Cerita singkat Film Neko No Ongaeshi


Cerita singkat Film Neko No Ongaeshi 1

Dari judulnya jelas ini anime dari jepang. Tapi bukan series. Ini movie. Garapan studio Gibli. Cukup menarik untuk di tonton segala usia. Ceritanya ringan soalnya dan tetap seru. Yang terpenting tidak ada adegan romantis. Kupikir ini mungkin bisa jadi salah satu cerita untuk anak-anak yang tidak masalah ditonton.

Berkisah tentang seorang gadis bernama Haru yang menyelamatkan seekor kucing. Dia memang dari kecil senang menyelamatkan kucing. Akan tetapi kucing yang dia selamatkan kali ini bukan kucing biasa melainkan pangeran dari kerajaan kucing benama Lane.

Kemudian Raja kucing mengundang Haru ke kerajaannya untuk dinikahkan dengan anaknya. Haru yang ketakutan akan dinikahkan dengan pangeran kucing yang bahkan tidak dia kenal, lalu mendengar suara, yang menyuruhnya untuk mencari kantor urusan kucing. Dan suara itu adalah yang nantinya kucing yang di tolong Haru waktu kecil. Di kantor itu dia bertemu baron yang seorang patung kucing tapi hidup. Dia di antara oleh kucing putih besar bernama Muta.

Ketika sedang di rumah Baron dan minum teh, tiba-tiba datanglah pengawal istana untuk menjemput Haru. Mereka menjemput Haru dan membawa Haru ke kerajaan kucing melalui portal-portal. Baron dan Muta mengejar Haru. Sampai di kerajaan kucing, Haru malah berubah jadi kucing. Hal ini membuat Haru sedih.

Raja mengadakan acara hiburan untuk menghibur Haru. Namun haru tetap tidak terhibur. Di hiburan yang entah ke beberapa, ada seorang kucing berpakaian rapi dengan jas dan memakai topeng mengajak Haru berdansa. Dan di saat inilah Haru merasa terhibur karena dia tahu kalau yang sedang berdansa dengannya itu Baron yang ingin menyelamatkannya.

Cerita singkat Film Neko No Ongaeshi 3

Singkat cerita, baron menyelamatkan haru dan mengantarnya ke menara tempat dimensi kucing yang terhubung dengan dunianya Haru. Mereka melewati labirin, lari-larian di kejar-kejar pasukan suruhan Raja kucing dan akhirnya berhasil sampai di menara. Belum sampai di ujung menara, Raja kucing meledakkan menara dan meninggalkan bagian teratasnya. Baron, Muta dan Haru terpojok oleh pasukan raja kucing. Untunglah Pangeran kucing datang disaat yang tepat dan menolong Haru sampai keluar dari kerajaan kucing itu.

Ceritanya santai dan mengalir. Beberapa kejadian yang ajaib. Salah satu yang adegan yang aku suka adalah saat Haru keluar dari lubang dan jatuh terus terbang di langit. Setelah itu banyak kawanan burung gagak teman Toto menangkapnya dan dia berjalan di punggung gagak itu. seolah dia sedang berjalan di langit. Keren sekali para gagak terbang dan membentuk pusaran hingga sampai di atap sekolah Haru.

Cerita singkat Film Neko No Ongaeshi 4

Pelajaran yang bisa diambil adalah jadilah diri sendiri. Tolong menolong sesama makhluk hidup baik itu hewan atau manusia lainnya. Karena mungkin dalam melakukannya akan menemukan jati diri sendiri. Seperti yang dilakukan haru. Menolong kucing yang kemudian dia menemukan jati dirinya.

Di akhir cerita haru berhasil kembali ke kehidupannya. Begitupun lainnya kembali menjalani kehidupannya masing-masing seolah tidak terjadi apa-apa. Pengalaman akan menjadi kenangan yang tidak bisa dihapuskan.

Aku sempat terpikir bahwa Baron di sini akan menjadi sesuatu yang lain. Seperti ada plot twist yang bilang kalau dia ini adalah pangerannya dan dia berubah jadi manusia lalu berpacaran dengan Haru. Namun hal seperti itu tidak terjadi. Malah seolah cinta tak berbalas.

Sebenarnya menurutku ada yang masih belum jelas dari cerita ini. Alasan Baron menyelamatkan Haru dan membuatnya tetap aman. Apa memang itu hanya sebatas pekerjaan kantor urusan kucing? Ataukah ada kisah dibaliknya? Entahlah, yang jelas di movienya tidak di ceritakan tetapi membuatku penasaran.

Pesan dari film ini menurutku adalah berbuat baiklah pada semua makhluk ciptaan Tuhan. Karena kebaikan sedikit akan bermanfaat atau menimbulkan kebaikan lainnya. Semacam efek domino tetapi tidak diketahui. Selain itu juga percaya diri dan jadilah diri sendiri dimanapun dan kapanpun. Itu adalah bekal untuk melangkah ke dunia nyata.

Terimakasih sudah membaca tulisanku. Sampai jumpa ditulisanku lainnya.


Digstraksi adalah platform menulis independen, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

pipit loveringlove

   

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Copy link
Powered by Social Snap