Chelsea Tampil Perkasa dengan Taktik Baru, Bukti Tuchel adalah Pilihan yang Tepat

Chelsea Tampil Perkasa dengan Taktik Baru, Bukti Tuchel adalah Pilihan yang Tepat 1

Thomas Tuchel adalah salah satu pelatih top eropa. Pemecatannya dari kubu Paris Saint Germain dipertanyakan banyak pihak padahal ia mampu mempersembahkan trofi liga Perancis serta mampu membawa Paris Saint Germain untuk pertama kalinya mencapai Final liga Champions musim lalu. Penunjukannya untuk menggantikan Frank Lampard pun menjadi kontroversi.

Namun letak kontroversinya bukan pada pertanyaan tentang kualitas Tuchel melainkan karena Frank Lampard masih dalam tahap adapatasi dengan squad mahalnya. Lagipula performa The Blues belum buruk-buruk amat waktu ditangani oleh Frank Lampard. Faktor ketidaksabaran Roman Abramovic sang pemilik klub atas performa klubnya yang belum memenuhi ekspektasinya membuat Lampard akhrinya terdepak.

Perubahan langsung terjadi saat Tuchel menangani klub ini. DI pertandingan pertamanya di Chelsea mungkin ia hanya dapat mempersembahkan hasil imbang kalah Chelsea harus berbagi poin dengan Wolverhampton di Stanford Bridge.. Hal ini dapat dimaklumi karena ia hanya memiliki waktu 3 hari untuk menyiapkan klub selepas terpilihnya sebagai pelatih.

Namun pada pertandingan melawan Burnley, Tuchel berhasil menunjukan kelasnya sebagai salah satu pelatih terbaik dunia saat ini. Bermain dengan formasi 3-4-3 dengan menempatkan Menariknya pada laga ini ialah tugas Marcos Alonso dan Hudson Odoi yang menjadi full winger. Tuchel tahu betul bahwa meskipun Azplicueta bertubuh kecil namun ia adalah pemain dengan tipe bertahan sementara itu Marcos Alonso yang bertipe menyerang diplot sebagai full winger berhasil memainkan perannya dengan baik bahkan dengan mencetak 1 gol.

Sementara itu Hudson Odoi yang selama ini lebih sering diplot sebagai Winger Forward dan Striker justru dimainkan sebagai full Winger. Salah satu faktor kenapa Tuchel memilih memainkannya di posisi ini ialah karena kecepatan dan stamina yang dimilikiNya.

Pada pertandingan ini Chelsea menang dengan skor 2-0 dengan mencatatkan lebih dari 19tendangan ke gawang lawan sementara mereka hanya mendapat 1 tembakan ke gawang mereka. Penguasaan bola pun menjadi milik Chelsea yang mendominasi pertandingan dengan presentase 71 % penguasaan bola Chelsea berbanding 29 % penguasan bola Burnley.

Dengan taktik ini Chelsea pun berhasil mengukir  Clean sheet di dua pertandingan awal Tuchel yang membuat pertahanannya Chelsea kini mulai menunjukan peningkatan sebab di awal musim masalah terbesar Chelsea ada di lini pertahanan mereka.

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Claudio