Cintamu Kedaluwarsa? Film Netflix Sweet & Sour dan Dilema Pekerja Kantoran

Cintamu Kedaluwarsa? Film Netflix Sweet & Sour dan Dilema Pekerja Kantoran 1

Netflix saat ini terus mengeluarkan film baru dari berbagai jenis genre, mulai dari aksi, petualangan, horor, hingga drama romantis. Banyak kalangan masyarakat yang menikmati film atau drama dari Netflix karena memang ceritanya yang dekat dengan kehidupan sehari-hari. Apalagi penonton dari kalangan pekerja kantoran, yang sehabis pulang kerja langsung istirahat dan ditemani tontonan film sekali habis.

Film garapan Netflix kali ini menyuguhkan cerita tentang pekerja kantoran. Siapa sih yang menyangka kalau kita ditempatin kerja yang jauh dari rumah? Mungkin juga kita rela kerja keras agar bisa sukses dan naik jabatan kelak.

Nah, Film Sweet & Sour ini menyajikan cerita yang sangat erat dengan kehidupan para pekerja kantoran. Mengisahkan Jang Hyeok (Jang Ki-Yong) yang harus rela bekerja jauh dari tempat tinggalnya supaya bisa diangkat jadi pegawai tetap di sebuah perusahaan ternama.

Sumber: https://mydramalist.com/photos/Qonkg_3
Sumber: https://mydramalist.com/photos/Qonkg_3

Jang Hyeok memutuskan pindah ke perusahan yang lebih besar dengan status karyawan magangnya untuk menjadi karyawan tetap di kota. Jang Hyeok harus menghabiskan waktu dari pagi hingga malam hari untuk bekerja. Setiap paginya, Jang Hyeok pun rela terkena macet demi meraih impiannya tersebut.

Waktu yang dihabiskan bersama pasangannya, Jung Da-Eun (Chae Soo-Bin), menjadi sangat sedikit, bahkan hanya tersisa rasa lelahnya saja.

Proyek besar yang didelegasikan ke karyawan menuntut para karyawan untuk bekerja ekstra lebih hingga harus mengambil lembur. Di Indonesia pun begitu, banyak karyawan yang rela mengambil lembur agar bisa meningkatkan kinerjanya. Letihnya pekerjaan itu dialami oleh Jang Hyeok yang harus bekerja hingga malam hari untuk menyelesaikan proyeknya.

Hubungan LDR antara Jang Hyeok dan Jung Da-Eun berdampak pada renggangnya hubungan mereka. Apalagi kalau pekerjaan menuntut kita merampas waktu bersama keluarga di rumah demi proyek besar yang dijalankan perusahaan. Itulah yang dialami Jang Hyeok selama bekerja di perusahaan yang baru.

Konflik utama yang disajikan dalam film ini tentunya bukan hanya dari lelahnya pekerjaan, tapi isu perselingkuhan. Lelahnya pekerjaan Jang Hyeok sebagai karyawan magang ditemani wanita cantik yang bernama Han Bo-Yeong (Krystal). Kelakuan konyol Han Bo-Yeong terus menghantui Jang Hyeok hingga akhirnya Jang Hyeok kesemsem juga.

Han Bo-Yeong sendiri juga karyawan magang di perusahaan Jang Hyeok, jadi Jang Hyeok banyak bekerja sama dengan Han Bo-Yeong untuk menyelesaikan proyek di perusahaan itu. Han Bo-Yeong yang terus mendekati Jang Hyeok pada awalnya tidak diperhatikan sama Jang Hyeok. Tapi dengan kondisi pekerjaan yang melelahkan dan momentumnya hanya Han Bo-Yeong yang bisa menghibur Jang Hyeok, bisa oleng juga perasaan Jang Hyeok.

Kunci utama dari sepasang kekasih yaitu adanya komunikasi yang baik satu sama lain. Komunikasi antara Jang Hyeok dan Jung Da-Eun juga tertutup, bahkan di masalah-masalah kecil karena saling tidak terbuka malah jadi salah paham. Mereka hanya fokus memikirkan gimana caranya ingin dimengerti. Tapi buat mengerti pasangannya saja sama-sama sulit.

Masalah demi masalah terus menghantui Jang Hyeok dan Jung Da-Eun hingga akhirnya cinta mereka terasa seperti sudah kedaluwarsa. Ibarat kayak makanan yang sudah kedaluwarsa, pastinya sudah tidak enak lagi kan untuk dimakan.

Sesama pasangan, penting juga untuk menurunkan ego. Dalam Film Sweet & Sour, terlihat bahwa Jung Da-Eun harus banyak menurunkan egonya untuk dapat memahami kondisi Jang Hyeok yang sibuk.

Namun, penurunan ego ini juga harus didukung dengan komunikasi. Rasa sabar akan cepat hilang kalau pasangan kita tidak mengerti apa yang kita mau. Jadi, jangan lupa sesibuk-sibuknya kalian bekerja, komunikasi juga penting ya!

Di Indonesia, masyarakat juga banyak yang berasal dari kalangan karyawan atau buruh seperti Jang Hyeok. Pekerjaan menuntut kita untuk dapat menentukan sebuah risiko yang akan diambil. Jauhnya lokasi yang ditempuh ke tempat kerja, jauh dari pasangan, hingga karyawan lain yang menarik hati juga risiko yang mau tidak mau harus kita ambil.

Dilema itu sangat erat dengan mayoritas penduduk di Indonesia yang juga berasal dari karyawan. Sebelum masuk ke jurang perselingkuhan, kita juga harus ingat kalau selingkuh hanya kesenangan semata. Padahal, pasangan kita rela untuk suka dan duka bersama kita. Duh, jangan sampai ya kejadian seperti itu.

Film Sweet & Sour menawarkan konflik yang humanis dan ringan, diiringi dengan komedi yang mampu membuat penontonnya terpingkal-pingkal. Apalagi buat karyawan kantoran yang habis pulang kerja dengan rasa relahnya. Wah, cocok banget deh!

Jangan lupa, film ini juga menyajikan kejutan yang sangat tidak terduga. Alurnya yang rapi juga tidak membuat pusing penonton. Banyak pelajaran yang bisa diambil dari film ini, terutama bagi para pekerja kantoran yang telah memiliki keluarga.

Bagi kamu para pekerja kantoran, cintamu pada pasanganmu jangan kedaluwarsa yah!

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.