Catat! Beberapa Cara Menarik Agar Belajar Menjadi Lebih Efektif

Catat! Beberapa Cara Menarik Agar Belajar Menjadi Lebih Efektif 1

Siapa yang masih merasa kalau cara belajarnya belum efektif? Kalau sudah merasa seperti itu artinya hasil belajar kalian belum maksimal dong ya, tapi kalian nggak perlu khawatir. Ada beberapa cara yang bisa kalian coba dirumah agar cara belajar kalian lebih terarah dan hasil belajarnya jadi maksimal.

Sebelumnya kalian pasti udah pada tau dong belajar itu apa, atau jangan jangan definisi belajarnya hanya sebatas pekerjaan membaca buku yang dilakukan ketika besok akan ujian? Aduh, salah banget dong kalau ada yang seperti itu. Arti belajar adalah proses yang dilakukan oleh setiap individu atau perseorangan untuk mendapatkan perubahan dalam pengalamannya dengan cara memperdalam setiap materi dan perbanyak latihan.

Sedangkan belajar efektif adalah cara dalam belajar yang berkesinambungan dan produktif sehingga mendapatkan hasil yang maksimal dan pencapaian dalam belajar.

Berikut beberapa cara belajar agar lebih efektif:

  • Carilah tempat atau ruang belajar dengan suasana yang membuatmu nyaman Bacalah buku pelajaran yang kalian butuhkan, jangan menumpuk setiap bacaan.
  • Buatlah jadwal khusus disetiap harinya, ini memudahkan kalian yang mudah lelah dalam belajar.
  • Mengerjakan beberapa soal latihan disetiap akhir proses belajar, kerjakan 2 sampai 3 soal dengan tipe soal yang berbeda. Mudah, sedang dan sedikit menantang (opsional) kalian bisa lakukan latihan dengan tipe soal yang kalian inginkan. 
  • Review hasil belajar, misalnya dengan melihat berapa persen kalian berhasil mengerjakan soal-soal latihan.
  • Evaluasi hasil belajarmu, misalnya kamu mengevaluasi hasil setiap latihan yang masih salah jawabannya. Dari situlah terlihat materi materi apa yang sebenarnya belum begitu kalian kuasai.
  • Ulas dan praktikkan cara yang benar dalam mengerjakan setiap materinya. Cara ini bisa kalian peroleh dari sumber sumber belajar, seperti zenius, ruangguru, atau brainly. Untuk memperdalam dan memperluas pemahaman, sumber belajar tidak hanya dari buku saja.

Langkah langkah agar belajar menjadi efektif pada dasarnya tidak hanya itu, masih banyak cara belajar yang dapat kalian terapkan dan coba, sesuaikan dengan kenyamanan kalian ya. Belajar juga ada waktunya, jangan terlalu memaksakan fikiran sehingga kalian belajar sampai lupa waktu. Alhasil, cara yang seperti itu tidak menjadi solusi belajar yang efisien.

Jika kalian tiba tiba merasa bosan artinya otak sudah kelelahan, dan apabila dilanjutkan maka akan membuat daya fikir otak melemah. Maka, untuk kalian yang masih seperti itu, coba ganti dan pilih cara belajar yang baru atau mulai ikuti cara cara diatas.

Pelajar yang cerdas tau untuk tujuan apa dia belajar. Bukan hanya memasukkan materi ke dalam otak, tapi memahami materi dan menguasai konsepnya.education-

Belajar juga membutuhkan kecerdasan otak, maka dari itu cobalah untuk melatih otak tidak hanya dengan belajar, tapi bisa dengan berolahraga, bermain alat musik, melakukan traveling, menyusun puzzle dan masih banyak cara yang lainnya. Biasanya hal tersebut menjadikan otak kita semakin aktif dan mudah dalam berkonsentrasi.

Nah, adakah salah satu cara di atas yang sudah kalian terapkan? Kalau sudah, artinya otak kalian aktif dan produktif. Jangan lupa terus melakukan hal dan kegiatan positif ya.

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.