5 Cara Sehat Menambah Berat Badan

5 Cara Sehat Menambah Berat Badan

Tubuh adalah tubuh yang memiliki berat , tidak terlalu dan juga tidak terlalu . Sebab, overweight maupun underweight sama-sama rentan terhadap serangan berbagai macam penyakit.

Itu sebabnya, tidak hanya mereka yang menderita saja yang harus menurunkan berat , mereka yang terlalu juga harus berupaya mencari cara menambah berat .

5 Cara Sehat Menambah Berat Badan

Untuk menambah berat , cara yang harus diperhatikan, karena menambah porsi makanan saja tidak cukup, begitu juga dengan mengkonsumsi makanan junk food yang memiliki kandungan lemak tinggi, risikonya justru dapat menimbulkan gangguan kesehatan. Berikut beberapa cara menambah berat yang dapat Anda praktekkan:

Baca juga  Begini 6 Cara Menimbang Berat Badan yang Benar

 

1. Makan dengan Teratur

Tidak perlu harus melakukan konsultasi dengan ahli gizi untuk meningkatkan jumlah kalori yang didapat dari makanan yang Anda konsumsi, cukup dengan makan secara teratur seperti biasa, namun dengan menambah porsi dari makanan yang dikonsumsi sekaligus meningkatkan kadar gizi dari makanan tersebut.

 

2. Konsumsi Lemak  

Bertambahnya lemak di dalam tubuh memang dapat meningkatkan berat , namun jika yang diserap oleh tubuh adalah lemak jenuh atau lemak jahat, risikonya justru akan mengganggu kesehatan. Untuk itu tingkatkan asupan lemak dari sumber-sumber makanan dan seperti susu, kacang-kacangan, alpukat, daging, munyak zaitun, serta sumber makanan lainnya.

Baca juga  Tips Menurunkan Berat Badan Agar Memiliki Badan Yang Ideal

 

3. Tingkatkan Asupan  

5 Cara Sehat Menambah Berat Badan

sangat membantu penambahan berat karena membangun otot, membantu pembentukan sel-sel tubuh serta meningkatkan fungsi organ tubuh. Makanan yang menjadi sumber diantaranya adalah: daging, ikan, susu, telor, kedelai, serta yang lain.

 

4. Tingkatkan Asupan Karbohidrat

Karbohidrat juga memiliki peran yang penting dalam membangun otot serta meningkatkan fungsi organ tubuh, karena karbohidrat yang dikonsumsi tubuh akan diolah menjadi glukosa, dan sisa dari glukosa yang sebagian sudah dirubah bentuk menjadi energi, akan disimpan dalam hati dan pada jaringan lemak serta otot.

Baca juga  Lidah Buaya, Cara Alami Untuk Menurunkan Berat Badanmu

 

5. Makan Sebelum Tidur

Usahakan untuk merubah jadual makan, sehingga makan malam dapat dilakukan menjelang akan berangkat tidur. Sebab menurut hasil penelitian, mereka yang makan setelah jam 20.00, peningkatan BMI atau indeks masa tubuhnya lebih tinggi dibanding mereka yang tidak melakukannya.

 

Selain  kelima faktor tersebut, cara menambah berat juga dapat dilakukan dengan menjaga agar tubuh senantiasa terhidrasi, olah raga yang teratur dan istirahat dengan cukup. (*)

Baca Juga

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

aguskurniawan