Dapat Tunjangan Hari Raya, Dipakai Buat Apa Saja?


Dapat Tunjangan Hari Raya, Dipakai Buat Apa Saja? 1

Di bulan Ramadhan, umat Muslim di seluruh dunia melaksanakan shaum atau puasa yang wajib dilakukan beserta memperbanyak amal ibadah lainnya. Bulan Ramadhan sendiri berakhir dengan ditandai masuknya bulan yang baru. Sebuah hari yang penuh dengan gembira dan perasaan yang fitrah. Lebaran atau Idul Fitri menjadi ajang menjalin silaturahmi antar sesama. 

Tentu saja dalam segi spiritualnya yang menjadikan Idul Fitri penuh makna dan kesan, tapi hal lain pun menjadikan Idul Fitri penuh dengan kejutan dan kegembiraan. Ada Ketupat, Opor Ayam, Kue Nastar, Kue Keju, Parcel, dan tidak lupa THR (Tunjangan Hari Raya) yang kita tunggu-tunggu.

Ngomong-ngomong tentang THR, pernahkah kalian mendapat uang dengan nominal yang begitu banyak? Atau pernahkah kalian mendapatkan THR yang tidak sesuai dengan apa yang diharapkan? Ya bagaimana pun juga, kita harus tetap bersyukur dengan apa yang kita dapat.

Mungkin sewaktu kita kecil, kita begitu egois menghabiskan uang THR yang dibelikan mainan atau barang-barang yang kita inginkan. Yah wajar saja, tapi alangkah baiknya kita yang sudah mulai beranjak dewasa untuk tidak berbuat berlebihan atau mulai memikirkan apa yang kita lakukan terhadap uang itu. 

Berikut ini adalah hal yang bisa kalian perhatikan ketika mendapat uang Tunjangan Hari Raya dalam jumlah yang besar atau pun kecil.

1. Jangan Terburu-buru, Lihat Kebutuhan Bukan Keinginan

Dapat Tunjangan Hari Raya, Dipakai Buat Apa Saja? 3

Dapet THR tangan langsung gatal pengen belanja. Tahan dulu dong, sabar, jangan langsung asal beli ya. Lihat dulu kebutuhan yang paling kamu butuhkan, prioritaskan untuk membelikan uang kepada itu. Buat recana membeli hal-hal yang kamu butuhkan.

Memang keinginanan kita pasti banyak, tapi itu bisa di beli lain waktu. Jangan serakah dan terlalu berlebihan. Mari berfikir dan belajar cara mengelola uang yang baik dan benar.

2. Lebih Baik Sisihkan Sebagian Untuk Ditabungkan

Dapat Tunjangan Hari Raya, Dipakai Buat Apa Saja? 4

Ketika mendapat THR, banyak sekali keinginanan kita untuk beli ini-itu. Tau-tau uang sudah habis saja, gak kerasa ngabisinnya. Nah, lebih baik uang yang kamu dapat jangan dipakai semua. Sisihkan sedikit untuk kamu tabung. Nabung itu gak harus di bank, kamu bisa nabung di dompet, dicelengan atau bisa nabung di aplikasi uang elektronik.

Jadi, jika kamu perlu uang untuk keperluan mendadak, kamu bisa mengambil uang hasil tabungan mu. Atau jika kamu punya barang yang ingin dibeli tapi uang gak cukup, nabung aja dulu. Atau kamu bisa bikin target apa yang kamu beli dari uang hasil tabungan itu.

3. Uang Ingin Bertambah, Investasikan Saja

Dapat Tunjangan Hari Raya, Dipakai Buat Apa Saja? 5

Uang hasil THR gak terlalu besar tapi cukup untuk jadi modal usaha kecil-kecilan. Modal usaha dari THR, menarik juga ya. Kita bisa mendapatkan uang jadi lebih banyak.

Kita bisa jualan sesuatu atau berniaga dengan modal dari THR. Kalaupun uang THR dapatnya besar, kamu bisa beli emas atau beli saham. Zaman sekarang banyak cara untuk kita dapat uang lewat internet atau dari media apa saja.

4. Bersyukur Dengan Apa Yang Didapatkan

Dapat Tunjangan Hari Raya, Dipakai Buat Apa Saja? 6

Jangan berkecil hati jika nominal THR gak besar-besar amat. Lebih baik dapat daripada tidak dapat. Bersyukur aja kamu masih dapat THR, lain halnya mungkin ketika kamu udah dianggap tidak memerlukan THR dan malah dirasa untuk memberi THR kepada anak-anak di bawah mu. Jika kamu bersyukur, niscaya kamu dapat rezeki yang lebih banyak.

5. Jadikan Sebuah Motivasi

Dapat Tunjangan Hari Raya, Dipakai Buat Apa Saja? 7

Dengan adanya THR, jadikanlah itu sebuah motivasi lebih agar kita dapat menjalankan ibadah di bulan ramadhan menjadi lebih baik kedepannya. Bukan kita beribadah hanya untuk mendapat uang di hari raya, tapi dengan mendapatkan uang di hari raya, kita bisa termotivasi untuk beribadah lebih baik lagi dan hanya karena Allah sahaja.

Itu adalah hal-hal yang bisa kalian perhatikan ketika mendapat THR di hari raya Idul Fitri. Keputusan ada ditangan kalian, jangan sampai salah mengambil keputusan. Uang bukan segalanya, tapi kita hidup itu butuh uang. Pergunakanlah sebaiknya. Semoga bisa bermanfaat, mohon maaf lahir dan batin. 


Digstraksi adalah platform menulis independen, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

waperkejoe

   

Seorang pelajar yang hobi menulis dan membaca.

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Copy link
Powered by Social Snap