Cobalah, Diet Sehat Selama Berpuasa


Cobalah, Diet Sehat Selama Berpuasa 1

Memiliki tubuh ideal menjadi idaman banyak orang di zaman modern ini. Mereka berlomba-lomba menerapkan pola hidup sehat seperti mengonsumsi makanan berserat, buah dan minuman sehat lainnya. Tidak lupa berolahraga rutin untuk menjaga kondisi tubuh tetap bugar meskipun beraktivitas berat.

Diet menjadi kata yang sering terucap untuk mereka yang merasa bertambah berat badannya. Namun, apakah aman jika diet selama bulan puasa? Apakah tidak akan mengakibatkan tubuh semakin lemas karena harus menjalani program diet dan kegiatan lainnya?

Jangan khawatir, kamu tetap dapat menjalankan puasa full meskipun sedang berdiet. Berikut ini ada beberapa langkah yang bisa dilakukan agar tetap segar bugar tanpa lemas selama berpuasa.

Mengonsumsi Makanan Bergizi Ketika Berbuka dan Sahur

Selalu menyediakan makanan kaya gizi serta berkarbohidrat sangat baik untuk berbuka dan sahur. Mulai dari kentang, gandum utuh hingga mengganti nasi putih menjadi nasi merah. Jangan lupa protein yang dapat diperoleh dari ikan, tempe, ayam, telur dan lainnya. Terdapat serat dari sayur-sayuran dan buah.

Olahan yang dihasilkan oleh bahan makanan diatas dapat memberikan stamina cukup. Dengan adanya protein dapat membantu mengurangi konsumsi makanan berlebih. Jangan sampai meninggalkan protein untuk mendapatkan berat badan ideal.

Mengurangi Konsumsi Gorengan

Gorengan tidak akan pernah ketinggalan ketika waktu berbuka tiba. Makanan satu ini selalu ada dan wajib di meja makan. Namun, sebaiknya dikurangi atau bahkan dihindari karena memiliki kandungan minyak yang tidak baik selama program diet.

Dalam gorengan mengandung lemak jenuh yang dapat menaikkan berat badan dan timbulnya kolesterol jahat (LDL). Hal ini dapat memicu timbulnya penyakit diabetes hingga jantung. Ambil aman saja, buatlah komitmen dengan diri sendiri berapa kali harus makan gorengan dalam kurun waktu berbuka sampai waktu sahur.

Tidak Berlebihan Ketika Makan

Makanlah secukupnya dengan porsi tidak berlebihan. Banyak diantara yang berpuasa memiliki intensitas makan yang banyak dan cepat karena seharian tidak dapat mengonsumsi apapun. Perilaku seperti ini perlu dihindari untuk tetap menjalankan program diet sehat selama berpuasa. Selain itu baik juga untuk pencernaan.

Dengan begitu program diet dapat tercapai hingga berat badan ideal. Tidak ada lagi keluhan berat badan naik selama puasa karena sudah menjalankan program diet sehat.

Berolahraga

Kemudian bagaimana dengan berolahraga? Apakah diperbolehkan selama berpuasa? Jika tetap ingin olahraga sebaiknya mulai dari waktu mendekati berbuka puasa. Seperti 30 sampai 60 menit menjelang berbuka karena tubuh akan segera mendapat asupan energi lagi.

Lakukanlah olahraga ringan seperti jogging, berjalan keliling perumahan dan bersepeda santai sembari berburu takjil. Tubuh tidak akan kelelahan secara berlebihan. Karena kemampuan tubuh seseorang berbeda-beda, maka kenali kondisi tubuh diri sendiri kapan siap untuk berolahraga dan tidak. Banyak juga yang melakukannya setelah berbuka puasa karena tubuh sudah mendapatkan asupan.

 ****

Tidak hanya berlaku untuk mereka yang ingin berdiet saja, kegiatan diatas dapat dilakukan oleh semua orang. Tanpa memandang diet atau tidak, semua orang perlu menjalankan hidup sehat baik selama puasa atau hari biasa.

Supaya tubuh tetap sehat dan bugar untuk berkegiatan seharian. Jangan lupa untuk senantiasa mengecek kadar gula darah dalam tubuh sehingga dapat melakukan pencegahan sejak dini tanpa harus menunggu keluhan sakit terlebih dahulu.


Digstraksi adalah platform menulis independen, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Devi Nur

   

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Copy link
Powered by Social Snap