Cuek? Ini Sebab Kenapa Foto Orang Zaman Dulu Jarang Tersenyum

Cuek? Ini Sebab Kenapa Foto Orang Zaman Dulu Jarang Tersenyum 1

Halo para pembaca yang setia. Pernahkah kalian memeriksa koleksi kuno di laci atau almari rumah kalian dan tak sengaja menemukan beberapa foto keluarga zaman dulu?

Apakah kalian berhasil mengamatinya dengan baik? Dan menemukan perbedaan dengan jenis foto zaman sekarang?

Sumber gambar : pinterest
Sumber gambar : pinterest

YA! Kalian benar. Pasti kebanyakan warnanya hitam putih. Atau usang. Dan untuk beberapa foto resmi, kesannya orang-orang di dalam sana nampak serius dengan wajah tanpa ekspresi sama sekali. Datar-datar saja. Tidak ada senyuman, bahkan sunggingan gigi. Lantas mengapa hal tersebut bisa terjadi bahkan hampir di seluruh dunia juga melakukan hal yang sedemikian rupa? Tentu ada sejarahnya dong, seperti dilansir dari laman Liputan6, simak penjelasan berikut.

1. Proses Pengambilan Foto yang Tidak Sebentar

Berbeda dengan zaman ini yang apa-apa sudah serba modern dan canggih. Serba mudah, terjangkau, dan cepat, zaman dahulu justru kewalahan meski dalam mengambil satu foto saja.

Kalau sekarang anak jaman now bisa jepret sana jepret sini, selfie sana selfie sini di tempat mana saja sekalipun ga wajar, ekstrim, terkesan gila, tapi yah yang penting happy. Berasa kebebasan dunia ada di tangan semua orang. Padahal orang zaman dulu untuk berfoto saja rumitnya minta ampun. Butuh waktu yang lama dan tidak semudah menekan satu tombol di layar gadget semata.

Menurut Todd Gustavson, kurator teknologi di Museum George Eastman, “Jika Anda melihat proses awalnya, itu akan sangat rumit. Hal yang paling lama untuk dilakukan adalah proses pengaturan cahaya,”.

Mungkin karena hal itu lah subjek yang difoto tidak tersenyum. Kelamaan nunggunya sih. Jadi pegel dah itu mulut.

2. Tersenyum saat Foto Adalah Hal yang Tidak Sopan

Sumber gambar : pinterest
Sumber gambar : pinterest

Katanya kalau tidak senyum saat bertegur sapa, biasanya kita akan dianggap sedang dalam kondisi tidak baik, sengaja tidak dengar, atau sombong? Karena ciri khas keramahan biasanya adalah saling melempar senyum untuk menghangatkan hati dan sebagai bentuk ciri manusia yang baik, namun tidak dengan kaum bangsawan jaman old. Mereka malah menganggap hal tersebut sebagai suatu sikap yang tidak sopan.

Menurut Christina Kotchemidova yang merupakan profesor dalam studinya tentang budaya dan komunikasi, pernah menulis sejarah senyuman di dalam fotografi, bahwa fotografi adalah suatu kegiatan yang sama seperti saat dilukis, artinya kegiatan tersebut terkesan penting dan mesti dianggap serius serta tentu saja tidak boleh senyam-senyum, apalagi diremehkan.

Maka dari itu, fotografer akan mencipta gambar dengan memberi arahan pada subjek untuk tenang agar gambar yang dihasilkan tampak elegan.

3. Karena Kondisi Gigi yang Kurang Baik

Menurut Angus Trumble, Direktur National Portrait Gallery di Canberra, Australia, dan penulis A Brief History of the Smile, ia meyakini bahwa kondisi gigi buruk adalah salah satu faktor untuk tidak tersenyum saat difoto meskipun banyak orang yang meragukan dan tidak sependapat dengannya.

Angus menyatakan jika orang akan menutup kekurangannya saat difoto jika terdapat masalah pada gigi mereka, dan hal ini wajar terjadi.

4. Tersenyum Adalah Kebiasaan Kalangan Bawah

Sumber gambar : pinterest
Sumber gambar : pinterest

Kebiasaan tersenyum adalah kebiasaan masyarakat kalangan bawah, sebab para keluarga kerajaan atau bangsawan tidak perlu kebiasaan sederhana tersebut apalagi ketika difoto, agar kesannya tidak main-main pula.

5. Karena Tersenyum bisa Merusak Hasil Foto

Berfoto pada zaman dulu merupakan kegiatan yang langka dilakukan oleh banyak orang. Karena biayanya yang mahal dan prosesnya yang rumit, jarang diminati oleh mereka yang berada dalam tingkat finansial bawah.

Oleh sebab itu, mereka yang berfoto tidak membuat senyuman agar hasilnya pun tidak rusak.

Nah itu dia para pembaca, gimana? Mau mencoba model foto seperti orang zaman dulu lagi? Tanpa senyum, kayaknya kurang asik yah?

Oke lah, semoga bermanfaat. Sampai jumpa lagi 🙂

Referensi :

https://m.liputan6.com/global/read/3685415/ini-5-alasan-mengapa-foto-orang-zaman-dahulu-tak-pernah-senyum

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Soreane Sore