Coba Sunscreen Kualitas “Wah!” (honest review)

Coba Sunscreen Kualitas "Wah!" (honest review) 1

Hai girls! Siapa yang tidak kenal dengan sunscreen? Kalian yang senang memakai skincare pasti sudah tidak asing lagi dengan produk wajib yang menjadi step terakhir rangkaian skincare pagi ini. Kandungan SPF atau Sun Protector Factor di dalam sunscreen mampu melindungi kulit wajah kita dari paparan sinar UV Matahari yang menyebabkan kerutan dan penuaan sehingga wajib digunakan di akhir rangkaian skincare untuk melindungi kulit agar skincare yang sebelumnya diaplikasikan dapat diserap maksimal kandungannya (protecting).

Berbicara mengenai SPF di dalam sunscreen, ada beberapa pendapat yang mengatakan bahwa semakin tinggi kandungan SPF maka semakin lama perlindungan yang diberikan, padahal penggunaan sunscreen untuk berapa pun kandungan SPF-nya, harus secara berkala diaplikasikan ulang 2 sampai 3 jam sekali untuk memaksimalkan manfaatnya (re-apply).

Nah sebelum memakai sunscreen (dan rangkaian skincare lainnya) alangkah baiknya kalian mengetahui kondisi kulit wajah kalian, agar dapat memilih produk yang sesuai dan mendapatkan manfaat yang maksimal. Saya sendiri memiliki kulit kombinasi, yaitu cenderung kering di bagian pipi dan berminyak di bagian T zone (dahi, hidung, dagu). Lalu sunscreen apa yang saya pakai? Sejauh ini saya sudah mencoba 4 merek sunscreen yang harganya cukup terjangkau di kantong dan merasa puas dengan manfaatnya. Yuk, kita bedah satu persatu kelebihan dan kekurangannya.

Perlu diingat bahwa tulisan ini adalah murni ulasan berdasarkan pengalaman pribadi penulis ketika memakai produk.

1. Sunscreen Emina

Gambar: Emina Sun Protection SPF 30
Gambar: Emina Sun Protection SPF 30

Brand yang satu ini tentu sudah familiar di telinga kalian. Emina merupakan salah satu skincare yang diperuntukkan bagi remaja dengan harga terjangkau. Produk Emina ada bermacam-macam dan salah satunya adalah sunscreen, yang terdiri dari beberapa jenis dengan kandungan SPF yang berbeda. Nah produk yang pernah saya pakai adalah Emina Sun Protection SPF 30 (Sun Battle) dengan harga yang sangat terjangkau untuk ukuran 60 ml. Beberapa kelebihan dan kekurangan sunscreen ini di antaranya

  1. Bentuk cream gel dengan warna kuning pucat dan kandungan Aloe vera.
  2. Cukup mudah diratakan.
  3. Hasil akhir flawless dan sedikit matte, sehingga cocok untuk kulit berminyak dan tetap menimbulkan efek glowing yang tidak berlebihan.
  4. Baunya cukup menyengat dan saya sendiri kurang suka.

2. Sunscreen Garnier

Gambar: Garnier Bright Complete Super UV Matte
Gambar: Garnier Bright Complete Super UV Matte

Produk Garnier yang saya coba pertama kali adalah sunscreen-nya, yaitu Garnier Bright Complete Super UV Matte dengan kandungan SPF 50. Ketertarikan saya dikarenakan adanya label “Matte” yang tentunya tidak akan membuat wajah yang berminyak menjadi semakin terlihat mengkilap. Terdapat beberapa ukuran untuk sunscreen ini dan yang pernah saya coba adalah ukuran 15 ml dengan harga yang menurut saya sedikit pricey. Beberapa kelebihan dan kekurangan sunscreen ini adalah sebagai berikut.

  1. Matte finish sesuai labelnya sehingga sangat cocok untuk kulit berminyak karena tidak membuat wajah terlihat mengkilap.
  2. Kandungan vitamin C di dalamnya membuat wajah terlihat lebih cerah.
  3. Ada sedikit whitecast.
  4. Sangat perih jika terkena mata sedikit saja, sehingga jika akan membasuh wajah lebih baik dibersihkan dahulu dengan micellar water.

3. Sunscreen Wardah

Gambar: Wardah UV Shield Essential Sunscreen Gel SPF 30
Gambar: Wardah UV Shield Essential Sunscreen Gel SPF 30

Brand berlabel halal yang satu ini tentu tidak kalah terkenal di kalangan wanita. Wardah menyediakan series perawatan wajah dan juga sunscreen dengan berbagai kandungan SPF yang harganya bervariasi. Produk sunscreen yang pernah saya pakai adalah Wardah UV Shield Essential Sunscreen Gel SPF 30 dan menjadi sunscreen kesukaan saya yang kedua. Beberapa kelebihan dan kekurangan sunscreen ini antara lain 

  1. Bentuk cream dengan warna putih serta bau yang enak dan wangi.
  2. Tidak ada whitecast.
  3. Tampilan akhir sunscreen ini begitu flawless sehingga bagi sebagian orang dengan kulit berminyak mungkin kurang menyukai finishing sunscreen ini.
  4. Cukup sulit diratakan, tetapi setelah diratakan maka semakin lama akan meng-set di wajah dan menyatu dengan warna kulit.
  5. Agak perih jika terkena mata, tetapi masih cukup bisa ditoleransi.

4. Sunscreen Skin Aqua

Gambar: Skin Aqua UV Moisture Gel
Gambar: Skin Aqua UV Moisture Gel

Ini adalah sunscreen kesukaan saya sejauh ini! Skin Aqua adalah produk dari perusahaan bernama Rohto. Produk sunscreen yang dikeluarkan cukup bervariasi, yang dapat dipilih sesuai kondisi kulit wajah dan besar SPF berbeda-beda. Harganya juga cukup terjangkau untuk ukuran 40 gram. Saya sendiri saat pertama kali mencoba sunscreen Skin Aqua Moisture Gel langsung jatuh cinta karena memang sebagus itu! Sampai rasa-rasanya sunscreen ini tidak memiliki kekurangan.

  1. Tekstur cream tapi ringan dan mudah menyerap karena formulanya water based sehingga cocok untuk kulit berminyak.
  2. Mudah diratakan.
  3. Tidak ada whitecast.
  4. Hasil akhir agak matte tetapi semakin lama akan menjadi flawless dan membuat wajah cerah. Ini yang paling saya sukai karena semakin lama waktu pemakaiannya, semakin bagus hasilnya.
  5. Tidak perih jika terkena mata.
  6. Baunya wangi dan enak.

Nah itu dia, beberapa sunscreen yang pernah saya coba dan sedikit ulasannya. Tentunya ada lebih banyak sunscreen yang beredar di pasar, baik produl lokal maupun bukan, dengan variasi yang beragam. Saya sendiri ketika membeli sunscreen, akan mempertimbangkan kandungan, ukuran, dan pasti harganya, karena semahal apapun sunscreen-nya, kalau tidak dipakai secara berkala (rajin re-apply) maka manfaatnya tidak akan maksimal.

Jadi, jangan lupa pakai sunscreen dan rajin re-apply saat siang hari, ya!

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Robiah Oktiavi