Dampak Positif dan Negatif PJJ Pada Anak Didik dan Orang Tua


Dampak Positif dan Negatif PJJ Pada Anak Didik dan Orang Tua 1

Selama Pandemi Covid 19 saat ini, banyak sekolah-sekolah yang memberlakukan pembelajaran jarak jauh (PJJ). Hal ini tentu saja memberikan beberapa dampak terhadap pembelajaran anak didik di rumah. Apa saja dampak positif dan negative saat anak didik menjalani PJJ?

Menurut penelitian yang saya lakukan terhadap beberapa anak didik dari tingkat SD, SMP, dan SMA. Bahwa terdapat sisi negatif dan positif dalam pemberlakuan PJJ selama pandemi Covid 19 ini. Dampak negatifnya bagi anak, diantaranya.

  1. Anak jadi terbatas dalam berinteraksi sosial dengan teman-temannya.

Tidak di pungkiri pandemi Covid 19 saat ini, banyak membuat perubahan pada diri seseorang, terutama pada anak-anak. Kewajiban untuk menjaga jarak atau sosial distancing membuat anak merasa di bentengi oleh keterbatasan untuk keluar rumah atau berinteraksi dengan teman-temannya, mereka cendrung menghabiskan waktunya di rumah hanya untuk bermain gadget seharian.

  1. Anak kehilangan motivasi dan semangat belajar.

Keterbatasan dalam mendapatkan ilmu dengan cara maksimal membuat anak-anak menjadi malas dalam belajar, di tambah lagi dengan koneksi internet yang mengharuskan selalu stabil juga menjadi hambatan yang paling utama dalam proses pembelajaran.

  1. Kedisiplinan anak menjadi menurun.

Karena merasa segala aktifitas dilakukannya di dalam rumah, hal tersebut membuat anak merasa santai dalam setiap kegiatan yang harus mereka lakukan setiap harinya.

Dampak Positif dan Negatif PJJ Pada Anak Didik dan Orang Tua 3Dampak PJJ ternyata tidak hanya dirasakan oleh anak-anak saja, tapi juga dirasakan pada orang tua. PJJ membuat peningkatan biaya untuk system belajar daring. Selain itu, orang tua juga merasa kesulitan dalam mendampingi belajar dan memberikan motivasi belajar kepada anak-anak, terutama bagi orang tua yang bekerja dan mengharuskan untuk tetap ke kantor.

Sementara itu, dampak positif PJJ pada anak, mereka tidak habis waktu di jalan untuk berangkat kesekolah, sehingga waktu belajar lebih efektif, karena kegiatan mereka selalu di lakukan di didalam rumah mereka juga lebih aman dari situasi yang serba belum jelas.

Dampak Positif dan Negatif PJJ Pada Anak Didik dan Orang Tua 4

Sedangkan dampak positif PJJ bagi orang tua, mereka menjadi lebih mudah dalam mengontrol proses belajar anak. Selain itu, orang tua juga menjadi lebih tau dan mengenal anaknya, terutama dalam hal kemampuan akademik, sehingga hal tersebut membuat orang tua lebih mudah mengetahui bagaimana mengembangkan potensi anak untuk ke depannya.

Karena PJJ ini juga orang tua menjadi merasa aman karena anak-anaknya berada di dalam rumah.


Suka POST ini ? Bagikan ke temanmu !

HanifahAyuningtias

   

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments