Cara Terbaru Mengatasi Memori Ponsel Penuh


Cara Terbaru Mengatasi Memori Ponsel Penuh 1

Memori yang penuh di ponsel kalian ini memang menjadi masalah dan membuat kita frustasi. Apabila kita ingin menginstall aplikasi baru, muncul kalimat memori penyimpanan penuh, hapus beberapa aplikasi. Ini tentunya menjadikan mood kita menjadi berantakan. Memori ponsel ini ibarat otak manusia yang menyimpan memori pikiran, seperti halnya ponsel yang menyimpan banyak aplikasi dan multitasking di ponsel tersebut.

Salah satu sebab kenapa memori ponsel kita cepat penuh, itu lebih disebabkan karena banyaknya aplikasi dan multitasking di ponsel yang berjalan secara bersamaan sehingga membuat ponsel menjadi lag atau berhenti menjalankan kegiatan di ponsel.

Nah untuk mengatasi ponsel kita agar memorinya tidak penuh terus, ada beberapa solusi terbaru sebagai berikut :

Menghapus penyimpanan di menu aplikasi

Cara ini terbilang jarang diketahui oleh banyak pengguna smartphone. Pertama kali kita membuka opsi menu pengaturan atau setting, kemudian kita pilih sub menu aplikasi yang ada di pengaturan, Setelah kita membuka aplikasi akan muncul banyak aplikasi disitu, kita pilih aplikasi mana yang banyak kapasitas nya, semisal di google map, ada status jumlah memori yang tertera di aplikasi tersebut, kita buka aplikasi tersebut kemudian kita pilih penyimpanan. Nah, disitu ada keterangan jumlah memori yang tersimpan di menu penyimpanan kita klik, kemudian ada keterangan hapus data. Lalu kita hapus data itu kemudian status memori akan berubah menjadi 0 kb atau menjadi berkurang. Ini berlaku untuk semua aplikasi seperti hal nya cache, Sebagai contoh whatsapp saja, banyak data yang tersimpan di aplikasi, gambar, video itu akan semakin menumpuk kalau tidak di bebrsihkan, dan membuat memori di penyimpanan aplikasi menjadi banyak, hal tersebut ternyata berpengaruh pada kinerja aplikasi tersebut menjadi sangat lambat. Hal tersebut harus rutin dilakukan setiap saat agar memori tidak menjadi menumpuk, karena akan semakin menghambat kinerja ponsel kalian. 

Menghapus data di menu recycle bin ponsel

Cara berikutnya dengan menghapus data yang tersimpab di recyle bin atau data sampah kalian. Pertama kali kalian harus membuka menu sampah, apabila ponsel kalian sudah tersedia menu sampah, maka kalian tinggal buka dan hapus seluruh data yang sudah tak digunakan di sampah kalian, setelah data kosong, maka kalian rasakan sendiri bagaimana perbedaannya. Ponsel kalian akan berjalan cepat dan ponsel kalian pasti tidak ada lagi pesan memori penuh.

Menghapus multitasking yang tidak digunakan dan notifikasi yang sudah banyak.

Banyaknya multitasking di ponsel kalian, tentunya ini juga berpengaruh terhadap kinerja ponsel. Dengan menghapus multitasking dari ruang aplikasi yang sedang kita jalankan, akan menjadi banyak dan menghambat kinerja ponsel, ini juga akan berpengaruh pada status memori penyimpanan ponsel kalian. Di lajur kiri menu ponsel biasanya ada menu daftar multitasking dari ponsel kita, misalnya kita menjalankan aplikasi game, kemudian kita beralih ke aplikasi sosial media tentunya aplikasi sebelumnya masih tetap berjalan meskipun tak digunakan. Ini bisa menjadikan ponsel selalu ada pesan memori penuh. Tak hanya itu, pesan notifikasi itu juga menjadi masalah penting, ketika tak di bersihkan. Pasalnya, notifikasi akan semakin menumpuk dan kinerja ponsel kita menjadi semakin lambat, hal ini juga berpengaruh terhadap memori ponsel kalian.

Nah, itu tadi solusi mengatasi memori ponsel kalian yang penuh, agar ponsel kita dapat bekerja dengan lancar dan memori ponsel diberikan sisa kapasitas yang cukup, maka kalian tidak perlu takut ponsel kalian akan kehabisan memori.


Faizal Chandra

   

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Copy link
Powered by Social Snap