Danau Terhebat di Nusantara

Danau Terhebat di Nusantara

Indonesia memiliki kekayaan alam yang luar biasa. Baik dari Timur maupun Barat, menyimpan begitu banyak ragam pesona keindahan alami. Sebagian besar kekayaan alam di bumi Indonesia masih terjaga sangat baik sehingga banyak wisatawan lokal maupun mancanegara ketagihan menjelajah alam yang terdapat di negara ini. 

Yang akan kita bahas di dalam artikel ini adalah salah satu tempat wisata yang tersohor dari Tanah Batak, Medan Sumatera Utara. Danau yang menjadi ikon dari kota Medan ini memiliki pesona yang tak ada habisnya. Ya, Danau Toba adalah salah satu destinasi wisata yang wajib dikunjungi ketika kamu berada di Sumatera Utara.  

Danau Terhebat di Nusantara

Danau Toba adalah salah satu danau terindah di dunia, suasana sejuk dan menyegarkan, hamparan air danau yang luas terbentang berwarna biru lazuardi dipadu dengan pemandangan hijau dari perbukitan yang mengelilinginya ditambah dengan pesona langit pagi dengan awan-awan atau pun malam dengan tebaran milyaran bintang. Indah bukan? itu hanyalah serpihan gambaran dari pengalaman perjalanan, akan lebih terasa jika kamu yang melihatnya sendiri. 

Baca juga  Fenomena Warna Danau Laguna Yang Penuh Limbah, di Paraguay

Danau Toba terletak di pegunungan Bukit Barisan. Memiliki luas sebesar 1.145 kilometer persegi yang menjadikannya danau terluas se-Asia Tenggara. Bahkan luas danau ini mengalahkan luas negara tetangga yaitu Singapura. 

Danau Terhebat di Nusantara

Danau Toba diperkirakan para ahli terbentuk setelah letusan gunung api super sekira 73.000-75.000 tahun lalu. Akibat letusan gunung api super (Gunung Toba) diperkirakan telah menyebabkan kematian massal dan kepunahan beberapa spesies mahluk hidup. Letusan Gunung Toba telah menyebabkan terjadinya perubahan cuaca bumi dan mulainya masuk ke zaman es sehingga mempengaruhi peradaban dunia.

Baca juga  Pesona 5 Tempat Wisata di Sulawesi Tenggara

Ditengah tengah danau ini terdapat satu pulau yang tak kalah indahnya. Pulau itu bernama Pulau Samosir. Banyak sejarah mengenai Pulau ini. Pulau ini merupakan pulau unik karena merupakan pulau vulkanik di tengah Danau Toba. Ketinggiannya 1.000 meter di atas permukaan laut. Pulau ini juga menjadi salah satu tujuan wisata wajib jika sudah di Danau Toba. Untuk menyebrangi danau menuju pulau ini, sudah tersedia banyak armada kapal atau boat yang bisa kita gunakan jasanya. 

Danau Terhebat di Nusantara

Setelah sampai di Samosir, Tomok adalah destinasi wisata yang wajib dikunjungi. Selain tempat jual beli pernak-pernik khas Danau Toba, Tomok juga menyimpan sejarah yang kental. Terdapat boneka kayu si gale-gale yang akan menari untuk para tamu. Boneka ini juga memiliki sejarah yang mengesankan.

Di tengah Pulau Samosir, masih ada lagi dua danau indah yang diberi nama Danau Aek Natonang dan Danau Sidihoni. Di Pulau ini, kita juga akan disuguhi pemandangan bukit-bukit berkabut dan air terjun yang sangat mempesonadan menyegarkan untuk berenang, dan masyarakat-masyarakat dengan ladangnya yang subur. Keramahan masyarakat Batak pun akan membuat kamu betah berlama-lama di sana. 

Baca juga  Telaga Sarangan Mirip Danau Geneva di Swiss
Kota Parapat
Kota Parapat

Disekitar Danau Toba juga terdapat Kota Parapat, merupakan semenanjung yang menonjol ke danau. Dari Kota inilah Pemandangan spektakuler Danau Toba dapat dilihat dengan leluasa. Kota parapat dihuni oleh masyarakat Batak Toba dan Batak Simalungun yang memiliki karakter ceria dan mudah bergaul. Masyarakat ini juga terkenal dengan lagu-lagu bertema cinta yang penuh perasaan.

Yuk segera berkunjung ke Danau Toba. Dan nikmati perjalanan yang tidak akan kamu lupakan.

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Afnii_