Cerita Mistis Danau Ranu Kumbolo


Cerita Mistis Danau Ranu Kumbolo 1

Danau Ranu Kumbolo yang terletak di Gunung Semeru tak pernah sepi pendaki. Gunung dengan puncak tertinggi di Pulau Jawa ini selalu  menarik minat para pendaki. Ranu Kumbolo menjadi tempat pemberhentian dan peristirahatan favorit bagi pendaki. Tenda warna-warni menghiasai pinggiran danau, suara riuh celotehan tenda ke tenda menghidupkan suasana danau.

Cerita Mistis Danau Ranu Kumbolo 3

Perubahan zaman dan tren pendakian terlihat signifikan. Entah bagaimana, minat manusia baik laki-laki atau pun perempuan meningkat drastis hingga sering ada tontonan macet saat berjalan di gunung. Suatu fenomena yang banyak disayangkan oleh para pencinta alam. Walau semakin ramai ricuh manusia, danau Ranu Kumbolo yang sedari dahulu menyimpan banyak hal mistis tidak meninggalkan eksistensinya. 

Konon, Gunung Semeru adalah pusat kerajaan makhluk halus di Pulau Jawa. Sebagai puncak tertinggi, banyak pendaki yang menilai bahwa gunung ini sangat angker, baik karena makhluk halus maupun trek pendakiannya yang berat. Gunung sendiri juga merupakan rumah yang nyaman bagi para makhluk tak kasat mata. Banyak cerita mistis yang dibawa pulang oleh para pendaki terutama di Ranu Kumbolo.  

Menurut cerita, Ranu Kumbolo dijaga oleh sosok wanita cantik yang sering muncul di tengah dananu atau di daerah pinggir danau. Ia sering menampakkan diri ke para pendaki, dan kemunculannya di andai dengan kabut tipis.

Cerita Mistis Danau Ranu Kumbolo 4

Bukan cuma pada malam hari, penampakan di Ranu Kumbolo juga bisa terlihat saat pagi dan siang hari. Wujud yang mereka perlihatkan berubah-ubah dan akan lebih menyeramkan saat malam hari.

Selain sosok perempuan penunggu danau, ada juga sosok yang sering eksis mengganggu para pendaki. Pocong. Kisah nyata dari salah satu pendaki bernama Mawar yang memiliki kemampuan melihat makhluk astral, Ia melihat pocong-pocong sedang mengelilingi tenda-tenda yang menginap di sana. Perawakannya lebih menyeramkan daripada gambaran pocong yang sering kita lihat di TV. Hanya beberapa tenda yang tidak ditunggui oleh sosok pocong itu, yaitu tenda temannya. Ia langsung berlari masuk ke arah tenda itu dengan wajah terkejut dan ketakutan. 

Memang ada sebuah tata krama saat di alam bebas, penampakan yang kita lihat jangan langsung dibicarakan di tempat, takutnya akan terjadi hal yang lebih menyeramkan. Maka, selepas mereka turun gunung, Mawar baru menceritakan penampakan yang Ia lihat, dan ia berkata, tenda yang tidak ditunggui itu karena salah satu temannya membaca Al-qur’an. 

Cerita Mistis Danau Ranu Kumbolo 5

Selain cerita mistis, di danau Ranu Kumbolo juga menyimpan mitos yaitu larangan menangkap ikan yang ada di danau. Konon katanya, terdapat ikan emas yang merupakan dayang dewi penunggu Ranu Kumbolo. Masyarakat percaya, jika ikan ikan di danau di tangkap, maka akan membawa kesialan.


Digstraksi adalah platform menulis independen, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Afnii

   

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Copy link
Powered by Social Snap