Cocok Buat Anak Kos! Resep Oseng Tahu Telur Kecap yang Mudah Dibuat Kapanpun


Cocok Buat Anak Kos! Resep Oseng Tahu Telur Kecap yang Mudah Dibuat Kapanpun

Mau makan enak tapi dompet sudah menipis? Eits, tidak perlu masak mie instan. Bermodal tahu, telur, dan kecap, resep ini bisa menjadi penolong kamu untuk berhemat.

Tahu dan kecap, pasti enak. Telur dan kecap, itu favorite semuanya! Kalau tahu, telur, dan kecap digabungin? Wah dijamin mau nambah terus! Langsung aja yuk bikin sendiri.

Bahan-bahan yang diperlukan

  • 200 gram tahu kuning, atau tahu jenis apapun (pilih yang tidak mudah hancur)
  • 2 buah telur (tapi, kalau lagi berhemat bisa 1 buah telur aja kok)
  • 2 sampai 2 ½ sdm kecap manis
  • 1 sdm saus tiram
  • 1 sampai 2 buah bawang putih
  • Sedikit minyak goreng

Optional :

  • Cabai merah dan cabai rawit sesuai selera

Cara membuat

Potong tahu membentuk dadu, cincang bawang putih, dan iris cabai

Sebelum memasak, kita potong terlebih dahulu tahunya membentuk dadu. Selanjutnya cincang bawang putih sekecil mungkin, bisa membentuk dadu kecil atau diparut. Tidak lupa kita iris cabai agar nanti tinggal dimasukkan ke dalam oseng tahu telur.

Campurkan tahu dengan telur

Siapkan wadah lalu masukkan tahu yang sudah dipotong-potong. Setelah itu, masukkan telur yang sudah dikocok lepas. Pada proses ini, tahu dan telur diaduk balik secara perlahan menggunakan spatula.

Tumis bawang putih dengan sedikit minyak goreng

Bawang putih yang sudah dicincang, kemudian ditumis sebentar saja menggunakan sedikit minyak goreng. Pastikan bawang putihnya tidak sampai gosong (kalau gosong, nanti bawang putihnya meninggalkan rasa pahit). Setelah itu, angkat dan sisihkan.

Oseng tahu dan telur, lalu tambahkan kecap manis, saus tiram, irisan cabai, dan tumisan bawang putih

Masih di wajan yang sama, tambahkan sedikit minyak lalu panaskan. Masukkan tahu dan telur, oseng hingga telur sedikit kecoklatan. Tambahkan kecap manis, saus tiram, irisan cabai, dan tumisan bawang putih. Setelah matang, sajikan dalam piring.

Jika tidak punya saus tiram, pakai kecap asin atau sedikit garam saja juga cocok. Kecap manisnya pun bisa dikurangi atau ditambah sesuai keinginan.


Wah, oseng tahu telur kecap sudah siap untuk disantap. Cocok banget menjadi teman nasi putih, apalagi kalau anget-anget. Prosesnya cepat dan rasanya juga enak, dijamin ketagihan. Selamat menikmati!