Dagi Abhinaya, Piknik Cantik Dengan Pemandangan Borobudur Yang Eksotik

Dagi Abhinaya, Piknik Cantik Dengan Pemandangan Borobudur Yang Eksotik

Bicara soal Magelang tak akan lepas dari keindahan candi Borobudur. Candi megah seluas 123 m² ini memang selalu memikat wisatawan domestik maupun mancanegara. Sayangnya, di masa pandemi ini, pengunjung tak dapat menikmati candi Borobudur seperti biasa. Tak hanya jumlahnya yang dibatasi, pengunjung juga harus berpuas hati dengan hanya memandangi kecantikan Borobudur dari pelatarannya saja.

Protokol kesahatan yang ketat itu membuat banyak pelancong enggan berkunjung. Tapi kini, ada alternatif lain untuk menikmati keelokan candi Borobudur. Dagi Abhinaya, resto Manohara yang dikelola oleh PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko ini telah meluncurkan paket piknik cantiknya.

Dengan protokol kesehatan yang baik, wisatawan dapat mengagumi Borobudur dari ketinggian sembari menyantap sarapan maupun makan siang yang lezat khas Resto Manohara. Seluruh pelayan dan koki akan mengenakan face shield, masker dan juga sarung tangan. Pengunjung juga diwajibkan mengenakan masker, menjalani pengecekan suhu tubuh, mencuci tangan, dan menjaga jarak. Pengunjung juga harus memenuhi beberapa syarat untuk memesan paket piknik, seperti vaksin dan mengunduh aplikasi peduli lindungi. 

Baca juga  4 Fakta Pulau Satonda, Surganya Para Ilmuwan
Beberapa syarat untuk mengunjungi TWC termasuk kawasan Dagi Abhinaya (sumber: Ig @dagiabhinaya)
Beberapa syarat untuk mengunjungi TWC termasuk kawasan Dagi Abhinaya (sumber: Ig @dagiabhinaya)

Dengan konsep outdoor, pengunjung dapat merasakan piknik mewah dengan suguhan pemandangan bukit menoreh, pepohonan pinus, gunung Merapi, gunung Merbabu, dan stupa Borobudur yang menjadi poin utama. Sajian menunya membawa cita rasa mewah dengan sentuhan tradisional. Hidangan piknik akan dibuka dengan pisang bakar dan serabi kuah yang menggugah. Lalu pelayan akan menyuguhkan Sup Ikan Mekuah yang terbuat dari ikan dori berkualitas yang dilengkapi brokoli, kentang, tomat, serta saus kemangi.

Main dish dari menu piknik ini adalah Nasi Putri Manohara, nasi kismis dengan lauk daging sapi dan kurma yang kaya rempah-rempah. Setelah itu pengunjung dapat menyantap potongan buah segar dan kelapa muda utuh.  Bagi pecinta minuman tradisional, ada Wedang Rempah Senget yang mengkombinasikan berbagai rempah Indonesia seperti jahe, kunyit, serai, kapulaga, cengkeh, pandan, jeruk nipis, dan kayu manis.

Baca juga  Dieng Pesona Negeri Para Dewa
Beberapa hidangan andalan dari paket Picnic Breakfast di Dagi Abhinaya (sumber: Ig @dagiabhinaya)
Beberapa hidangan andalan dari paket Picnic Breakfast di Dagi Abhinaya (sumber: Ig @dagiabhinaya)

Selain suasana alam yang asri dan memanjakan mata. Dhagi Abhinaya juga menawarkan suasana etnik dengan live music gamelan yang memanjakan telinga. Pengunjung akan disambut oleh senyuman pramusaji yang mengenakan jarit dan blangkon. Beberapa menu makanan akan disajikan secara live cooking dan pengunjung dapat menunggu sembari mendengarkan story telling dari seorang guide mengenai “The Untold Borobudur”.

Setelah selesai menyantap makanan, pengunjung juga dapat bermain dakon (permainan tradisional Jawa), belajar membuat kerajinan tangan dari janur, membuat kerajinan batik dan gerabah, atau membuat camilan khas daerah Indonesia.

Story telling bertema
Story telling bertema “The Untold Borobudur” dari seorang guide (sumber: Ig @dagiabhinaya)
Pengunjung mencoba permainan tradisional Jawa (sumber: Ig @dagiabhinaya)
Pengunjung mencoba permainan tradisional Jawa (sumber: Ig @dagiabhinaya)

Harga paket piknik yang dipatok akan berbeda untuk turis lokal dan mancanegara. Pengunjung domestik hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp.370.000,00 untuk menikmati piknik berkelas dengan atmoster alam yang menakjubkan. Sementara itu, paket untuk turis mancanegara dibandrol dengan harga Rp.500.000,00. Harga paket piknik ini juga sudah termasuk tiket masuk candi Borobudur.

Baca juga  Sambut Awal Tahun dengan Berlibur di 7 Destinasi Wisata Alam di Bogor ini yuk!

Paket piknik dapat diambil dengan reservasi minimum untuk 2 orang. Untuk piknik makan siang, pengunjung dapat mereservasi paket Dhagi Abhinaya Shady Lunch. Sedangkan untuk paket sarapan bernama Dhagi Abhinaya Picnic Breakfast. Yang spesial dari paket ini adalah, pengunjung dapat menikmati sunrise yang indah di balik candi Borobudur sebelum mencicipi hidangan piknik.

Dhagi Abhinaya terletak di bukit Dhagi, Borobudur. Untuk masuk kesini pengunjung akan masuk melalui pintu khusus dari Candi Borobudur. Pengunjung akan langsung diantar dari lobi hotel Manohara menuju lokasi piknik. Reservasi maksimal dilakukan H-1 sebelum piknik. Informasi mengenai reservasi dapat dilihat di website manoharaborobudur.com.

Jika belum puas menikmati suasana bukit Dhagi, pengunjung dapat menginap di cottage yang telah disiapkan. Dagi Abhinaya menawarkan 5 cottage mewah dan eksklusif seharga Rp.2.400.000,00 yang memberikan kenyamanan layaknya resor bintang 5.

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Annisa Astri H.