Cara Merawat Peralatan Dapur Agar Masa Pakainya Lebih Lama

Cara Merawat Peralatan Dapur Agar Masa Pakainya Lebih Lama 1

Siapa yang tak senang jika dapur yang merupakan tempat terpenting bagi seorang ibu untuk menyiapkan berbagai macam makanan sehat, senantiasa bersih dan terpelihara dengan baik. Selain indah dipandang mata, melihat dapur bersih juga membangkitkan semangat lebih untuk para ibu memasak lebih banyak menu sehat untuk keluarganya.

Sudut pandang mengenai dapur bersih memang sangat beragam, mulai dari kebersihan peralatan memasaknya, sampai dengan  kebersihan alat pembersih yang digunakan sehari-hari. untuk itu, pada artikel ini akan dibahas mengenai cara merawat peralatan makan kayu agar tetap seperti baru, dan cara membersihkan kain lap seusai dipakai untuk membersihkan area dapur.

Peralatan Makan Kayu

Peralatan makan kayu banyak dipilih karena beberapa kelebihannya seperti masa pakai yang tergolong lama, lebih ramah lingkungan, dan dapat mengurangi goresan pada peralatan masak (penggorengan, teflon dan sebagainya) sehingga masa pakai peralatan dapur dapat digunakan lebih lama dari biasanya. Dengan berbagai kelebihan yang diberikan peralatan makan kayu, ada beberapa yang perlu diperhatikan terutama pada cara perawatannya. Jika tidak dirawat dengan baik, maka peralatan makan kayu yang kamu punya bisa menjadi tempat bersarangnya jamur loh. Menurut hamimommy (tidy enthusiasm), cara merawat peralatan makan kayu agar tetap seperti baru dapat dilakukan seperti berikut:

1. Gosok menggunakan amplas halus

Ketika peralatan makan kayu kamu sudah sangat aus, gosoklah perlahan dengan amplas halus. Menggosok peralatan makan kayu dengan amplas tidak harus kamu lakukan setiap minggu atau setiap bulan, lakukan penggosokan cukup dua kali dalam setahun. Untuk amplas yang digunakan, kamu bisa gunakan amplas dengan nomor 600-800.

2. Oleskan minyak secara merata

Setelah peralatan makan kayu kamu sudah di amplas, selanjutnya oleskan minyak pada peralatan makan dengan kain halus secara merata. Minyak yang dapat digunakan adalah minyak HOWARD (minyak yang sering digunakan sebagai pembersih furniture). Setelah semua peralatan makan kayu sudah diolesi minyak secara merata, selanjutnya lap sekali lagi menggunakan handuk kering dan selesai. Jika dilihat dengan seksama, hasil dari perawatan ini akan membuat peralatan makan kayu kamu seperti baru lagi.

Kain Lap

Kain lap ini merupakan penyelamat bagi ibu-ibu untuk membersihkan area dapur dari kotoran bekas masak yang setiap hari dihasilkan tanpa sengaja. Entah cipratan minyak, cipratan kuah soto, saus, kecap dan lain sebagainya pasti sering terjadi. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui cara membersihkan kain lap dengan benar agar kain lap terhindar dari bakteri atau jamur yang menempel. Menurut hamimommy (tidy enthusiasm), cara membersihkan kain lap agar tetap bersih dapat dilakukan sebagai berikut:

1. Rendam kain lap dalam air yang sudah dicampur dengan kecap asin dan soda perkarbonat selama 1-2 jam.

2. Setelah dilakukan perendaman, selanjutnya kain lap di rebus dengan tetap menggunakan air rendaman tersebut. Pada saat perebusan jangan lupa untuk membuka ventilasi agar sirkulasi udara di dalam rungan lancar. Lama perebusan cukup 5 menit dari air yang sudah mendidih.

3. Setelah selesai perebusan, selanjutnya handuk di bilas dengan air biasa sebanyak 3 kali dan jemur ditempat yang panas. Pada saat pembilasan, jangan lupa untuk memakai sarung tangan agar tanganmu tetap terlindungi ya.

4. Bekas air rebusan kain lap bisa kamu gunakan untuk membersihkan saluran pembuangan di wastafel kamu ya.

Itu dia 2 tips perawatan peralatan dapur yang bisa kamu aplikasikan. Semoga 2 tips perawatan peralatan dapur di atas bisa membantu kamu menjaga kebersihan dapur setiap saat ya. Semangat bersih-bersih!

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.