Cara Menyimpan Foto di Google Lewat HP Android

Cara Menyimpan Foto di Google Lewat HP Android 1

Cara Menyimpan Foto di Google – HP android bisa dibilang sebagai salah satu perangkat elektronik yang paling digandrungi di era modern seperti sekarang ini. Lihat saja, hampir semua orang pasti memiliki perangkat smartphone, khususnya smartphone android.

Tidak heran karena memang HP android ini dibekali dengan beragam fitur canggih di dalamnya. berkat dukungan fitur tersebut membuat HP android memungkinkan untuk memudahkan berbagai aktivitas harian pengguna.

Sumber : google.com
Sumber : google.com

Setiap tipe HP android dibekali dengan spesifikasi yang berbeda, misalnya saja dukungan memori internalnya. Bagi Anda yang memiliki HP dengan kapasitas memori internal terbatas, mungkin menjadi kendala ketika ruangnya mulai penuh. Salah satu solusi untuk menyiasati hal tersebut yakni memindahkan file foto ke Google. Memangnya bisa? Berikut ini cara menyimpan foto di Google yang bisa dijadikan alternatif untuk menghemat ruang di memori HP.

Hal-hal yang Perlu Dipersiapkan untuk Menyimpan Foto di Google

Sebelum lanjut ke cara menyimpan foto di Google, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan dan persiapkan. Hal ini sangat penting untuk diketahui agar saat ingin menyimpan foto di Google nanti tidak mengalami kendala berarti. Adapun hal-hal penting yang perlu dipersiapkan tersebut, di antaranya:

  • Pastikan smartphone android sudah terhubung ke jaringan internet yang cepat dan stabil. Hal ini untuk menyiasati kegagalan pemindahan file foto akibat koneksi internet yang error.
  • File foto yang akan disimpan di Google harus berukuran total minimal 200MB atau 150MP.
  • Jika ingin menyertakan file video, maka ukuran totalnya harus lebih dari 10GB.
  • Sementara untuk resolusi file-nya tidak boleh lebih dari 256 x 256.
  • Untuk file foto, hampir semua format didukung oleh Google, mulai dari format .jpg, .png, .webp, .gif, hingga beberapa jenis file RAW.
  • Untuk file video format yang didukung dan bisa disimpan di Google antara lain, .mpg, .avi, .mov, .3gp, .mkv, .mp4, .wmv, .mod, .asf, .mov, .mmv, .tod, .mts, .m2ts, dan m2t.
  • Google memberikan ruang penyimpanan cloud sebesar 15GB free untuk akun biasa dan unlimited untuk akun Google Bisnis dan Pelajar.

Cara Menyimpan Foto di Google Lewat HP Android

Setelah mengetahui memenuhi semua hal yang perlu dipersiapkan di atas, sekarang lanjut ke cara untuk menyimpan foto ke Google. Di sini Anda akan menyimpan foto ke Google Foto yang sudah terintegrasi dengan akun Google Anda. Tidak perlu menginstall aplikasi tambahan, karena Google Foto sudah terpasang secara default di perangkat android.

Adapun langkah-langkah untuk memindahkan foto dari HP ke penyimpanan Google selengkapnya, sebagai berikut:

  1. Langkah yang pertama Anda buka Google Foto atau Google Photo yang ada di HP android.
  2. Pastikan Anda sudah login menggunakan akun Google pribadi.
  3. Pada tampilan utama Google Foto, Anda klik ikon Foto Profil Akun yang ada di bagian pojok kanan atas.
  4. Ada beberapa opsi di sana, Anda klik saja opsi Aktifkan Pencadangan.
  5. Atau jika opsi tersebut tidak ditemukan, Anda bisa masuk ke opsi Setelan Foto yang ada di halaman yang sama tadi.
  6. Selanjutnya klik pada opsi Pencadangan & Sinkronisasi, lalu aktifkan opsi tersebut dengan menggeser tombol slidernya ke arah kanan.
  7. Secara otomatis proses pencadangan foto akan dimulai. Jika tidak, cobalah untuk menghubungkan HP ke jaringan Wifi.
  8. Selesai.

Itulah tadi cara menyimpan foto di Google melalui perangkat smartphone android yang mudah dan praktis. Semoga informasi di atas bermanfaat.

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Adiyan Mustahim