Fungsi & Cara Membuat Contoh Surat Keterangan Kerja

contoh surat keterangan kerja

Saat ini banyak orang yang mencari contoh keterangan  karena harus membuatnya secara mandiri.

Padahal keterangan itu sendiri bisa Anda dapatkan dari perusahaan tempat Anda bekerja dengan mudah.

Dalam hal ini Anda hanya tinggal memintanya saja pada bagian HRD, maka mereka pun akan membuatkannya untuk Anda.

Karena sekali pun Anda pegawai tetap atau bahkan pegawai kontrak, Anda tentunya tetap berhak untuk mendapatkan keterangan tersebut.

Saat ini banyak orang yang menganggap bahwa keterangan hanya bisa didapatkan ketika Anda telah keluar dari perusahaan tersebut saja.

Namun faktanya tidaklah demikian, karena Anda yang masih aktif bekerja pun bisa mendapatkan keterangan yang menyatakan bahwa Anda masih aktif bekerja di tempat tersebut.

Fungsi keterangan

Fungsi & Cara Membuat Contoh Surat Keterangan Kerja

Ada beberapa fungsi yang ditunjukkan oleh keterangan di antaranya :

Keterangan dari Kinerja atau PHK yang baik

Pada keterangan bukan hanya data karyawan saja yang ada di dalamnya, tetapi juga terdapat penilaian yang menyatakan bagaimana kinerja dari karyawan itu tadi selama bekerja di perusahaan tersebut.

Untuk mendapatkan keterangan yang satu ini, maka karyawan yang akan keluar pun harus mengajukan pengunduran diri dengan cara yang baik dan juga berkelakuan baik selama bekerja di tempat tersebut.

Sebagai bentuk apresiasi dari perusahaan

keterangan juga dapat digunakan sebagai tanda apresiasi. Hal ini umumnya dirasakan oleh mereka yang masih memiliki usia di bawah 25 tahun dan kerap kali berpindah-pindah dari tempat yang satu menuju tempat lainnya.

Alasannya sendiri terbilang sederhana yaitu ingin mendapatkan pengalaman atau bahkan tantangan baru.

Dengan adanya tersebut, maka pihak perusahaan baru yang tengah dilamar olehnya pun dapat mempertimbangkan dengan pasti mengenai kemampuan yang Anda miliki.

Tidak hanya itu, mengeluarkan surat keterangan juga memiliki fungsi yang baik bagi pihak perusahaan.

Pasalnya dengan adanya surat tersebut, maka perusahaan tersebut pun akan dinilai memiliki kredibilitas dan menjadikan perusahaan yang dimilikinya lebih dipandang oleh perusahaan lainnya.

Persyaratan untuk jaminan sosial, pajak hingga perbankan

Fungsi lainnya dari itu dapat disesuaikan dengan peruntukkannya. Hal ini berkaitan dengan format dari yang terbilang beragam.

Ada surat keterangan yang dikeluarkan apabila Anda telah berhenti bekerja dan ada pula surat yang diberikan ketika Anda masih aktif bekerja.

Bagi mereka yang masih aktif, surat keterangan tersebut umumnya dibutuhkan sebagai bentuk jaminan sosial, jaminan atas pembayaran pajak atau bahkan cicilan yang dilakukan pada bank dan lainnya.

Sedangkan yang dibuat setelah keluar dari perusahaan umumnya digunakan sebagai rekomendasi untuk melamar di perusahaan lainnya.

Syarat administrasi untuk perekrutan selanjutnya

Fungsi lainnya dari surat keterangan adalah sebagai syarat administrasi untuk proses perekrutan selanjutnya.

Dalam hal ini pihak HRD umumnya meminta surat keterangan untuk melihat dan menilai sejauh mana kemampuan serta pengalaman yang Anda miliki pada bidang tertentu atau bidang yang sesuai dengan apa yang tengah dilamarnya.

Surat keterangan sebagai syarat administrasi juga tidak hanya diminta pada saat melamar pekerjaan saja.

Karena ada pula di antaranya beberapa sekolah yang juga turut meminta syarat tersebut sebagai salah satu syarat akademik yang harus dipenuhi oleh para calon siswanya.

Syarat pengajuan beasiswa

Selain syarat administrasi untuk masuk ke sekolah tertentu, beberapa pihak yang memberikan beasiswa juga memberikan syarat khusus bagi para pemohon beasiswa.

Seperti halnya syarat pengalaman . Dengan kata lain, mereka yang memiliki persyaratan telah bekerja selama sekian tahun pun bisa mendapatkan beasiswa dengan lebih mudah.

 

Baca juga  Cara Memperbesar Ukuran PDF Dengan Mudah

Cara membuat

Fungsi & Cara Membuat Contoh Surat Keterangan Kerja

Bagi Anda yang hendak membuat , berikut ini adalah beberapa poin penting yang harus ada di dalamnya, seperti :

  • Kop surat perusahaan yang umumnya terdiri dari nama, alamat, logo serta nomor yang dapat dihubungi dari perusahaan itu tadi.
  • Nomor serta perihal surat
  • Keterangan berupa tanggal dibuatnya surat
  • Keterangan dari identitas karyawan
  • Informasi yang berkaitan dengan kinerja karyawan
  • Informasi yang berkaitan dengan alasan berhentinya karyawan tersebut
  • Tanda tangan dari pihak pemimpin perusahaan

Itulah kiranya penjelasan singkat mengenai fungsi serta cara membuat contoh  yang dapat jelaskan kali ini. 

Baca Juga

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Andra Hermawan