Celebrity Worship Dalam BTS Meal

Celebrity Worship Dalam BTS Meal 1

Beberapa saat yang lalu tepatnya tanggal 9 juni 2021, sebuah restoran cepat saji McDonald’s di”serbu” oleh ratusan hingga ribuan ojek online. Siang yang begitu hectic di setiap gerai restoran cepat saji tersebut. Semua ojek online itu berburu sebuah menu baru dalam edisi terbatas, BTS Meal. “Penyerbuan” ini menyebabkan kemacetan di beberapa wilayah hingga denda jutaan rupiah serta penutupan gerai sementara.

Seberapa luar biasakah BTS Meal sehingga menjadikan orang berhasrat untuk mendapatkan dan menjadi orang pertama yang merasakan kenikmatannya ? Kok bisa sebegitu lakunya ? Bila melihat isi susunan paket BTS Meal yang hanya terdiri dari  9 chicken nugget, 1 cola medium, 1 kentang ukuran medium yang dikemas dengan dominasi warna ungu, warna kebesaran RM dkk. serta logo BTS dan McDonald’s. Tidak ketinggalan tulisan Korea ‘Borahae’ yang artinya I  Purple You.

Selain merupakan menu terbatas, jawaban atas pertanyaan diatas adalah karena faktor ingin tahu yang tinggi dan pesona BTS. Boyband yang sedang trending dan merajai K-pop secara internasional. Boyband yang berulang tahun setiap tanggal 13 Juni ini, tercatat masih menempati posisi nomor satu dalam daftar grup boyband ternama versi Soompi.com pada Mei 2021.

Pesona grup pemilik lagu Boy With Luv di mata penggemarnya, ARMY tidaklah mudah untuk didefinisikan. ARMY seperti terhipnotis dengan mudah. Mereka begitu mencintai dan militan dengan segala hal tentang idolanya ini. Rela menyisihkan pendapatan untuk membeli merchandise atau datang ke konser yang terbilang tidak murah. Serta yang paling unik, mereka akan selalu memenuhi media sosialnya untuk mempromosikan karya atau aktivitas idolanya maupun membela idolanya dari haters. Sebuah kondisi yang irasional bagi orang awam.

Dunia entertainment selalu menghadirkan dua peran yang tak pernah lekang oleh zaman yakni idola dan penggemar. Idola selalu memposisikan dirinya sebagai superordinat pada penggemarnya. Hubungan keduanya cenderung akan menjadi satu arah. Dalam situasi tertentu, hubungan keduanya dapat bersifat parasosial dan menuju pada kondisi celebrity worship. 

Pada kondisi celebrity worship yang rendah ( entertainment social) penggemar lebih akan menikmati setiap karya dari idolanya dengan tujuan sebagai hiburan semata. Mereka akan  membicarakan idolanya, bergabung dalam kelompok penggemar, mencari-cari informasi terkini tentang idolanya. 

Ketika penggemar sampai pada celebrity tahap menengah (intense personal feeling) maka penggemar akan melibatkan perasaan atau emosinya ketika ada suatu peristiwa terjadi pada idolanya.Tidak sampai disitu, penggemar yang berada dalam tahap ini akan melakukan imitasi atau peniruan gaya hidup, gaya berpakaian dan cenderung mempengaruhi karakteristik si penggemar.

Pada tahap yang ekstrim (Borderline Pathological Tendency) penggemar menjadi obsesif dengan idolanya hingga tidak dapat mengontrol dirinya sendiri. Pada kasus tertentu bahkan rela melanggar hukum demi memenuhi kepuasan pada idola. Kondisi celebrity worship mendorong penggermar lebih konsumtif pada merchaindise idolanya.

Pesona BTS dalam menyukseskan BTS Meal tidak berdiri sendiri namun ada kondisi celebrity worship pada penggemar yang turut mendukung pembelian produk tersebut. Kalau kamu berada dalam keadaan celebrity worship atau ngga? Coba bagikan ke teman kamu yang ARMY.

Source:

https://www.neliti.com/id/publications/66389/interaksi-parasosial

http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/Psikobuletin/article/view/9858/5611# 

https://www.soompi.com/article/1474279wpp/june-boy-group-brand-reputation-rankings-announced-4

https://grafis.tempo.co/read/2698/heboh-bts-meal-mcdonalds-dari-denda-rp-50-juta-sampai-sisca-kohl-bikin-es-krim 

https://www.billboard.com/music/bts/chart-history/GLO 

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Mario Febryansach