Cycle Vent, Benda yang Sering Kita Lihat Namun Tidak Tahu Banyak

Cycle Vent, Benda yang Sering Kita Lihat Namun Tidak Tahu Banyak 1

Halo halo semuanya! Pada kesempatan kali ini kita akan mengulik sesuatu yang mungkin dan bahkan sering sekali kita lihat namun jarang diketahui oleh kebanyakan orang.

Nah, sebenarnya banyak sih ya benda-benda dan hal lainnya yang sering kita dapati dalam keadaan seperti ini. Namun, untuk kali ini kita akan bahas benda yang satu ini

Cycle Turbine Ventilator a.k.a Cycle Vent
Cycle Turbine Ventilator a.k.a Cycle Vent

Ada yang tahu benda apakah itu? Sudah pasti banyak yang pernah atau sering melihat benda ini kan?

Yup, namanya adalah Cycle Turbine Ventilator atau orang lebih sering menyebutnya dengan Cycle Vent.

Mungkin awalnya akan banyak pertanyaan yang terbersit di dalam otak kita kira-kira seperti ini:

“Itu benda apa sih kok kaya muter-muter terus, fungsinya buat apaan coba?”

Saya sendiri mengakui pertanyaan tersebut pernah lama bersemayam di dalam pikiran saya dan muncul ke permukaan setiap saya tidak sengaja menoleh ke arah benda itu. Cycle Vent kerap kali berada di atas sebuah bangunan tinggi seperti pabrik dan ruko-ruko di sekitar kita.

Kalian tahu fungsinya untuk apa?

Fungsinya untuk membuat sirkulasi dan pertukaran udara dari dalam ke luar bangunan atau lebih mudahnya membuang hawa panas yang terpendam di dalam ruangan ke luar dan begitu seterusnya. Cara kerjanya sebenarnya cukup sederhana yaitu udara atau hawa panas yang berada di dalam ruangan yang memiliki kecenderungan untuk memuai ke atas langit-langit suatu bangunan akan menekan sirip turbin di dalam cycle vent, dibantu oleh hembusan angin dari luar sehingga ventilator berputar secara simultan melakukan dampak usaha untuk mendorong hawa panas ke luar. Sebagai hasilnya panas dan lembab serta debu di dalam ruangan akan terkuras secara perlahan keluar.

Cara Cycle Vent bekerja
Cara Cycle Vent bekerja

Berbeda dengan musim panas atau cuaca panas, jalur keluar angin menuju cycle vent pada iklim dan cuaca bersalju harus diblokir untuk mengurangi hawa panas yang keluar untuk tetap menjaga kehangatan pada ruangan.

Pada pabrik atau suatu bangunan tertentu misalnya, cycle vent akan sangat efektif penggunaanya dalam mengurangi hawa panas dan pengap yang berlebih bahkan partikel debu yang dapat mengganggu kesehatan orang-orang di dalamnya. Cycle vent juga dipercayai dapat menekan biaya pemakaian listrik sebab minimnya biaya yang dikeluarkan untuk membantu menyejukkan ruangan.

Kelebihan cycle vent sendiri ada di zero electricity dan zero maintenance yang dimilikinya. Loh kok bisa gitu? Iya sob, sebab untuk pemakaiannya sendiri tidak memerlukan tenaga listrik untuk dapat menggerakan turbin dan melakukan sirkulasi udara alias zero power lah dan biaya perawatannya sendiri yang tidak terlalu mahal dan ribet dikarenakan bahan yang mudah ditemui dan keawetannya terhadap cuaca hujan dan panas terik matahari. Jadi boleh dong ya kita sebut zero maintenance hehe.

Kelebihan lain yang tidak kalah dari benda ini yaitu tidak berkarat dan tidak berisik karena kebanyakan cycle vent dibuat dari aluminium khusus yang tentunya so lite and silent. Kita bisa menemui cycle vent di atas pabrik, rumah ibadah, lapangan indoor fultsal, rumah makan dan lain-lain. Pokoknya bangunan-bangunan yang cenderung memiliki ketinggian lebih dari 2,5 meter dari dasar akan memiliki ini di atasnya.

So, banyak banget kan manfaatnya bila kita tahu itu dari awal?”Kalau aku tahu ini dari dulu, aku bakal sombong ke temen-temen sambil bilang itu namanya cycle vent and bla bla bla….

Asik kan ya kalo dipikir-pikir? Iya asik banget seandainya kita tahu itu dari dulu. Jadi yuk kita cari ilmu dengan terus membaca dan memanfaatkan IoT (Internet of Things), jangan diam-diam aja sambil rebahan. Mentang-mentang lagi liburan semesteran beh! 🙂

Jadi setelah ini setiap kali kita melihat ke arahnya maka berbanggalah sebab kita sudah mengetahui apa sebenarnya mereka dan alasan mereka terus berputar-putar tanpa lelah siang dan malam. Pertanyaan yang mengendap ini sudah terjawab maka berbahagialah. Yeayy! Akhirnya bisa tidur nyenyak 🙂 Mungkin sekian dulu untuk informasi kali ini ya. Terima kasih telah membaca, Semoga membawa manfaat untukmu ya! See You! Keep Healty dan Wealty!

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

andra_faris