Cerita Samurai di Video Game Terkenal


Cerita Samurai di Video Game Terkenal 1

Samurai adalah sebutan bagi prajurit bangsawan yang bekerja untuk seorang pejabat yang disebut Daimyo. Samurai terkenal karena kepandaiannya dalam bertarung menggunakan senjata. Samurai yang kehilangan tuannya akan bekerja untuk tuan baru atau mencari pekerjaan lain. 

Ada bermacam-macam senjata yang dipakai oleh samurai, yaitu pedang, tombak, busur panah, dan bedil. Namun, senjata yang paling sering dipakai adalah pedang, baik sebagai senjata utama atau senjata cadangan. Cerita samurai juga sering diangkat menjadi video game yang mempunyai banyak penggemar.

Samurai Shodown

Samurai Shodown
Samurai Shodown

Samurai Shodown menceritakan sebuah kejuaraan besar yang diikuti oleh para pendekar pedang dari seluruh penjuru dunia. Pesertanya tidak hanya berasal dari Jepang, China, dan sekitarnya. Ada pula peserta yang datang jauh-jauh dari barat untuk ikut serta dalam kejuaraan adu pedang ini karena juaranya akan mendapatkan imbalan besar.

Peraturan di kejuaraan ini cukup sederhana. Peserta saling berhadap-hadapan sambil membawa perlengkapan masing-masing. Diantara mereka ada wasit yang mengawal pertandingan. Tabib dan perawat juga disiapkan untuk memberikan pengobatan. Selain itu, ada penggali kuburan untuk melaksanakan upacara kematian kalau ada peserta yang mati di pertandingan ini.

Para penonton berkerumun untuk menyaksikan setiap pertandingan yang digelar. Para peserta berusaha tampil sebaik-baiknya untuk memuaskan penonton sekaligus mempertahankan nyawa. 

Shogun Total War

Adegan pertempuran di Shogun Total War
Adegan pertempuran di Shogun Total War

Shogun Total War sebenarnya terdiri dari 2 seri, Yaitu Shogun: Total War dan Total War: Shogun 2. Seri pertama terdiri dari cerita Sengoku Jidai dan Serbuan Mongol. Sedangkan seri kedua terdiri dari Sengoku Jidai dan 2 cerita tambahan, yaitu cerita di zaman Kamakura dan zaman Saigo Takamori. 

Di Shogun Total War, baik yang pertama dan kedua, pemain berperan sebagai seorang Daimyo. Pada masa itu Jepang dilanda perebutan kekuasaan. Para Daimyo terkenal merasa dirinya paling layak menjadi Shogun baru menggantikan Ashikaga. Para Daimyo membangun kekuatan untuk memperluas kekuasaan dengan cara menaklukkan Daimyo lainnya.

Sebagai seorang Daimyo, pemain tidak boleh asal berperang, semua harus dipikir matang-matang. Hasil pajak harus dibagi untuk pembangunan, kesejahteraan penduduk, dan membiayai perang. Ada banyak cara licik untuk menyingkirkan para saingan dan menggulingkan Ashikaga untuk menjadi Shogun baru.

Ghost of Tsushima

Cerita Samurai di Video Game Terkenal 3

Ghost of Tsushima adalah cerita samurai yang mengambil cerita pada masa serbuan Mongol. Bala tentara Mongol menyeberangi ujung Korea dan berhasil mendarat di Tsushima. Mereka berhasil menaklukkan Tsushima. Panglima perangnya terus berusaha memaksa para bangsawan agar menyerah dan mengakui Khan sebagai maharaja baru mereka.

Pemain akan berperan sebagai Sakai Jin, seorang pendekar yang masih hidup setelah kalah perang di pantai Komoda. Dia dirawat oleh seroang penduduk bernama Yuna. Setelah kesehatannya pulih, Sakai Jin mendapat berita bahwa pamannya yang bernama Shimura ditahan oleh Kotun Khan. Untuk membebaskan pamannya, Sakai Jin harus belajar membunuh secara sembunyi-sembunyi meskipun itu menodai kehormatannya sebagai samurai.

Ghost of Tsushima sendiri menyajikan pemandangan indah, adu pedang menegangkan, dan cerita yang sangat menarik seperti menonton film-film samurai hasil karya Akira Kurosawa. Ada banyak cerita sampingan yang tidak boleh dilewatkan. 

Bushido Blade

Bushido Blade
Bushido Blade

Bushido Blade adalah video game tarung pedang yang menceritakan tentang perguruan pedang yang saling bermusuhan. Keduanya saling bertarung untuk memperebutkan sebilah pedang pusaka. Murid-murid terbaiknya diutus untuk melaksanakan tugasnya masing-masing.

Di video game ini pemain memilih salah satu tokoh yang akan dimainkan, kemudian memilih senjata yang sudah disediakan. Pemain bisa memilih pedang panjang, pedang pendek, pedang lebar, palu, atau tombak. Ketika pertarungan dimulai, pemain harus sangat berhati-hati, karena bisa langsung mati hanya dengan satu sabetan pedang.

Rurouni Kenshin

Cerita Samurai di Video Game Terkenal 4

Rurouni Kenshin sebenarnya berasal dari anime terkenal yang kemudian dijadikan video game tarung. Ketenarannya membuat video game ini juga laris di kalangan penggemarnya. Disini tersedia story mode yang dibuat berdasarkan cerita di animenya. Story mode di video game ini menceritakan peristiwa sampai mengalahkan pemimpin geng Oni, Shinomori Aoshi. Tetapi kalau memainkan hard mode, cerita akan dilanjutkan sampai melawan Saito Hajime.

Di arcade mode, kita bisa memilih beberapa tokoh yang ada di animenya, seperti Kenshin, Sanosuke, Kaori, Aoshi, Saito, dan beberapa anggota geng Oni. Setiap tokoh dapat memainkan jurus-jurus yang ada di animenya


Seperti inilah cerita samurai ketika dijadikan video game. Cerita samurai memang sudah lekat dengan pertarungan adu pedang, meskipun pada kenyataannya, banyak samurai yang menggunakan tombak atau busur panah. Dengan adanya video game, kita bisa mengetahui seperti apa rasanya mengadu pedang seperti seorang samurai.


Digstraksi adalah platform menulis independen, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Rinka

   

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Copy link
Powered by Social Snap