Cobain, 5 Kuliner Khas Temanggung

Cobain, 5 Kuliner Khas Temanggung 1

TEMANGGUNG berada dekat berbatasan dengan Kabupaten Wonosobo, dan Magelang, yang terkenal dengan panorama pemandangan alamnya yang sangat indah.

Selain terkenal dengan panorama alamnya yang mempesona, Temanggung juga memiliki wisata kuliner yang tak kalah menariknya untuk kalian coba.

Jika kalian dari Jogja, kalian harus menempuh perjalanan melewati Kota Magelang, ke arah Semarang Jawa Tengah. 

Berikut beberapa wisata kuliner menarik di Kabupaten Temanggung yang tak salah kalian coba untuk mengisi waktu liburan kalian agar semakin lengkap.

Kupat Tahu Magelang

Cobain, 5 Kuliner Khas Temanggung 3

Kuliner yang satu ini sudah tak asing lagi di telinga, meskipun kupat tahu ini populer di Magelang dan berasal dari Kota Borobudur, namun baik Magelang maupun Temanggung letaknya tak berjauhan dan keduanya memiliki kuliner yang tak jauh berbeda.

Kupat tahu ini juga tersedia sepanjang wilayah Temanggung, citarasa nya juga tak jauh berbeda. Kalian bisa mencoba kuliner ini sembari mengisi waktu liburan kalian sembari menikmati pemandangan alam di Kabupaten Temanggung.

Kupat tahu merupakan kuliner menarik yaitu perpaduan antara kupat atau nasi yang dibungkus dengan janur seperti waktu lebaran, dan kemudian ditambah dengan potongan tahu yang sudah diberikan bumbu sehingga rasanya lebih lengkap.

Sego Gono

Cobain, 5 Kuliner Khas Temanggung 4

Jika kalian berada di Temanggung, tak ada salahnya mencoba kuliner satu ini, bernama Sego Gono, atau bisa disebut kuliner nasi yang dicampur dengan sajian lain seperti ikan teri, kelapa, kacang panjang seperti nasi gudang yang kita kenal.

Rasanya memang tak jauh berbeda dengan nasi gudang, dimana juga menjadi sajian khas makanan Jawa Tengah, meski citarasa tak jauh berbeda dengan nasi Gono. Hanya saja ada campuran daun Lembayung yang membuat sajian kuliner ini lebih khas. 

Nasi Goreng Tembakau

Cobain, 5 Kuliner Khas Temanggung 5

Sesuai namanya, jika kalian mampir ke Temanggung tak ada salahnya mencoba kuliner satu ini. Kebanyakan kuliner nasi goreng mempergunakan telur atau ayam sebagai kombinasinya. Namun kuliner satu ini unik jika dilihat dari namanya.

Nasi goreng tembakau merupakan kuliner yaitu campuran antara tembakau srintil dengan tembakau biasa yang mampu menciptakan citarasa khas yang membuat lidah kalian pasti penasaran.

Meski tak seperti biasanya dan terlihat seperti tak lazim, namun kuliner satu ini menjadi buruan para pecinta kuliner, apalagi buat kalian yang sedang berada menjajaki wisata di Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah.

Lentho

Cobain, 5 Kuliner Khas Temanggung 6

Jika kalian berada di Temanggung, tak ada salahnya jika mencicipi kuliner satu ini, jika dilihat dari namanya memang sedikit unik, Lentho.

Ini merupakan kuliner sajian dengan bahan dasarnya adalah singkong yang sudah diparut atau dihaluskan. 

Singkong yang telah dihaluskan dicampur dengan bumbu yang sudah diramu dan dicampur dengan biji kedelai serta tepung tapioka yang kemudian digoreng, untuk menghasilkan rasa yang kriuk.

Kuliner satu ini bisa kalian nikmati sembari menikmati pemandangan alam di Temanggung sembari minum kopi atau ngobrol dengan temanz keluarga.

Iwak kali laras soropadan

Cobain, 5 Kuliner Khas Temanggung 7

Ini merupakan kuliner terkenal di Kabupaten Temanggung dengan bahan dasar nya ikan kali atau ikan disungai. Dimana kalian bisa mencoba kuliner satu ini dengan sajian aneka ikan kali yang kemudian di olah dengan dipadukan dengan sambel kosel yaitu sambel yang dibuat dari cabe rawit yang dicampur dengan bawang putih sehingga menghasilkan citarasa pedas yang membuatnya penasaran.

Nah itu tadi beberapa kuliner khas Temanggung yang bisa kalian coba.

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Susi Idayanti