Contoh Kata Pengantar Makalah

contoh kata pengantar

– menjadi bagian penting dan sangat dibutuhkan oleh para pemula. Pasalnya jenis tulisan yang satu ini dapat membantu Anda sebagai untuk melengkapi karya tulis ilmiah atau bahkan karya populer yang tengah Anda tulis.

Jika dilihat dari segi penempatannya, kata pengantar umumnya ditempatkan di bahkan depan.

Selain itu keberadaannya pun dikenal sebagai ucapan rasa syukur atau terima kasih karena proses penulisan yang dilakukannya telah selesai.

Peletakan kata pengantar di bagian depan itu bertujuan agar pembaca dapat mengetahui bahwa proses penulisan itu bukanlah perkara mudah.

Dalam hal ini ada tim dan penyusun yang membuat dan telah melewati banyak hal.

Selain itu, ucapan terima kasih juga diberikan pada beragam pihak yang telah turut membantu dalam proses pembuatannya.

Struktur kata pengantar

Contoh Kata Pengantar Makalah

Untuk membuat kata pengantar terdapat tiga struktur bagian utama yang dimilikinya.

Ketiga bagian tersebut terdiri dari bagian pembuka, isi dan penutup. Berikut penjelasannya :

Bagian pembuka

Bagian pembuka umumnya terdiri lebih dari satu hingga dua paragraf.

Pada bagian yang satu ini Anda akan menemukan ucapan terima kasih, yang dilakukan oleh tim atau bahkan penyusun.

Untuk ucapan terima kasih umumnya ditujukan bagi Tuhan Yang Maha Esa, kemudian pihak-pihak yang telah membantu proses pembuatan makalah atau karya tersebut.

Untuk urutan penyebutan dari pihak-pihak yang telah membantu tersebut umumnya ditentukan berdasarkan tingkat pengaruh yang dimilikinya.

Dalam hal ini, mereka yang memiliki peran besar dalam proses pembuatannya akan disebutkan pada bagian paling awal.

Seperti halnya pada tugas sekolah, yang mana sering kali pihak yang pertama disebut adalah guru setelah ucapan terima kasih pada Tuhan YME.

Bagian isi

Pada bagian yang satu ini, Anda dapat memberikan gambaran singkat mengenai sisi dari atau pun karya yang Anda tulis tersebut.

Karena itulah pada bagian awalnya sering kali dilakukan dengan menyebutkan nama judul dari atau karya itu sendiri.

Sedangkan bagian selanjutnya adalah pembahasan dari bagaimana proses penulisan tersebut dilakukan.

Untuk bagian isi sebaiknya dibuat secara singkat. Dalam hal ini hindari memberikan penjelasan secara mendetail dan panjang.

Karena hal tersebut dapat membuat pembaca merasa bosan atau bahkan tidak jadi membaca yang Anda tulis itu tadi.

Bagian penutup

Terakhir adalah bagian penutup, pada bagian yang satu ini umumnya terdiri dari permohonan maaf serta harapan dari pihak .

Permohonan maaf menjadi bagian penting, karena bisa jadi terdapat beberapa bagian yang salah dan ditemukan oleh pihak pembaca.

Sedangkan pihak dan pembaca sendiri tentunya tidak dapat bertatap langsung. Karena itulah permohonan maaf dilakukan agar pembaca dapat memaklumi bentuk ketidak sengajaan yang telah dilakukan oleh pihak .

Sedangkan harapan umumnya ditulis dalam bentuk pandangan atau bahkan potensi lebih lanjut dari atau hasil karya itu tadi.

Dengan kata lain, hasil yang telah dibuat tentunya memiliki peluang lain untuk pembahasan lebih lanjut yang dapat dilakukan oleh pembaca atau bahkan pihak lainnya.

Hal ini berkaitan dengan topik pembahasan yang memiliki beragam sisi menarik bagi para pembaca yang perlu dibahas dengan lebih dalam.

Berikut adalah :

Bismillahirahmannirahim, pertama-tama akan ucapkan terima kasih kepada Allah SWT Tuhan Yang Maha Esa, atas rahmat serta karunia-Nya hingga dapat menyelesaikan ini dalam waktu yang tepat.

Selain itu, penulis juga ingin mengucapkan terima kasih pada beberapa pihak terkait yang telah membantu proses penyusunan hingga selesai dibukukan.

Ucapan terima kasih penulis haturkan kepada Ibu Neni Herlina, S. Pd.i selaku guru pembimbing terbaik yang dengan sabar telah membantu penulis selama ini.

Kemudian terima kasih pula pada seluruh teman siswa Kelas VII B yang juga selalu memberikan semangat dari awal hingga akhir pembuatan .

ini dibuat dengan judul “Dampak Berbahaya Dari Penggunaan Ponsel Berlebih” sebab penulis melihat adanya beberapa dampak ngatif yang ditimbulkan dari penggunaan smartphone di lingkungan masyarakat.

Apabila suatu saat nanti ditemukan adanya kesalahan pada makalah ini, penulis harap pembaca dapat memakluminya.

Adapun dengan hadirnya makalah ini, besar harapan penulis agar ia dapat bermanfaat bagi pembaca dan masyarakat luas lainnya.

Tertanda,

Penulis.

Demikianlah kiranya penjelasan singkat dan contoh sederhana dari  siswa yang dapat penulis jelaskan kali ini.

Baca Juga

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Andra Hermawan