Cara Merawat Rok Plisket Agar Lipatannya Awet

Cara Merawat Rok Plisket Agar Lipatannya Awet 1

Pleated skirt atau rok plisket menjadi salah satu fashion item yang wajib dimiliki. Rok plisket mudah untuk di mix and match dengan jenis-jenis pakaian lain, seperti croc top, kemeja, hingga sweater, sehingga rok plisket ini dapat dipakai di berbagai acara, mulai dari hangout bareng teman-teman, kuliah, hingga dipakai ke pesta.

Model rok plisket yang memiliki lipatan-lipatan kecil vertikal akan membuat kaki kamu terlihat jenjang dan akan membuat kamu terkesan lebih tinggi. Lipatan-lipatan vertikal yang dimiliki rok plisket tersebut juga dapat membuat penampilan kamu tampak fashionable, elegan, tetapi juga simpel. Lipatan-lipatan vertikal yang dimiliki rok plisket merupakan ciri khas yang membedakannya dengan jenis rok-rok lain, sehingga lipatan-lipatan tersebut harus dirawat dengan baik agar tidak rusak.

Merawat rok plisket terutama pada bagian lipatan-lipatan vertikal tersebut memang tidak mudah, tetapi kamu harus merawat rok plisket kamu agar tetap dalam kondisi bagus dan dapat dipakai untuk menemani keseharian kamu dalam waktu yang lama. Berikut adalah beberapa tips merawat rok plisket agar pleated-nya tetap awet dan tidak mudah rusak.

1. Perhatikan Cara Mencuci

Mencuci rok plisket dengan menggunakan mesin cuci dapat membuat lipatan-lipatan pada rok plisket cepat memudar, sehingga mencuci rok plisket menggunakan mesin cuci sangat tidak dianjurkan. Cara terbaik untuk mencuci rok plisket adalah dengan teknik celup. Kamu bisa mencuci rok plisket dengan mencelupkannya ke dalam air deterjen kemudian dikucek secara perlahan. Apabila rok plisket tidak terlalu kotor, tidak direkomendasikan juga untuk disikat, sehingga cukup dikucek saja secara perlahan supaya lipatan-lipatannya tidak mudah rusak.

Apabila kamu membeli rok plisket pada brand fashion besar, kamu juga dapat membaca cara mencuci rok plisket pada label pakaiannya. Biasanya, brand fashion besar ini melampirkan instruksi perawatan rok plisket dari mulai mencuci hingga menyimpan. Kamu bisa mengikuti petunjuk tersebut agar rok plisket yang kamu miliki terawat dengan baik dan bertahan lama.

2. Mengeringkan Rok Plisket

Cara Merawat Rok Plisket Agar Lipatannya Awet 3

Setelah selesai dicuci, jangan menggunakan mesin pengering untuk mengeringkan rok plisket. Sama seperti mesin cuci, mesin pengering juga dapat membuat lipatan-lipatan pada rok plisket cepat memudar. Untuk mengeringkan rok plisket, cukup langsung dijemur. Hal yang harus diperhatikan saat menjemur rok plisket adalah hindari menjemur di bawah sinar matahari langsung.

Paparan sinar matahari langsung dapat membuat bahan rok lama-kelamaan menyusut yang berakibat pada lipatan-lipatan pada rok plisket menjadi tidak rapi. Selain itu, paparan dari sinar matahari langsung juga dapat membuat warna rok plisket cepat memudar. Jadi, untuk mengeringkan rok plisket, cukup dijemur atau diangin-anginkan di ruang terbuka yang tidak terkena paparan sinar matahari langsung.

3. Cara Menyetrika Rok Plisket

Sebenarnya, rok plisket tidak disarankan untuk disetrika karena lama-kelamaan dapat mengubah lipatan-lipatan rok plisket. Namun, apabila kamu harus menyetrikanya, kamu bisa menyiasatinya dengan mengatur suhu setrika di yang paling rendah.

4. Cara Menyimpan Rok Plisket

Cara menyimpan rok plisket yang paling disarankan adalah dengan menggantung atau menggulungnya agar lipatan-lipatannya tetap rapi. Menyimpan rok plisket dengan cara dilipat dapat membuat pleated atau lipatan-lipatan pada rok plisket menjadi kusut.

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

inayakh