Cara Merawat PC yang Benar

Cara Merawat PC yang Benar

Apa benar sekarang atau personal computer sudah ketinggalan jaman, karena dan tablet yagn semakin canggih? Tentu tidak. Ada banyak pekerjaan dan aktivitas yang masih harus dilakukan di .

Nah, jika kalian pengguna , maka wajib hukumnya untuk tahu cara- kalian agar senantiasa maksimal kinerjanya serta panjang umur pemakaiannya. Sudah tahu belum?

Jika belum, silahkan disimak tips dan sangat sederhana berikut. Walau simpel namun panduan di bawah ini sangat efektif dalam membantu kalian menjaga performa .

 

Tutup Program yang tak Terpakai

Bener sih ada yang super sehingga bisa melakukan berbagai pekerjaan sekaligus, seperti edit foto, dengerin musik sambil main game online. Namun ada baiknya untuk menutup saja maupun program yang tidak perlu. Ini akan sangat berpengaruh pada kinerja RAM.

Baca juga  Cara Mengetik Huruf Aksen yang Digunakan Bahasa Sunda dan Spanyol Pada Komputer Windows Maupun Macintosh

 

Suhu Tinggi

Mesin bisa jadi sangat panas jika digunakan terus menerus, terlebih apabila suhu ruangan juga panas. Maka dari itu, perhatikan tempat kerja maupun ruangan dimana berada.

Ada baiknya memasang AC atau setidak-tidaknya membeli kipas angin supaya ruangan tidak jadi terlalu panas dan membuat suhu di dalam mesin juga meningkat.

 

Antivirus 

Selain harus punya antivirus yang mumpuni, juga jangan pernah coba-coba mengunduh suatu program yang mencurigakan. Jangan mentang-mentang gratis lalu langsung download begitu saja. Perhatikan kesehatan software di dalam , terutama dari serangan malware dan adware.

 

Bersihkan Senantiasa

Gunakan lap atau kuas untuk memberishkan bagian-bagian , seperti papan ketik, monitor, atau hub dan soket. Jika perlu, cek kondisi kipas dalam mesin apakah masih berfungsi dengan baik?

 

Jauhkan dari Sumber Bencana

Jangan taroh gelas berisi air di atas body prosesor. Jangan biarkan anak kecil memainkan PC kalian tanpa pengawasan. Pastikan tidak ada semut, kecoa, cicak, tokek, tikus ataupun hewan lainnya yang bersarang di . Semua itu berpotensi membuat terganggu nantinya.

Baca juga  5 Rekomendasi Layanan Email Gratis Selain Gmail

 

Tegangan Listrik

Gunakan stabilizer. Jangan langsung colok ke aliran listrik utama, bisa-bisa ternyata daya di rumah kalian tidak mencukupi lalu membuat menjadi rentan rusak. Fungsi stabilizer tegangan sangat penting untuk menjaga resiko yang seperti ini.

 

Matikan Jika Tidak Digunakan

Bahkan yang ada di warnet saja sering mati otomatis jika sudah tidak ada pelanggan atau penggunanya. Kalian juga harus mematikan bila dirasa sudah selesai. Jangan meninggalkan dalam keadaan nyala terus menerus. Hal ini akan membuat mesin terus bekerja tanpa beristirahat. Selain itu juga boros listrik.

Baca juga  Cek Sistem Operasi Yang Berjalan Di Laptop/PC Yang Kamu Gunakan

 

Jangan Beli Piranti Sembarangan

Ingin ganti motherboard? Mau pasang eksternal speaker? Bisa kok, tapi jangan asal beli. Jangan cuma mengejar harga yang murah ya. Beli yang beneran berkualitas. Ingin beli USB murah, tahu-tahu malah nanti merusak soket hub kalian. Kan rugi.

Nah untuk itu sayangi kalian. Jangan pasang benda-benda yang kualitasnya mencurigakan, semurah apapun itu. Bahkan termasuk yang sepele seperti kabel sekalipun.

Apa yang membuat PC cepat rusak? Beberapa faktor yang terbesar adalah pola pemakaian yang buruk, jarang dibersihkan, menjadi sarang virus, kena hack, dan suhu yang tinggi.

Jika memang PC sangat berperan dalam pekerjaan kalian, harusnya kalian menyayanginya seperti menyayangi diri kalian sendiri. Jangan asal pakai saja. Semoga tips sederhana mengenai cara perawatan PC yang benar ini dapat membantu kalian semua.

Baca Juga

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Koala Merah

   

Seorang penulis lepas yang suka fotografi, koding dan seni kontemporer. Tertarik dengan isu sosial, kreativitas dan teknologi.