Darah Tinggi Bisa Keracunan Kalau Makan Jeruk!

Darah Tinggi Bisa Keracunan Kalau Makan Jeruk!

Penyakit atau sudah terbukti menjadi pembunuh berdarah dingin, beraksi tanpa peringatan, penderita bisa langsung sakit bahkan beresiko meninggal. Sangat mengerikan, dan memunculkan fobia yang berlebihan di kalangan masyarakat. Banyak makanan yang diisukan menjadi penyebab munculnya . Bila sudah divonis mengidap maka harus menanggung risiko meminum obat setiap hari sampai seumur hidup.  

Jantung adalah organ yang ototnya selalu bergerak, jantung perlu energi, oksigen dan makanan yang dibawa bersama darah. Saluran-saluran menuju jantung harus lancar bebas hambatan. Akan menjadi masalah jika saluran itu tersumbat, biasanya karena ada endapan zat yang lengket di dinding pembuluh darah atau biasa disebut plak, yang membuat ruang pipa di dalam pembuluh darah menyempit bahkan tertutup sama sekali jika sudah parah. 

Plak terbentuk karena adanya kolesterol dalam lemak berlebihan, kolesterol itu menempel di dinding pembuluh darah dan memanggil kalsium untuk membuatnya mengeras supaya lebih kuat menempel. Kalau tidak ada kalsium maka lemak tadi akan luntur lalu malah menyumbat pembuluh darah lebih kecil, kondisi ini juga berbahaya, makanya obat biasanya lebih dari satu macam untuk mencegah munculnya keluhan lain. Ketika dilakukan pemeriksaan laboratorium CT Scan yang di dalamnya termasuk pemeriksaan kadar kalsium darah, maka akan terlihat jika angka kandungan kalsiumnya di atas 400 maka sudah dipastikan ada penyumbatan. 

Pengobatan yang dilakukan salah satunya dengan menggunakan obat jenis antagonis kalsium, obat ini mencegah masuknya kalsium dalam sel jantung dan dinding pembuluh darah, efek lainnya pembuluh darah menjadi lebih rileks, darah mengalir lebih lancar sehingga pasien perlahan kembali normal. 

Masalah muncul ketika pasien hanya memiliki sedikit informasi tentang pola makan yang benar setelah dinyatakan menderita dan harus meminum obat jenis antagonis kalsium.  

Sebuah kasus seorang pasien, melakukan pemeriksaan sendiri, mendapati bahwa tekanan darahnya naik sampai 150mmhg, disertai gejala pusing berkunang-kunang dan lemas. Ia segera meminum obat antagonis kalsium yang biasa diresepkan dokter langganan. Tapi sampai malam belum turun, bahkan setelah minum lagi 1 tablet obat yang sama, malah detak jantungnya terasa makin cepat.  

Setelah berkonsultasi dan ditelusuri pola makan hariannya, pasien ini suka sekali makan . Tidak ada yang salah dengan makan . sangat baik untuk tubuh karena banyak mengandung vitamin, mineral dan serat baik.  

Yang jadi masalah kandungan bekerja berlawanan dengan obat antagonis kalsium. memiliki banyak bahan aktif yang baik untuk tubuh, contohnya vitamin C dan bioflavonoid (zat warna kuning atau merah pada ). Zat aktif mampu meningkatkan kerja obat sampai puluhan kali lipat dari kerja normalnya.  

Hal ini sangat berbahaya ketika zat aktif bertemu zat aktif antagonis kalsium. Obat yang sejatinya berkhasiat menormalkan kembali tensi darah ketika bertemu zat aktif dalam menjadi bekerja tak terkendali. Tensi darah pasien menjadi sangat rendah, jantung berdetak tak teratur, makin lemah dan bisa pingsan, bila keadaan dilanjutkan maka pasien akan keracunan, bahkan kematian mendadak. Menurut Dr. David Bailey (Tim Peneliti Lawson Health Research Institute of Canada) “Satu tablet obat diminum dengan segelas air sama seperti 5 sampai 10 tablet obat diminum dengan segelas air putih. 

Darah Tinggi Bisa Keracunan Kalau Makan Jeruk!

Yang terbaik adalah minum obat apapun dengan satu gelas air putih. Bila ada keinginan makan atau minum yang lain sebaiknya beri jeda sekitar 4 jam dari waktu minum obat. Langkah tersebut sangat membantu pasien terhindar dari efek samping yang berbahaya dan memberi kesempatan obat untuk bekerja maksimal menyembuhkan tubuh kita.  

(Penulis dulu bekerja sebagai Asisten Apoteker, namun sekarang lebih ingin berbagi sedikit tentang kesehatan lewat tulisan, semoga bermanfaat dan semangat sehat selalu)

Baca Juga

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Nana Hadinata

   

Setiap detik kehidupan untuk menghidupi hidup.