Fungsi, Susunan, & Contoh Notulen Rapat

contoh notulen rapat

Dalam melakukan kegiatan pastinya yang paling penting dan wajib adalah . Ya, adalah suatu ringkasan mengenai jalannya pada saat itu dari mulai acara sampai pada akhir acara. ini ditulis oleh yang memiliki kemampuan yang baik dalam pencatatan. Anda juga ingin menjadi ? Lihat beberapa fungsi, susunan, dan contoh yang bisa Anda simak agar bisa lebih tepat dan lebih profesional nantinya. 

Apakah Fungsi dari ?

Fungsi, Susunan, & Contoh Notulen Rapat

Yang pertama harus Anda tahu adalah fungsinya dari itu sendiri sehingga Anda bisa memaknainya dengan lebih baik lagi.

  • Untuk Mendokumentasikan Hasil Keputusan Pada

Fungsi yang pertama adalah untuk mendokumentasikan hasil keputusan yang telah dilaksanakan pada . Hasil keputusan dari ini bisa dilihat di waktu mendatang untuk menindaklanjuti berbagai keputusan yang sebelumnya telah dilakukan.

  • Untuk Mengukur Kesuksesan suatu Pelaksanaan

juga sangat berguna untuk mengukur kesuksesan dari suatu pelaksanaan itu sendiri. Semakin baik dokumentasi dari maka berjalannya pun juga bisa dikatakan sukses.

  • Untuk Mendokumentasikan Keberjalanan
Baca juga  Bisa Karaoke Bersama Teman Menggunakan Aplikasi Zoom, Begini Caranya

Yang berikutnya adalah untuk mendokumentasikan keberjalanan rapat yang mana di dalam tersebut berisi tentang informasi lengkap dari acara rapat tersebut dari mulai tema, siapa yang hadir, bagaimana keputusan akhirnya, dan lain sebagainya.

 

Susunan

Yang pertama adalah kepala yang merupakan bagian pertama dari ini. Bagian ini harus ditulis pada awal-awal pembuatan itu sendiri. Kepala ini berisi beberapa poin berikut ini:

  1. Nama dan juga tema rapat yang akan dibahas
  2. Waktu acara rapat dilaksanakan yaitu memuat hari dan tanggal acara dilakukan. Jangan lupa untuk menyertakan waktu dalam bentuk jam juga.
  3. Tempat acara rapat dilaksanakan
  4. Dan yang terakhir adalah pihak-pihak yang terlibat dalam rapat seperti ketua, wakil ketua, sekretaris, seksi-seksi, notulis sendiri, dan juga nama-nama atau jumlah peserta rapat yang hadir.
  • Isi Notulen
Baca juga  Pentingnya Memahami Cara Berkomunikasi yang Baik dalam Dunia Kerja

Setelah bagian paling atas sudah ditulis sebagai pembuka maka selanjutnya adalah menulis isi notulen itu sendiri yang merupakan isi dari rapat yang sedang terjadi. Isi notulen ini menyangkut berbagai poin penting yang ada di dalam rapat dan disusun dengan sangat sistematis sehingga bisa dibaca pada waktu yang akan mendatang. Isinya dibagi menjadi 4 poin penting yaitu:

  1. Yang pertama adalah kalimat pembuka yang mendasari pembuatan notulen
  2. Selanjutnya adalah pembahasan pada rapat tersebut dari mulai inti rapat sampai pada beberapa pertanyaan dari peserta.
  3. Lalu pembacaan keputusan pada akhir acara rapat
  4. Dan yang terakhir waktu akhir acara atau penutup
  • Bagian Akhir Notulen

Dan yang terakhir adalah bagian akhir notulen yang menjadi penutup dari proses notulen tersebut dan bisa menjadi suatu kesimpulan dari notulen yang telah ditulis dalam isi di atas. Pada akhir notulen ini juga disertakan nama jabatan, kolom tandatangan, dan nama orang yang bertandatangan di notulen tersebut.

  • Tanda Tangan
Baca juga  Sharing Printer Kantor Bermasalah ? Hanya Perlu Hapus File ini

Dan yang terakhir adalah tanda tangan dari pihak-pihak perwakilan dalam rapat misalnya adalah ketua rapat, wakil ketua rapat, sekretaris, dan juga perwakilan peserta rapat pada saat itu serta yang tak kalah pentingnya adalah tandatangan dari notulis itu sendiri.

 

Contoh

Jika berbicara contoh, ada banyak sekali contoh yang harus Anda tahu. Dari yang tingkat kecil saja misalnya karang taruna, OSIS, desa, puskesmas, seminar, , dan masih banyak yang lainnya. Intinya sama saja akan tetapi untuk isi dari notulen tersebut yang membedakan antara satu dengan yang lainnya.

Penutup

Itulah beberapa penjelasan yang cukup singkat akan tetapi lengkap mengenai dan juga contoh sehingga kini Anda sudah semakin tahu. Kini Anda sudah mengetahui sehingga pada pelaksanaan rapat sekecil apa pun biasakan untuk membuat notulen rapat. Semoga beberapa penjelasan di atas dapat bermanfaat untuk Anda semua yang membaca artikel ini.

Baca Juga

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Andra Hermawan