Ciptakan Pola Pikir Positif dan Rangkullah Perubahan Budaya dalam Hidup


Ciptakan Pola Pikir Positif dan Rangkullah Perubahan Budaya dalam Hidup 1

Budaya kita yang terus berkembang menuntut transformasi, dan dengan kecepatan yang jauh lebih cepat daripada di masa lalu .

Seringkali, ketika dihadapkan pada penyesuaian dalam hidup kita, hasilnya menjadi oke – bahkan bagus. Dan kadang-kadang, rintangan yang ditempatkan di jalan kita tampak lebih seperti ujian dengan pertanyaan retoris terbuka, seringkali meninggalkan kita dengan rasa kebingungan atau kurangnya arah.

Jadi, bagaimana kita membimbing diri kita sendiri melalui transisi yang tak terelakkan yang memengaruhi fokus dan tujuan kita – dengan ketidaknyamanan sesedikit mungkin?

Jawabannya mungkin terletak pada perspektif kamu tentang situasi dan orang-orang di sekitar. Karena kita semua memiliki pilihan dalam menentukan bagaimana menafsirkan keadaan dalam hidup kita.

Dan dengan kendali pribadi ini datang tanggung jawab untuk hasil akhir dari keputusan kita – terutama ketika perubahan yang tak terhindarkan itu mengharuskan kita untuk mengintegrasikan pengaruhnya ke dalam keberadaan dan masa depan kita.

Di sinilah kebanyakan orang terjebak.

Penyesuaian positif mudah untuk diakui dan diterima. Mereka biasanya progresif dan bermanfaat, menjadi tren yang disambut baik oleh mereka yang mengakui nilai mereka dan dampaknya terhadap masyarakat.

Dan kemudian ada gangguan yang meragukan, bahkan negatif yang menghalangi jalan dan fokus kita.

Ketika masalah atau orang yang tidak setuju muncul, kita sering dibiarkan bingung, kesal, dan teguh dalam penolakan kita untuk memberi mereka ruang untuk mengajukan kasus. Tapi pola pikir ini bisa membatasi, karena perubahan yang kita coba hilangkan mungkin akan terjadi dalam beberapa bentuk atau gaya – suka atau tidak suka.

Jadi, bagaimana kita memutuskan kapan, atau apakah, akan melompat ke kereta budaya dan menaikinya?

Ketika kemungkinan yang ditawarkan benar bagi kamu. Dan meskipun mungkin mendengar bunyi ping di telingamu, sebaiknya ingat bel tidak berbunyi untuk semua orang pada saat yang sama.

Peringatan yang adil: Membiarkan diri kamu terbuka, ingin tahu, dan mudah beradaptasi membutuhkan keberanian dan sedikit risiko. Mengapa? Karena sifat masyarakat kita adalah terus menantang cara kita berpikir, percaya, dan bertindak. Dan kebenarani ini menyentuh ketakutan dasar kita tentang betapa mudahnya pengaruh luar itu dapat mengganggu zona kenyamanan kita yang telah disusun dengan cermat.

Berikut adalah beberapa tip untuk membantu menavigasi jalan kemajuan yang bergelombang, dengan sesedikit mungkin luka dan memar.

  • Terima yang tak terhindarkan – Meskipun mengevaluasi perubahan hidup apa pun itu penting, biasanya ada saatnya informasi yang kamu terima memicu rasa kejelasan – pemahaman yang secara naluriah dikenali sebagai benar. Dan hanya kamu yang dapat menentukan titik kritis penerimaan itu – ketika kebenaran dan bukti melampaui mitos dan dugaan.
  • Akui bahwa tidak setiap perubahan mungkin tepat untuk kamu – Ketika perubahan dilemparkan ke arah kamu, mungkin sudah waktunya untuk mengambil rute lain. Misalnya, supervisor baru masuk ke dalam gambaran dengan rencana atau agenda berbeda yang tidak lagi sesuai dengan pekerjaan yang kamu pilih. Artinya, kamu dapat menerima dan beradaptasi dengan strategi baru, atau menganggap situasi sebagai sinyal – dan peluang untuk melangkah maju.
  • Rangkullah yang baru dan biarkan yang lama menemukan tempat di masa lalu – Dengan secara sadar mengadopsi pendekatan yang menarik, bahkan mendorong untuk berubah, kita secara efektif mengatakan pada diri sendiri bahwa segala sesuatunya akan baik-baik saja – bahkan disambut. Dan apa yang mulai berubah adalah sikap dan motivasi kamu, yang berpotensi cukup untuk meninggalkan masa lalu saat Anda menyetel kembali pola pikir dan tujuan kamu.
  • Sadar dan perhatikan orang lain yang mengalami perasaan yang sama seperti kamu – Perubahan biasanya memunculkan orang yang berpikiran sama. Yang terbaik adalah memanfaatkan persahabatan orang lain untuk bersama-sama mempertimbangkan hasil yang positif.
  • Selalu bergerak menuju masa depan – Kita jarang memikirkan tantangan tak terlihat yang terjadi di sekitar kita, sampai tujuan tercapai. Misalnya, anak pohon muda di hutan berjuang untuk mendapatkan air, sinar matahari, dan ruang di dalam tanah untuk mengembangkan akarnya. Tanpa dukungan nutrisi yang diperlukan dan dorongan alami, tunas dapat menjadi daya tarik bagi serangga untuk menetap dan melemahkan pertahanan alaminya. Pergeseran cuaca dan eksposur yang tidak diketahui adalah pertempuran yang konstan. Dan hanya ketika pohon muda telah melampaui tantangan ini dan menunjukkan dedaunannya yang rindang dan rindang, kita memahami bahwa hasilnya sepadan dengan upaya untuk menang.

Pertimbangan, dorongan, dan komitmen berada dalam jangkauan pribadi kita.

Dan pedoman ini dapat menjadi teman yang dapat diandalkan di sepanjang perjalanan kita menuju kehidupan yang bahagia, memuaskan, dan bertujuan. Berikan kesempatan pada kemajuan positif – dan sesekali dorongan sepanjang jalan.


Dukung saya melalui: https://trakteer.id/jamkosong . Terima Kasih 🙂


Digstraksi adalah platform menulis independen, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

JamKosong

   

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Copy link
Powered by Social Snap