Cara Ternak Ikan Lele Yang Benar

Cara Ternak Ikan Lele Yang Benar 1

Ikan lele merupakan salah satu jenis ikan paling diminati di indonesia. Ikan lele merupakan ikan konsumsi dan sering kita jumpai di berbagai rumah makan. Namun untuk memelihara ikan lele dibutuhkan teknis atau cara khusus yang benar agar pertumbuhan ikan ini cepat besar. Berikut beberapa teknis atau cara memelihata ikan lele yang benar :

Lokasi yang benar

Untuk memelihata ikan lele memang tidak sembarang tempat kita memelihara, meskipun ikan jenis ini tahan terhadap semua kondisi tempat dan cuaca, namun dibutuhkan lokasi yang tepat, agar pertumbuhan ikan ini baik dan sehat. Sebaiknya memelihara ikan lele dibutuhkan tempat yang seimbang, antara terkena sinar matahari, namun jangan terlalu panas. Ketika malam hari juga jangan terlalu dingin, kita beri lampu atau pencahayaan yang cukup agar kondisi air lebih hangat. Jika siang sebaiknya separuhnya kita berikan atap agar bisa berteduh, dan separuhnya biarkan terkena terik matahari. Jika ada hujan biarkan hujan mengenai kolam, karena jenis ikan ini tahan banting.

Kolam

Untuk kolam jenis ikan lele, sebaiknya kolam yang berbentuk bulat, karena kolam jenis ini mudah sekali bagi para lele mempercepat pertumbuhan, lele akan mampu mengurai kotoran menjadi makanan yang kemudian dimakan kembali oleh ikan lele, selain itu oksigen akan mudah menyerap dalam air dan lele akan cepat pertumbuhannya.

Cara kasih pakan

Ikan jenis lele tergolong ikan kanibal, kadang memakan temannya sendiri, maka harys hati hati dalam mengatur jam makan, jam makan lele sebaiknya diatur konsisten, setiap jam 8 pagi dan jam 9 malam, jangan sampai berubah-ubah karena akan merubah nafsu makan ikan lele menjadi tidak baik. Disamping itu kasih pakan lele sewajarnya jangan berlebih atau jangan juga kurang. 

Pemilihan umur dan  bibit yang bagus

Kamu perlu selektif dalam memilih bibit lele yang kualitasnya bagus, jika ingin lele kamu cepat besar dan juga gesit. Selain itu bibit yang bagus akan tahan terhadap segala potensi penyakit yang bisa saja muncul pada ikan lele. Bibit yang bagus dia sifatnya agresif dan reaktif ketika diberi pakan.

Bibit yang bagus akan menghasilkan lele yang cepat besar dan sehat, cirinya yakni tubuhnya yang hitam pekat serta terang, Selain itu bibit unggul lele akan menghasilkan ikan lele yang memiliki warna yang terang serta sehat.

Untuk umur sendiri pilih yang sudah agak besar sekitar umur 1 bulan atau sudah remaja, sehingga daya tahan lele akan lebih baik ketimbang yang masih umur beberapa hari.

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Faizal Chandra