Carrow Road, Markas Norwich City Yang Dibangun Dalam Waktu 82 Hari

Carrow Road, Markas Norwich City Yang Dibangun Dalam Waktu 82 Hari 1

Stadion markas klub Norwich City yang merupakan kontestan Liga Inggris berada di Norwich, dan didirikan pertama kali pada tahun 1935.

Stadion Carrow Road ini memiliki fakta unik dimana pembangunan stadion ini hanya dilakukan dalam waktu 82 saja.

Namun karena hanya memiliki sedikit tempat duduk penonton, akhirnya kandang Norwich City ini diklaim tidak memenuhi standar keselamatan FA atau federasi sepak bola Inggris.

Carrow Road, Markas Norwich City Yang Dibangun Dalam Waktu 82 Hari 3

Akhirnya Norwich memutuskan untuk membuat ulang stadion pada tahun 1934 dengan mama Carrow Road, sementara stadion sebelumnya bernama The Nest.

Stadion ini dibangun dan dibuka pada tanggal 31 Agustus 1935, dimana pertandingan pertama mereka adalah partai menarik antara Norwich City sebagai tim tuan rumah menghadapi tim tamu, Westham United.

Pembangunan 82 Hari

Carrow Road, Markas Norwich City Yang Dibangun Dalam Waktu 82 Hari 4

Pembangunan dilakukan hanya dalam waktu 82 hari pada musim panas mereka pada tahun 1935. Musim sebelum Carrow Road jadi, mereka berkandang di stadion Nest. 

Awalnya stadion ini hanya terdiri dari satu tempat duduk tertutup dengan teras yang terbuka di bagian tepi lapangan.

Evolusi

Carrow Road, Markas Norwich City Yang Dibangun Dalam Waktu 82 Hari 5

Sejak stadion ini berdiri, banyak hal perubahan demi perubahan dilakukan di Carrow Road ini, khususnya untuk hal penambahan kapasitas penonton dan juga atap tribun.

Tepat nya pada tahun 1960, dimana renovasi dilakukan dengan beberapa penambahan kecil, termasuk atap stadion.

Kapasitas stadion menajdi bertambah saat tahun 1963, dengan kapasitas 38.000 penonton. Dimana mereka mencatat rekor ketika tahun 1963, dimana saat pertandingan Norwich City vs Leicester City yang dipenuhi suporter kedua tim yang memadati tribun penonton Carrow Road.

Namun seiring berjalannya waktu, kapasitas penonton pun akhirnya berkurangnya, mengingat adanya penambahan dua atap stadion dari empat atap stadion.

Kemudian pada tahun 1990 an, penambahan disektor all seater, bernama stand Barclay.

Berbagai perubahan dilakukan setelah tahun 1990 an, pada tahun 2000 an hanya perluasan stand baru, yang menghubungkan stand yang lain, dan begitu pula yang dilakukan hingga akhirnya Norwich City bertahan di Liga Premier Inggris.

Berbagai penyelenggaraan event di Carrow Road digelar tak lupa juga kompetisi Liga Inggris dimana Norwich yang baru saja promosi di Premier League musim 2021/2022 ini perlu adaptasi kembali dengan iklim sepakbola kasta tertinggi di Inggris ini.

Kemudiannya untuk pengaturan stand dan kapasitas btenoat duduk memang sengaja diubah, mengingat adanya bencana yang terjadi di beberapa stadion di Inggris, sebut saja stadion Ibrox yang mengalami nasib tidak baik, sehingga kapasitas akhirnya dikurangi demi menjaga keselamatan penonton yang ada di stadion.

Akses menuju stadion

Untuk menuju ke stadon Carrow Road, dibutuhkan waktu tempuh sekitar sepuluh menit, dengan melalui berjalan kaki dari stasiun kereta api Norwich.

Mengingat banyaknya pendukung Norwich City yang memadati stadion, mereka harus berjalan kaki atau dengan transportasi bus yang telah disediakan menuju ke area stadion.

Konsep Park and Ride yang digunakan pengelola stadion di pusat kota, memungkinkan untuk para pengunjung atau penonton untuk naik dengan kendaraan lain menuju stadion. 

Nah itu tadi sekilas tentang stadion Carrow Road markas klub Norwich City yang dibangun sejak beberapa puluh tahun silam dan mengalami beberapa perubahan atau renovasi stadion hingga saat ini masih dipergunakan oleh klub Norwich City untuk berlaga di kompetisi Liga Primer Inggris.

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Viola