Dampak Pemanasan Global Terhadap Siklus Lingkungan

dampak pemanasan global

Kita sering kali mendengar istilah dampak yang secara umum memiliki arti dunia ini mulai menampakkan suhu lebih tinggi dari suhu sebelumnya.

Memang benar secara sekilas tetapi, arti tersebut punya makna lain yang lebih mendalam terutama efeknya dengan .

Definisi

Dampak Pemanasan Global Terhadap Siklus Lingkungan

atau merupakan sebuah kejadian yang menunjukkan perubahan suhu bumi dari rendah ke suhu yang lebih tinggi karena faktor buatan yang merusak seperti penggundulan hutan dan penggalian sumber daya yang kurang bijaksana.

Secara umum, mulai terjadi signifikan pada tahun 1990 an dengan gejala awalnya yaitu melelehnya es di kutub dan membuat beberapa pulau hilang tertelan air laut yang besar.

Ketika itu, es yang mencair akan membuat volume air di lautan naik dan membuat pulau kecil hilang, kemudian terjadi perubahan flora.

lora yang ada di pulau hilang tersebut akan menurunkan kadar oksigennya dan membuat suhu di daerah tersebut sedikit naik.

Dengan adanya permulaan kejadian tersebut maka bumi yang telah tua ini menjadi semakin ringkih dan perbuatan semakin rakus membuat bumi sakit dan banyak kejadian yang berbeda.

 

Baca juga  Peran Millennial Dalam Menjaga Lingkungan

dengan

Dampak Pemanasan Global Terhadap Siklus Lingkungan

Melihat penjelasan di atas, kita sudah bisa menebak apa saja yang terjadi terhadap sekitar.

Salah satu dampak  adalah kejadian yang mencolok di Indonesia adalah yang mulai tak stabil.

Jika tahun 1990 an iklim di negara kita 2 musim dengan pembagian jangka waktu yang sesuai maka semakin tahun (masuk tahun 2000) mulai kacau.

Musim kemarau menjadi sangat panjang di beberapa tempat sedangkan musim penghujan menjadi sangat panjang juga di beberapa daerah.

Selain itu, hama tanaman menjadi lebih kebal karena mereka harus bertarung hidup dengan kondisi yang ada, sebagian karena pengaruh radiasi ultraviolet gelombang tertentu menjadikan gen pada fauna berubah.

 

Efek dengan Psikis

Dampak Pemanasan Global Terhadap Siklus Lingkungan

Jika suhu bumi meningkat maka orang akan merasakan kepanasan yang luar biasa dan berusaha mencari solusi agar tidak kepanasan, salah satunya dengan membuat alat pendingin ruangan yang bahan dasarnya diambil juga dari .

Hal tersebut akan membuat menjadi semakin ringkih karena terus ditanami banyak limbah tanpa ada perbaikan.

Selain itu, efek psikisnya yakni membuat mudah marah karena suhu yang panas akan membuat pikiran lebih meranggas.

 

Baca juga  Banyak yang Gak Sadar, Manusia Tak Dapat Hidup Tanpa 5 Hewan Ini

Hal yang Memicu

Dampak Pemanasan Global Terhadap Siklus Lingkungan

  1. Pemakaian Minyak Bumi Tak Bijak

Penggalian minyak bumi untuk keperluan dunia saat ini mulai menggila, efek pengolahan limbahnya yang tidak sesuai dengan aturan mengakibatkan naiknya gas buanga ke langit dan menyebabkan munculnya .

Dengan munculnya maka saat ini banyak pihak yang berlomba – lomba membuat energi cadangan alternatif.

  1. Penggundulan Hutan

Jelas sekali bahwa satu pohon akan menghasilkan kadar oksigen lumayan dan mampu menghidupi makhluk di sekitarnya.

Ketika oksigen berkurang maka suhu semakin tinggi karena tidak ada makhluk yang bekerja untuk mengolah karbondioksida menjadi oksigen (fotosintesis).

  1. Limbah Industri
Baca juga  Mencengangkan, Perubahan Iklim Bisa Pindahkan Kutub Bumi

Asap limbah industri terdiri dari gas beracun yang tidak bisa diolah ulang menjadi gas oksigen yang bermanfaat untuk pernafasan makhluk hidup.

Gas hasil industri tersebut akan naik ke atmosfer dan menjadikan lapisan penahan yang nantinya dikembalikan lagi ke bumi.

Lapisan tersebut dikenal dengan lapisan rumah kaca, gas yang kembali menjadikan suhu bumi lebih panas. Efek lainnya adalah lubang pada lapisan ozon semakin besar dalam menangkal radiasi berbahaya matahari.

 

Dampak Pemanasan Global Terhadap Siklus Lingkungan

Terbentuknya rumah kaca disebabkan karena gas yang dikeluarkan oleh bumi terhalang dan mengendap di ketinggian atmosfer tertentu.

Saat cahaya matahari yang masuk ke bumi dipakai untuk proses yang baik dan ternyata ketika akan kembali ke sumbernya terhalang oleh rumah kaca ini dan otomatis kembali lagi ke bumi.

suhu meningkat dan membawa dampak buruk dengan bumi.

Agar bumi kembali sediakala memang tidak bisa tetapi setidaknya jangan merusak dan menggalakkan penanaman pohon serta menghemat bahan bakar fossil atau menggunakan energi terbaharukan.

Baca Juga

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Andra Hermawan