Dampak dari komentar buruk warga net untuk Indonesia


Dampak dari komentar buruk warga net untuk Indonesia 1

Indonesia sejak dulu terkenal dengan keindahan alam, makanan, budaya, kerajinan, hasil alam, dan keramahan rakyatnya. Namun sangat sedih rasanya ketika Indonesia mendapatkan gelar sebagai negara paling tidak sopan di ASIA gelar tersebut didapatkan oleh Indonesia karena warga net indonesia yang sering kali mengeluarkan komentar kasar tanpa berpikir panjang terlebih dahulu, mereka tidak sadar jika hal tersebut akhirnya berpengaruh terhadap bangsa ini.

Indonesia adalah negara yang selalu terbuka untuk para wisatawan asing agar dapat menikmati keindahannya. Toleransi bangsa ini sudah banyak sekali berkurang bagai sudah lagi kesetaraan untuk saling menghargai dan perasaan untuk saling menghormati, bukankah negeri kita begitu besar dan memiliki begitu banyak budaya? Lalu mengapa kita lupa untuk membanggakan nya sebelum mempermalukan nya?.

Saya punya pertanyaan kepada semua warga net yang online di semua media sosial yaitu, apakah jari anda menggambarkan pemikiran anda?. Jika iya maka saya sama sekali tidak segan untuk mengatakan jika saya sangat malu dengan perbuatan saudara sebangsa saya, negara kita begitu dihormati karena keramahannya lantas mengapa ketika jari kita dapat merusak nya?.

Itu karena kita tidak berpikir panjang sebelum mengomentari sesuatu. Terkadang kita merasa menjadi orang yang paling tahu tentang segala hal di dunia ini padahal sebenarnya pengetahuan kita tidaklah lebih besar jika dibandingkan dengan buih-buih di lautan lepas.

Kenapa kita begitu suka merendahkan orang lain yang bahkan tidak kita kenal atau pun mengenal kita?. Beberapa waktu lalu saya sangat terkejut saat indonesia tiba-tiba mendapatkan dilontari banyak teguran dari berbagai pihak bahkan salah seorang teman saya yang ada diluar negeri mengatakan jika saya harus lebih berhati-hati saat menggunakan media sosial saya, segera saya mencari informasi tentang apa yang terjadi dan ternyata inti dari masalahnya adalah karena warga net indonesia mengomentari kehidupan pribadi orang luar negeri melalui media sosial.

Jika seandainya komentar yang sampaikan adalah kalimat yang baik dan bijak jelas tidak akan ada masalah. Tetapi sayangnya yang dilontarkan adalah ancaman dan hujatan, banyak dari warga net indonesia menghina orang tersebut bukan hanya orangnya tetapi juga negaranya tidak luput dari hujatan warga net indonesia, hal itu akhirnya menyulut amarah dari pihak orang yang dihina tersebut.

Reaksinya yang melibatkan hukum untuk membungkam ketikan jahat warga net indonesia menurut saya sama sekali tidak salah. Karena itu adalah caranya untuk membela dan melindungi diri serta bangsanya, yang membuat saya heran kenapa warga net begitu tertarik untuk mengomentari kehidupan pribadi mereka padahal itu sama sekali tidak ada hubungannya dengan kita.

Selama mereka tidak mengganggu kehidupan kita dan mereka tidak merugikan kita lalu apa masalahnya?. Mereka bahkan tidak melakukan sesuatu yang membuat negaranya merasa dirugikan, oleh karena itulah hukum di negara kita sangat melindungi mereka karena mereka memang tidak melakukan kesalahan.

Kepada semua saudara sebangsa ku tolong bijaklah dalam mengomentari sesuatu. Karena tidak semua negara memiliki peraturan dan adat yang sama dengan negara kita, jangan pernah menjadikan agama sebagai tameng untuk membenarkan hujatan yang kita lakukan jika kalian tidak menyukai suatu tindakan yang dibagikan oleh seseorang di akun media sosialnya cukup kalian menegur nya saja  tidak perlu untuk menghujat nya.


Digstraksi adalah platform menulis independen, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Niken Agustiani

   

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Copy link
Powered by Social Snap