Cara sederhana agar kamu bisa menguasai bahasa asing


Cara sederhana agar kamu bisa menguasai bahasa asing 1

Bahasa adalah salah satu kemampuan komunikasi terbesar yang dimiliki oleh manusia, banyak sekali macam-macam bahasa unik yang dipakai oleh seluruh penjuru dunia. Biasanya kita hanya menggunakan bahasa resmi yang selalu dipakai dalam kehidupan sehari-hari seperti bahasa Indonesia, sedangkan untuk bahasa keduanya biasanya kita menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa internasional. 

Umumnya di berbagai negara, orang-orang melakukan komunikasi dengan menggunakan bahasa resminya masing-masing. Sedangkan saat masa duduk bangku sekolah, biasanya kita hanya diajarin oleh dua mata pelajaran bahasa, yaitu bahasa inggris dan bahasa Indonesia. Begitu juga dengan beberapa negara yang lainnya, tetapi untuk menguasai bahasa asingnya saja gak hanya belajar bahasa Inggrisnya aja kok, masih banyak bahasa-bahasa asing lainnya yang gak kalah keren untuk kita dipelajari. Karena saat ini hampir di setiap sekolah selalu ada pelajaran bahasa asing lainnya selain bahasa inggris, seperti pelajaran bahasa Jerman, Jepang, Mandarin, atau Arab. Bahkan ada juga pelajaran bahasa daerah seperti Bahasa Sunda atau Bahasa Jawa. 

Bahkan di beberapa lowongan pekerjaan pun banyak sekali menyediakan lowongan pekerjaan untuk bagi yang pandai menguasai macam bahasa asing selain bahasa Inggris, biasanya ini untuk digunakan di dunia kerja nanti termasuk di perusahaan asing. 

Bagi kamu yang ingin memulai belajar bahasa asing, sebenarnya ini sangat mudah serta tanpa perlu menyiapkan modal berat atau banyak untuk siap belajar bahasa asing, sehingga kamu hanya cukup menggunakan kamus, aplikasi bahasa, dan buku tulis untuk siap belajar. Apa saja sih tips cara sederhana agar kamu bisa menguasai bahasa asing. 

1. Tentukan niat 

Sebelum memulai belajar bahasa asing, kamu harus pikirkan dulu apakah kamu niat ingin belajar bahasa asing atau tidak? pasti ada alasannya donk kenapa kamu ingin belajar bahasa Jerman misalnya. Entah karena kamu ingin menambah skill atau mencoba hal-hal baru, ingin bekerja atau melanjutkan pendidikan di luar negeri, atau karena kamu adalah seorang traveler yang hobi jalan-jalan ke penjuru dunia yang sangat suka berinteraksi dengan orang asing. 

2. Pilih bahasa asing yang ingin kamu pelajari 

Selanjutnya pilih bahasa asing yang ingin kamu pelajari, asal jangan cari yang susah-susah nantinya kamu gak bakal kuat di tengah jalan. Sebaiknya pilihlah bahasa asing yang mudah atau juga boleh berdasarkan negara favoritmu, kalau bisa pilih aja 1 bahasa yang kamu pelajari dan jangan terlalu banyak supaya kamu bisa fokus belajar 1 bahasa saja. 

3. Menulis 

Menulis sangat penting saat kamu sedang belajar bahasa asing supaya kamu lancar cara menulis bahasa asing dengan benar, termasuk cara menulis simbol-simbol bahasa seperti kanji atau hangul. Makanya itu kamu harus terus latihan setiap hari dan ikuti tata cara menulisnya. 

4. Membaca 

Menulis dan membaca ibarat seperti dua bersaudara yang tak pernah dipisahkan. Yup kamu harus dituntut untuk belajar membaca bahasa asing, anggap saja kamu ini adalah seorang balita atau anak Tk yang sedang belajar cara membaca ejaan bahasa per-kalimat. Hal itu bertujuan agar kamu akan menjadi mengerti cara membaca tulisan bahasa asingnya dengan baik. 

5. Menyimak lewat media/ aplikasi 

Jika kamu masih belum paham cara membacanya dan menulis, kamu juga bisa simak menonton video tentang pembelajaran tentang bahasa asing. Kamu juga bisa belajar sambil menyimak video-video pembelajaran baik lewat youtube atau sosial media maupun lewat aplikasi bahasa asing, sehingga kamu semakin paham dengan cara menulis dengan benar serta cara membaca tulisan bahasa asing. Kamu juga bisa menonton film-film barat atau film yang berbahasa asing agar kamu menjadi mengerti apa yang tokoh bicarakan sekaligus menambah kosakata. 

6. Hafalkan kosa kata 

Kosa kata sangat penting sekali untuk kamu belajar sambil menghafal kosakata bahasa asing agar hafalanmu gampang menyerap ke otak kamu. Selalu biasakan diri untuk mengisi waktu luang untuk menghafal kosakata saat kamu sedang belajar, kamu juga bisa mencoba praktek seperti menunjuk ke sebuah objek sambil menyebut bahasa asing nya. 

7. Berbicara 

Poin 7 adalah hal terpenting bagi kamu yang sedang belajar bahasa asing, yaitu mencoba berbicara. Cara ini adalah hal yang ampuh untuk mempraktekan berbicara bahasa asing supaya kamu menjadi terbiasa, baik dengan berbicara sendiri maupun berbicara dengan orang lain yang sudah fasih dengan kemampuan bahasa asingnya. 

8. Ikuti komunitas atau kursus 

Poin terakhir adalah mengikuti komunitas atau ikut kursus bahasa, bagi kamu yang sering berusaha belajar tetapi masih belum paham dengan bahasa asingnya, kamu juga bisa mengikuti komunitas belajar bahasa asing agar kamu bisa belajar bersama dengan para anggota komunitasnya. Atau kamu juga boleh mengikuti kursus bahasa asing untuk meminta belajar sama para mentor yang sudah berpengalaman. 

Nah, itulah tadi dari tips cara sederhana agar kamu bisa menguasai bahasa asing, tetap semangat untuk belajarnya dan mulailah mencoba hal-hal baru dengan mengupgrade skill terbarumu seperti belajar bahasa asing. Mulai sekarang yuk keluar dari zona nyamanmu untuk mencari pengalaman baru yang positif supaya akan tahu apa kemampuan yang kamu miliki dan sangat penting untuk mencari dunia kerja. Jangan sampai menyesal deh ! 


Digstraksi adalah platform menulis independen, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Alya P

   

Saya adalah seorang Mahasiswi yang merupakan pecinta dunia literasi dan kepenulisan.

Subscribe
Notify of
4 Comments
Oldest
Newest
Inline Feedbacks
View all comments
Copy link
Powered by Social Snap