Dana Desa: Pengertian, Kelebihan, Kekurangan, & Prioritasnya

Dana Desa: Pengertian, Kelebihan, Kekurangan, & Prioritasnya

Menurut Undang-Undang Desa, Dana Desa adalah dana yang bersumber dari APBN yang diperuntukan bagi Desa yang ditransfer melalui APBD Kabupaten/Kota dan digunakan untuk membiayai penyelenggaraan pemerintahan, pelaksanaan pembangunan, pembinaan, kemasyarakatan dan pemberdayaan masyarakat.

Menurut saya dengan adanya Dana Desa ini akan sangat menguntungkan karena selain dapat meningkatkan pendapatan desa dan masyarakat desa, Dana Desa juga berguna untuk mengatasi kemiskinan di desa, dapat mengurangi kesenjangan, dapat meningkatkan kualitas perencanaan dan penganggaran, dapat mendorong proses pembangunan infrastruktur di pedesaan dengan berlandaskan keadilan, dapat meningkatkan sarana pelayanan masyarakat.

Baca juga  Mengawal Tujuan Pembangunan Berkelanjutan

Meningkatkan saraa masyarakat yang dimaksud disini adalah berupa pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat, penguatan kelembagaan desa dan kegiatan lainnya yang dibutuhkan masyarakat desa yang diputuskan melalui Musrenbang Desa.

Adapun kekurangan dengan adanya Dana Desa yang pasti dapat memunculkan permasalahan baru, yaitu tidak sedikit masyarakat yang mengkhawatirkan tentang pengelolaan Dana Desa.

Baca juga  7 Menu Sarapan Dari Berbagai Negara

Pengelolaan Dana Desa ini berkaitan dengan kondisi perangkat desa yang kualitas SDM-nya masih dianggap rendah, dan masyarakat yang belum kritis atas pengelolaan anggaran pendapatan dan belanja desa (APBDesa) sehingga bentuk pengawasan yang dilakukan oleh masyarakat tidak dapat maksimal.

Dana Desa ini lebih dipakai atau diprioritaskan kepada pengembangan potensi ekonomi lokal guna meningkatkan kapasitas masyarakat desa dalam pengembangan wirausaha, peningkatan pendapatan, serta perluasan skala ekonomi masyarakat desa, untuk pembiayaan pelaksanaan program dan kegiatan berskala lokal desa yang tujuannya sebagai peningkatan kesejahteraan masyarakat desa dan kualitas hidup masyarakat desa serta penanggulangan kemiskinan yang terjadi di masyarakat.

Baca juga  Ganti Menteri, Ganti Kurikulum Baru

Prioritas Dana Desa dialokasikan untuk membiayai pemberdayaan masyarakat yang didasarkan atas kondisi dan potensi desa, sejalan dengan pencapaian target RPJMDes dan RKPDes setiap tahunnya.

Berdasarkan penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa seluruh kegiatan yang dibiayai Dana Desa telah direncanakan, dilaksanakan dan dievaluasi secara terbuka dan adil dengan melibatkan seluruh lapisan masyarakat desa, semua kegiatan juga harus dipertanggung jawabkan secara admistratif, secara teknis, dan secara hukum.

Dana Desa dipergunakan secara efisien, ekonomis, efektif, berlandaskan keadilan, terkendali, dan terarah.

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

salsabila putri j