Cara Sederhana Memutihkan Wajah Bagi yang Memiliki Kulit Sensitif

Cara Sederhana Memutihkan Wajah Bagi yang Memiliki Kulit Sensitif 1

Memilih produk pemutih wajah alami bagi kulit normal mungkin tidak terlalu sulit, karena kulit normal cenderung bisa menerima produk apapun disebabkan karena kemampuannya untuk mempertahankan kelembaban kulit.

Namun tidak demikian halnya dengan mereka yang memiliki kulit sensitif. Dengan kondisi kulit yang mudah sekali kering, mudah terkena iritasi, gatal-gatal, memerah, bahkan tidak jarang keluar pustula atau benjolan, membuat pemilik kulit sensitif harus ekstra hati-hati dalam memilih kosmetik termasuk di dalamnya produk pemutih wajah.

Mengingat begitu rentannya kulit sensitif, bahkan oleh hal-hal yang kecil sekalipun, maka ada beberapa hal yang perlu dilakukan sebelum menggunakan produk pemutih wajah, diantaranya adalah:

  • Perbanyak mengkonsumsi buah yang banyak mengandung Vitamin C atau perbanyak mengkonsumsi Vitamin C dosis tinggi guna mendetoksifikasi, memurnikan darah, membantu pencernaan, serta mempercantik kulit dari dalam.
  • Gunakan tabir surya yang dapat menghambat sinar ultra violet sampai dengan 97% untuk menjaga kulit dari kemungkinan terbakar dan teriritasi.
  • Untuk mencegah peradangan dan mengurangi kerutan serta garis-garis halus pada kulit, perkaya asupan rempah-rempah anti peradangan, seperti jahe, kunyit, lada hitam, kayu manis, dan sebagainya.
  • Jangan terlalu berlebihan dalam menggunakan kosmetik, dan juga jangan terlalu sering.
  • Hindari pemakaian produk pembersih wajah yang mengandung detergen, sulfat dan wewangian.
  • Gunakan air dingin saat membersihkan kulit dan jangan pernah menggunakan air panas.

Dengan pertimbangan risiko akan rusaknya kulit wajah, penggunaan cream khusus pemutih wajah alami pada mereka yang berkulit sensitif memang sebaiknya dihindari.

Hal ini bukan berarti telah menutup kesempatan bagi pemilik kulit sensitif untuk dapat memiliki wajah yang putih, bersih, dan berseri. Sebab dengan hanya melakukan perawatan wajah secara ringan, mereka tetap akan dapat memiliki kulit wajah yang cantik. Dua langkah sederhana tersebut adalah:

Bersihkan Wajah Dengan Cara yang Benar

Cara Sederhana Memutihkan Wajah Bagi yang Memiliki Kulit Sensitif 3

Membersihkan wajah harus tetap dilakukan, karena aktifitas sehari-hari dapat menyebabkan debu dan kototan menempel pada kulit wajah, dan itu harus dibersihkan.

Untuk membersihkannya, jangan menggunakan sabun konvensional atau cleanser yang mengandung detergen, karena selain dapat merusak minyak kulit esensial, juga meninggalkan sisa kering yang dapat menimbulkan iritasi pada kulit.

Gunakan sabun khusus pembersih wajah, facial foam atau cleanser yang tidak mengandung detergen. Menjadi lebih baik lagi jika pembersih wajah mengandung Pro Vitamin B yang dapat merncerahkan kulit serta bahan-bahan yang dapat membersihkan wajah dan mengangkat sel kulit mati.

Gunakan Pelembab

Cara Sederhana Memutihkan Wajah Bagi yang Memiliki Kulit Sensitif 4

Pelembab berguna untuk mengembalikan kondisi kelembaban kulit yang berkurang saat dilakukan proses pembersihan disamping untuk melindungi kulit dari pengeringan.

Jangan sembarangan dalam memilih pelembab, karena tidak semua pelembab cocok untuk kulit sensitif. Gunakan pelembab dengan formula yang ringan dan enak di wajah, serta bebas minyak dan wewangian yang dapat menimbulkan iritasi pada kulit wajah.

Menggunakan cream khusus pemutih wajah alami memang sebaiknya tidak dilakukan oleh pemilik kulit wajah sensitif, tapi bukan berarti tidak ada cara untuk mempercantik kulit wajah, selama masih mau berusaha. (*)

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

aguskurniawan