Catat! Beberapa Tips Agar Tugas Cepat Selesai Penting Diketahui

Catat! Beberapa Tips Agar Tugas Cepat Selesai Penting Diketahui 1

Kebiasaan menunda-nunda pekerjaan seperti menyelesaikan tugas sebenarnya bukanlah hal yang baik. Terkadang orang berfikir bahwa masih ada hari esok untuk mengerjakan tugas padahal pekerjaan yang dikerjakan dengan terburu-buru tidak akan mendapatkan hasil yang maksimal.

Karena itu semakin tugas cepat diselesaikan maka Anda akan merasa tenang. Ada beberapa tips yang bisa Anda terapkan agar tugas sekolah cepat selesai.

Mengerjakan Tugas Sedikit Demi Sedikit

Ilustrasi mengerjakan tugas. Foto: unsplash.com
Ilustrasi mengerjakan tugas. Foto: unsplash.com

Tips pertama yang bisa Anda terapkan agar tugas sekolah atau kuliah cepat selesai adalah dengan mengerjakannya menggunakan sistem nyicil. Jadi setiap hari Anda bisa mengerjakan tugas sedikit demi sedikit, misalnya ada tugas untuk membuat makalah, Anda bisa mulai menyicilnya satu halaman satu hari.

Jika menggunakan sistem nyicil Anda tidak akan terburu-buru menyelesaikan tugas yang bisa membuat hasilnya tidak akan maksimal. Karena itu alangkah baiknya untuk mengerjakannya sedikit demi sedikit saja setiap hari. Lama kelamaan tidak akan terasa karena akhirnya tugas tersebut bisa diselesaikan dengan baik.

Mencatat Daftar Tugas

Tips kedua yang bisa Anda terapkan adalah mencatat daftar tugas lalu ditempel di dinding atau meja belajar. Dengan mencatat semua tugas beserta tenggat waktu pengumpulan terakhir, maka Anda tidak akan lupa jika ada tugas. Misalnya Anda menulis tugas dengan menggunakan sticky notes lalu ditempelkan ke tempat strategis yang sering Anda lihat. Dengan melihat daftar tugas sekolah akan muncul keinginan dalam diri Anda untuk segera menyelesaikannya.

Selain bisa digunakan untuk mengingatkan Anda akan deadline tugas, sticky notes yang berwarna warni itu juga bisa dijadikan sebagai hiasan meja belajar. Tidak hanya itu sticky notes juga kerap kali digunakan sebagai pembatas buku. Notes tempel ini sudah dilengkapi dengan lem perekat sehingga Anda tinggal menempelkannya saja.

Memanfaatkan Waktu Luang Untuk Mengerjakan Tugas

Ilustrasi mengerjakan tugas. Foto: unsplash.com
Ilustrasi mengerjakan tugas. Foto: unsplash.com

Jika Anda memiliki waktu luang yang banyak dan bingung ingin mengerjakan apa, solusi yang tepat adalah dengan menyelesaikan tugas. Mengerjakan tugas di waktu luang akan lebih santai karena Anda tidak terburu-buru menyelesaikannya. Sembari mengerjakan tugas, Anda juga bisa melakukan kegiatan yang lain seperti mendengarkan musik atau belajar ditemani dengan camilan kesukaan.

Waktu tidak bisa diputar kembali, karena itu Anda harus memanfaatkannya dengan sebaik mungkin. Jangan mengerjakan tugas yang terlalu dekat dengan tenggat waktu, selain tidak akan mendapatkan hasil yang maksimal, Anda juga akan menanamkan sikap suka menunda-nunda pekerjaan. Kendati demikian, Anda tetap harus beristirahat sejenak.

Memaksakan tubuh untuk tetap beraktivitas juga merupakan hal yang tidak baik. Anda bisa beristirahat sejenak selama beberapa menit di sela-sela aktivitas mengerjakan tugas. Tugas akan cepat selesai jika pikiran Anda segar kembali.

Jangan Terpengaruh Untuk Menyentuh Gawai

Tips berikutnya adalah ketika Anda sedang menyelesaikan sebuah tugas, agar cepat selesai maka jangan menyentuh gawai terlebih dahulu. Anda bisa mematikan notifikasi sosial media yang muncul agar tidak terpengaruh untuk melihatnya. Tugas Anda tidak akan selesai jika masih mudah terpengaruh dengan ponsel. Atau jika Anda takut terpengaruh, cobalah untuk mematikan ponsel sejenak.

Niatkan Bahwa Menyelesaikan Tugas Lebih Cepat Lebih Baik

Ilustrasi mengerjakan tugas. Foto: unsplash.com
Ilustrasi mengerjakan tugas. Foto: unsplash.com

Terakhir adalah Anda harus memiliki niat bahwa jika tugas cepat selesai maka akan lebih baik. Mantapkan niat sebelum mengerjakan tugas. Anda juga bisa mengerjakan tugas dari yang lebih mudah dulu baru yang sulit.

Anda bisa menerpakan tips-tips di atas yang sesuai dengan diri Anda. Ingatlah bahwa waktu yang Anda miliki hanya sebentar, jadi harus bisa dimanfaatkan dengan sebaik mungkin. Aktivitas menunda-nunda pekerjaan hanya akan menjadikan sebuah kebiasaan.

 

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Gita Welastiningtias