Cara Menyusun Barang di Ransel yang Bikin Tambah Ringan

Cara Menyusun Barang di Ransel yang Bikin Tambah Ringan 1

Berkegiatan di alam bebas harus siap resiko membawa peralatan banyak. Bahkan sampai-sampai sepertinya seluruh isi rumah harus terbawa dalam satu ransel besar. Meski akhirnya pasti menyerah juga, dan memutuskan hanya membawa barang-barang yang penting saja. Tapi ujung-ujungnya tetap saja, sepertinya satu ransel besar tak cukup membawa semua barang tersebut.

Kemudian saat membawa ransel bersama semua barang didalamnya, yang tertinggal hanya perasaan mau mati saja, karena ransel teramat berat bobotnya. Tak terbayang bagaimana harus membawa semua itu, plus beraktivitas di alam bebas yang pasti tak ringan dan melelahkan.

Nah, ketimbang memutuskan untuk menggagalkan perjalanan, lebih baik belajar bagaimana menyusun barang didalam ransel. Sebab dengan penyusunan yang tepat, setidaknya beban akan terasa lebih ringan. Meski tetap saja, jangan berpikir berlebihan, akan terasa ringan sekali.

Posisi carriel yang benar saat dibawa harus berada diatas panggul belakang. (dok. the luggage professional)
Posisi carriel yang benar saat dibawa harus berada diatas panggul belakang. (dok. the luggage professional)

Tinggalkan yang tidak diperlukan

Konsep pertama memilih barang yang akan dibawa berpetualang adalah ringan dan membuat bisa bergerak cepat. Berarti pilih barang yang efektif dan efisien. Seperti tak perlu membawa kotak untuk telur. Sebab telur bisa ditaruh didalam rantang untuk memasak.

Coba cari-cari lagi kemungkinan efisiensi lain. Seperti minimalisasi jumlah pakaian. Cukup pakaian jalan, pakaian tidur dan pakaian ganti saja. Tak perlu juga harus membawa dua pasang sepatu. Bisa diefisienkan dengan membawa sepatu, sandal gunung dan sandal jepit.

Hilangkan juga bungkusan-bungkusan barang yang tak berguna. Seperti kotak kertas kemasan teh, makanan dan lain sebagainya. Hindari juga membawa terlalu banyak kotak keras seperti Tupperware. Sebab jenis kotak keras seperti itu, tak akan fleksibel masuk ke dalam ransel.

Taruh yang berat diatas

Konsep kedua menyusun peralatan didalam ransel adalah menaruh yang berat dibagian atas, dan yang ringan dibagian bawah.

Barang-barang yang berat seperti makanan, tenda dan air sebaiknya ditaruh dibagian atas ransel. Pertimbangkan tenda harus cepat dikeluarkan saat menjelang sore, karena untuk beristrirahat malam. Makanan berada dibawah tenda, sementara air yang biasanya dalam botol-botol panjang ditaruh sejajar dibagian belakang ransel dekat bahu dan sekitarnya.

Perhitungkan juga menaruh barang yang cepat harus dikeluarkan saat kondisi darurat hujan dan untuk beristirahat. Jadi jaket anti air dan snack ditaruh paling atas. Agar tak terlalu repot mengeluarkan barang-barang tersebut, sementara berada dibawah barang berat seperti air atau makanan utama dan tenda.

Sisanya seperti pakaian dan sleeping bag bisa ditaruh dibagian bawah ransel. Pertimbangkan juga menaruh barang-barang seperti perlengkapan memasak ditengah ransel. Sementara sisa-sisa barang seperti perlengkapan navigasi, bisa ditaruh dibagian kepala ransel.

Setting kaitan beban carrier dengan benar, bisa sangat membantu membagi titik beban pada tubuh. (dok. IDN Times)
Setting kaitan beban carrier dengan benar, bisa sangat membantu membagi titik beban pada tubuh. (dok. IDN Times)

Setting kaitan beban

Pada ransel biasanya terdapat titik setting untuk merubah besaran kaitan untuk menyandang ransel. Titik setting tersebut biasanya ada dibagian bawah dan atas. Pada bagian bawah titik besaran bisa dirubah sesuai dengan tinggi tulang punggung. Setting terbaik adalah yang tidak membuat posisi ransel berada dibawah pantat saat dibawa. Usahakan posisi paling bawah ransel, berada didaerah pinggang. Dengan posisi seperti itu, maka kondisi tubuh akan bisa tegak lurus. Sementara bila dibawah pantat, akan membuat tubuh membungkuk dan berat membawa ransel.

Setelah posisi ransel berada dipinggang, biasanya akan membuat ransel jatuh ke belakang. Maka untuk mendekatkan dan meraih posisi stabil kita bisa mensetting posisi terjauh ransel dari punggung. Setting kaitan yang ada dibagian atas ransel, sehingga posisi ransel tak terlalu jauh dari punggung. Usahakan juga jangan terlalu dekat, karena punggung membutuhkan sedikit ruang untuk bernafas. Dengan adanya ruang untuk bernafas punggung, membuat konsisi kelelahan juga tak terlalu cepat terjadi.

Setiing juga kaitan dibagian perut. Fungsi kaitan tersebut jelas untuk memindahkan beban jadi terpusat dibagian perut. Dengan setting yang baik, beban akan terpusat dibawah ransel dan didepan perut. Dalam jangka panjang kondisi seperti itu akan membuat beban terasa lebih ringan, dan tetap bisa beraktivitas dengan baik.

Hal terakhir yang perlu diperhatikan adalah lupakan berpikir beban yang dibawa akan terasa ringan sama sekali. Sebab hal tersebut tidak akan terjadi. Kecuali teknologi seperti peralatan yang ditaruh didalam tabung kecil seperti dalam komik Dragon Ball benar-benar ada. Jadi terima saja kondisi membawa beban yang berat dalam perjalanan berkegiatan di alam bebas.

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

sulung