Cinta Itu Tak harus Memiliki


Cinta Itu Tak harus Memiliki 1

Setiap manusia tentu mempunyai rasa cinta kepada lawan jenisnya. Hal itupun hal yang manusiawi dalam kehidupan kita. Tanpa adanya cinta maka tidak ada pernikahan atau perkawinan serta keturunan. Karena itu, cinta adalah sesuatu yang dimiliki semua manusia dan akan diungkapkan dalam bentuk berpacaran sampai menuju pada pernikahan.

Namun, harus diakui bahwa cinta itu tidak melulu berbicara harus memiliki. Sering kita lihat ketika seorang pria menyukai seorang wanita dan menyatakan cinta kepadanya, namun ditolak si wanita maka si pria sakit hati dan marah. Bahkan bisa berujung pada dendam dan tindakan menghilangkan nyawa seseorang.

Itu adalah pertanda cinta yang tidak benar, cinta tidak sehat dan cinta yang harus memiliki. Harus diketahui juga bahwa cinta itu tidak harus memiliki. Jangan pernah marah ketika orang lain tidak menerima cintamu. Ketika mengalami penolakan ketika mengungkapkan rasa cinta, maka anggap saja itu bahan evaluasi atau introspeksi diri supaya lebih baik.

Tentu ada hal-hal yang menyebabkan mengapa cinta kita ditolak dan itu harus dicari tahu atau dievaluasi. Jangan pernah merasa sakit hati dan dendam ketika cinta ditolak. Cobalah berpikir positif bahwa cinta itu tidak harus memiliki. Cinta itu bukanlah paksaan tetapi tulus dari hati mau menerima pasangannya.

Ketika kita menyukai lawan jenis maka jangan terlalu banyak berharap dan memaksa. Kalau ditolak cintanya, maka anggaplah cinta itu sebagai teman saja, tidak lebih dari itu. Sebab itulah, kita harus bijak dalam memahami cinta yang ada dalam hati dan diri kita.

Ilustrasi via Pixabay
Ilustrasi via Pixabay

Jangan memaknai cinta itu salah dan memaksa. Cinta itu harus tulus agar akhirnya pun akan berbuah kebaikan. Perlu diketahui juga bahwa cinta itu bisa kita berikan kepada keluarga, kepada alam, satwa atau hewan dan kepada makhluk hidup lainnya.

Cinta itu tidak hanya melulu bicara kepada pasangan atau lawan jenis tetapi kepada semua makhluk hidup yang ada. Ibarat kita mencintai alam, maka kita lakukan hal-hal atau tindakan positif untuk merawat alam. Melihat alam dan merasakan keindahan dan dekapannya tanpa harus merusak dan mengeskploitasi alam itu.

Cinta kepada alam pun bukanlah cinta yang harus memiliki, tetapi cinta untuk menjaga dan merawat alam agar tetap asri, indah dan bisa dirasakan manfaatnya.

Sekarang, kita sudah tahu dan mengerti bahwa cinta itu tidak harus memiliki dan cinta itu kita berikan kepada semua makhluk hidup bukan hanya pasangan saja.


Digstraksi adalah platform menulis independen, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Juandi M

   

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Copy link
Powered by Social Snap