisi) tidak mematahkan semangat.

1. Jangan terpaku pada satu tema saja

Memang Ketika kita hendak menulisi skripsi perlu kita sesuaikan dengan ketertarikan/penguasaan kita dengan tema tersebut. Tapi yang dimaksud adalah tema dalam bidang yang kita kuasai (lebih spesifiknya). Jadi cob acari tema lain dalam bidang itu kalau-kalau dosen pembimbing tidak menyetujui tema yang kamu usulkan pertama sekali.

Saat inipun ada banyak referensi-referensi jurnal yang bisa kita gunakan baik online maupun offline. Jadi perbanyaklah membaca literatur seperti skripsi kakak tingkat, jurnal, buku, dan lainnya.

2. Buat Reminder

Hal ini penting sekali sebagai acuan bahkan menjadi penyemangat  Hal ini sama dengan deadline. Ketika kamu berhasil melakukan apa yang sudah kamu jadwalkan di hari itu. Kalau ada kesalahan yang terjadi dan merusak jadwal yang telah kamu tetapkan, jangan sedih dan panik terlalu lama.

Itu alasannya kamu butuh dosen pembimbing yang akan membantu dan memberikan solusi atau koreksi. Kamu sendiripun perlu recheck kegiatan atau hal-hal yang mendiktaksimu sehingga jadwalmu berantakan. Sehingga kamu perlu mngindari kegiatan tersebut. Misalnya non-aktifkan media social atau balas chat seperlunya saja.

3. Kerja sama dengan dosen pembimbing

Kamu perlu menemui dosen pembimbingmu minimal  sekali dalam seminggu. Namun kamu jangan terkesan memburu dosen pembimbing tetaplah saling menghargai. Penting juga untuk mencari informasi tentang agenda dosen pembimbing. Ketika dosen sedang memeriksa bab 1, jangan diam dan hanya menunggu saja.

Sambil kerjakan bab 2, kalau bab 1 perlu direvisi maka berikan saja bab 2 kepada dosenmu untuk diperiksa sembari kamu mengerjakan revision bab 1. Lakukan kerja sama yang baik dan minta dengan sopan kepada dosen pembimbing. Kerjakan terus jangan menunggu dosen pembimbing. Ada kalanya dosen pembimbing akan sibuk dengan jabatnnya sendiri.

4. Berkomitmen

Tetap control dirimu untuk focus pada jadwal supaya target penyelesaian skripsimu dapat tercapai. Tak hanya dirimu saja, tetapi kamu perlu mencari teman yang memiliki komitemen yang sama denganmu.

Selain bisa berdiskusi dengannya, mungkin kamu dan temanmu bisa saling koreksi sebelum kalian menyerahkannya kepada dosen pembimbing.

5. Jangan lupa istirahat

Keefektifan mengerjakan skripsi dalam sehari adalah 3,5-6 jam dengan tehnik selingi dengan istirahat. Karna pasti akan ada saat di mana kepala akan mulai pusing dan buntu maka perlu refreshing.

Mengerjakan ssuatu dengan keadaan yang tidak baik-baik saja hanya akan membuang waktu dan hasilnya tidak memuaskan. Setelah dirasa muncul ide, baru mulai lagi. Atau kamu uga beristirahat pada hari Sabtu dan Minggu agar tidak bosan.

Semangat buat penyusun skripsi. Selalu ingat bahwa skripsi itu adalah rangkaian penelitian yang kita kerjakan sebagai bentuk tanggungjawab kita atas materi yang kita sudah terima selama ini. Jadi pastikan kamu memahami skripsi dengan baik. Jangan menyerah dan tetap gesit.

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Ganda Marina