Catat 11 Barang Wajib ala Anak Kosan

Catat 11 Barang Wajib ala Anak Kosan 1

Siapa nih disini yang baru merantau? Seru bukan? Merantau bisa menjadi pengalaman baru yang menyenangkan. Selagi merantau, tentunya kamu akan menempati tempat tinggal berupa kos-kosan. Lantas, barang apa saja yang dibutuhkan oleh anak kosan? Yuk! Catat beberapa barang di bawah ini.

1. Kasur atau Alas Tidur

Kasur atau Alas Tidur
Kasur atau Alas Tidur

Yup ini adalah barang yang paling utama. Mungkin bagi beberapa kosan, kasur atau tempat tidur sudah termasuk ke dalam fasilitas yang diberikan. Namun, apabila kosan kamu belum memiliki kasur, ada baiknya kamu segera membelinya ya! Besarnya kasur dapat disesuaikan dengan luas kamarmu. Jangan lupa untuk membeli bantal, guling, serta selimut untuk menemani tidurmu.

2. Rice Cooker

Rice Cooker
Rice Cooker

Tak ketinggalan rice cooker menjadi salah satu barang penting di kosan. Selain bisa mengehemat uang makan, rice cooker ini juga memiliki kegunaan untuk hal lainnya seperti menghangatkan makanan, memasak mie, memasak aneka makanan, bahkan memanggang kue loh!

3. Peralatan Makan

Peralatan Makan
Peralatan Makan

Sama seperti kasur, terkadang peralatan makan pun disediakan dari kosan. Namun, berbagi peralatan makanan dirasa kurang nyaman dan kurang higienis. Oleh karena itu, ada baiknya kamu menyiapkan peralatan makan pribadi seperti piring, mangkok, sendok, garpu, dan gelas.

4. Setrika

Setrika
Setrika

Untuk menghemat pengeluaranmu, maka kamu bisa mencuci dan menyetrika pakaianmu sendiri sehingga kamu membutuhkan sebuah setrika.

5. Gantungan Baju

Gantungan Baju
Gantungan Baju

Gantungan baju ini berfungsi untuk menjemur pakaianmu sehabis mencuci. Beberapa mungkin disediakan dari kosan. Namun, banyaknya jumlah penghuni kosan tentunya tidak sebanding dengan gantungan baju yang disediakan.

6. Alat Bersih-bersih

Alat Bersih-bersih
Alat Bersih-bersih

Untuk menghindari kamar kosanmu penuh dengan debu, tentunya kamu memerlukan alat bersih-bersih yang memadai. Sapu dan pel biasanya sudah disediakan dari kosan. amun tentu alat tersebut akan digunakan bersama-sama dengan penghuni lainnya. Ada baiknya kamu membawa alat bersih-bersih sendiri untuk memudahkan kamu membersihkan kamar. Karena alat yang dipakai bersama tentu akan mudah rusak dan ada kemungkinan kamu juga harus mengantri untuk menggunakannnya.

7. Peralatan Mandi

Peralatan Mandi
Peralatan Mandi

Peralatan yang satu ini tak boleh ketinggalan. Peralatan mandi seperti pasta gigi, sikat gigi, shampo, dan sabun merupakan peralatan standar yang harus ada. Untuk menghemat uang, kamu bisa menggunakan shampoo dan sabun isi ulang.

8. Colokan Listrik

Colokan Listrik
Colokan Listrik

Biasanya dalam satu kamar kos hanya memiliki satu colokan listrik sehingga penting bagi kamu untuk membeli colokan listrik yang memiliki beberapa lubang. Hal ini akan menunjang kamu untuk menghidupkan beberapa alat elektronik yang kamu butuhkan.

9. Karpet Lantai

Karpet Lantai
Karpet Lantai

Barang yang satu ini bersifat opsional. Apabila di dalam kamar kosmu tidak tersedia meja dan kursi maka kamu bisa menggunakan karpet sebagai alas untuk mengerjakan tugasmu di lantai.

10. Air Galon

Air Galon
Air Galon

Menggunakan air galon lebih hemat dibandingkan membeli air minum kemasan dalam botol. Kamu juga bisa melengkapinya dengan pompa air ataupun dispenser untuk memudahkan kamu jika ingin minum.

11. Obat-obatan

Obat-obatan
Obat-obatan

Obat-obatan juga termasuk barang yang penting. Karena kamu jauh dari rumah, tentunya apabila kamu sakit, satu-satunya yang bisa mengobati penyakitmu adalah meminum obat. Tidak perlu menunggu sakit baru kamu membeli obat. Kamu bisa menyimpan obat-obatan yang penting di dalam box, misalnya obat merah, plester, obat demam/flu, obat sakit tenggorokan, obat tetes mata, termometer, dan minyak kayu putih.

Nah barang-barang di atas adalah barang-barang yang bisa kamu persiapkan sebelum kamu memulai kos. Beberapa barang juga bersifat opsional sehingga kamu bisa memilah barang mana yang memiliki tingkat urgensi paling tinggi. Kunci utama mengekos adalah hidup hemat. Jadi, jangan lupa untuk selalu berhemat ya dan selamat mengekos!

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.