Cerpen Kesehatan : Jangan Remehkan Air Seni Pagi Hari


Cerpen Kesehatan : Jangan Remehkan Air Seni Pagi Hari 1

Air seni atau yang lazim disebut urine, adalah benda cair yang dikeluarkan tubuh saat kencing atau buang air kecil.  Pada kondisi normal, rentang warna urine yang sehat adalah kuning muda hingga jernih. Warna urine tersebut merupakan hasil dari pigmen yang disebut urokrom (urochrome). 

Selama ini orang mungkin hanya beranggapan bahwa air seni atau urine yang dikeluarkn dari tubuh manusia, adalah sesuatu yang identik dengan najis, kotoran yang menjjijikan, benda cair dengan bau yang menyengat, dan sebagainya. 

Tahukah anda, bahwa dibalik baunya yang menyengat serta terkesan menjijikan itu, ternyata banyak sekali faedah yang terdapat pada air seni, khususnya air seni dipagi hari.

Dulu kehidupan ini masih sangat sederhana, jangankan rumah sakit, klinik kesehatan atau puskemas pun tak ada. Orang mengobati sakit dan penyakit semua dengan cara-cara tradisional. Perdukunan menjadi alternatif utama, atau dengan keyakinan terhadap sesuatu yang dianggap bisa mengobati sakit atau penyakit. 

Berbagai cara dilakukan orang bagaimana agar penyakit yang dideritanya bisa sembuh, bahkan hingga pada cara-cara yang ekstrim yang salah satunya adalah dengan memanfaatkan air seni atau urine. 

Setidaknya ada 2 penyakit yang  bisa diobati dengan sangat efektif  dengan menggunakan air seni, selai beberapa manfaat lain dari air seni itu sendiri.

1. Penyakit Mata (Konjunngtivitis) atau belekan

Tanda Konjungtivitis
Tanda Konjungtivitis

Penyakit mata ini ketika terjadi peradangan pada jaringan lunak di sekitar mata. Tanda-tanda yang sering dialami bagi penderita penyakit konjungtivitis antara lain:

  • Mata akan memerah karena pembuluh darah konjungtiva meradang tersebut
  • Mata tersasa gatal.
  • Jika karena infeksi virus, mata akan membengkak, kering , dan mata berair.
  • Jika infeksi bakteri, akan mengalami iritasi, merah, dan terasa sakit dari dalam.
  • Mata juga akan mengeluarkan kotoran yang membuat mata lengket.

Ini adalah gejala umum dari penyakit mata konjungtivitis. Meskipun ini tergolong dalam kategori sakit mata ringan tapi jika dibiarkan juga akan sangat berbahaya, apalagi mata adalah bagian dari alat vital manusia.

Dengan air seni pagi inilah, pada zaman dahulu orang mengobatinya dan terbukti sangat ampuh hingga saat ini di era modern. Cara penggunaannya pun sangat gampang yaitu dengan cara mengambil langsung dengan tangan saat kita kencing dipagi hari dan langsung digunakan untuk membasuh mata yang sakit dan lengket. Dalam 2-3 hari mata akan kembali normal dan tanpa efek samping. 

2. Penyakit Step pada bayi.

Cerpen Kesehatan : Jangan Remehkan Air Seni Pagi Hari 3

Kekhawatiran terbesar orang tua adalah saat si Buah Hati tiba-tiba mengalami kejang yang tidak diketahui sebab musababnya. Dalam istilah medis penyakit ini dikenal dengan nama  ‘Febrile convulsions’. Secara umum penyakit ini adalah disebabkan oleh panas tinggi pada bayi atau karena cuaca ektrem. Tapi apa jadinya dalam kondisi normal tiba-tiba si buah hati mengalami kejang yang berangsur-angsur diikuti dengan melemah pada kondisi bayi. 

Orang dulu pasti menganggap jika bayinya sudah dirasuki oleh mahluk halus , iblis, syetan, jin, dan sejenisnya. Bahkan gejala ini bisa teradi hingga 7x pada sang buah hati yang masih berumur dibawah 3 tahun. Segala upaya dilakukan namun tetap juga terjadi, hingga dilakukanlah alternatif terakhir, yakni dengan menyiramnya dengan air seni orang tuanya.

Pengerjaannya juga sangat sederhana, yakni, saat si buah hati mandi langsung arahkan air pipis kita kepada sibuah hati. Usahakan tepat dikepala dan sibuah hati tidak melihat, karena setahunya bahwa saat itu si buah hati sedang mandi air hangat. Tidak tega memang, tapi jika ini memang jalan yang terbaik, kenapa tidak. Habis itu siramlam dengan air bersih dan keramasi si buah hati dengan sampo serta mandiin dengan sabun. Jika buah hati laki-laki harus air seni ibunya, begitu sebaliknya. Ini telah terbukti, dan sejak pengobatan itu si buah hati tidak pernah lagi mengalami step atau dalam medisnya tadi adalah  ‘Febrile convulsions’.

Perlu diingat bahwa mengobati dengan cara ini bukan pada saat si buah hati sedang mengalami gejala step, tapi saat si buah hati dalam keadaan sehat tanpa gejala. 

Inilah cara-cara orang dahulu untuk menyembuhkan sakit mata (belekan) dan sakit step pada buah hati. Adapun manfaat lain dari air seni adalah bahwa air seni bisa digunakan untuk terapi antara lain:

  1. Berpotensi melawan sel kanker. 
  2. Membantu meredakan infeksi bakteri. 
  3. Membantu pengobatan berbagai masalah kulit. 
  4. Membantu pengobatan luka bakar atau sengatan binatang.
  5. Membantu pengobatan luka bakar dan luka sengatan binatang. 
  6. Berpotensi mencegah infeksi.

Karena itu meskipun dunia memang sudah modern, tapi jangan tinggalkan hal-hal yang memang berdampak positif dan tidak menimbulkan efek samping. Tapi ingat kita juga tidak boleh sembarangan menggunakan air seni kecuali memang dengan hal-hal yang sudah terbukti. 


Digstraksi adalah platform menulis independen, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Hendri Sumarno

   

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Copy link
Powered by Social Snap